Marvel Comics baru-baru ini merilis gambar teaser ‘The Death of Doctor Strange’, sebuah langkah yang mengejutkan, mengingat karakter tersebut akan kembali ke layar lebar dengan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness pada tahun depan. Melihat teaser tersebut, para penggemar bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi kepada Sorcerer Supreme dan jika Doctor Strange mati, siapa yang akan menggantikannya untuk melindungi kenyataan dari sihir yang mengancam.

Menjadi Sorcerer Supreme berarti menjadi garis pertahanan paling depan dalam melawan semua sihir yang mengancam Bumi. Itulah sebabnya mengapa Doctor Strange adalah salah satu pahlawan terkelam Marvel, karena dia tidak memiliki harapan hidup yang panjang. Doctor Strange sepertinya merasakan sesuatu yang gelap akan datang, itulah sebabnya dia mendirikan Strange Academy, di mana dia bekerja sama dengan ahli sihir lain di Bumi untuk melatih generasi berikutnya. Tetapi jika Sorcerer Supreme mati, siapa yang akan menggantikannya? Berikut tiga karakter yang berpotensi melanjutkan tugas Strange.

Magik

Magik adalah adik perempuan Colossus, yang bernama asli Illyana Rasputin. Ilyana diculik oleh iblis Belasco ketika dia masih kecil. Meskipun X-Men bergegas menyelamatkannya, tetapi waktu yang berlalu di Limbo berbeda dengan di dunia nyata. Ilyana pun telah tumbuh menjadi remaja dan sudah menguasai ilmu hitam. Magik sebenarnya sudah menjadi Sorcerer Supreme di dimensi Limbo. Dia pernah belajar untuk menguasai sihir Limbo kepada Doctor Strange. Sejak saat itu mereka berdua telah menjadi teman dan sekutu, Strange bahkan merekrutnya sebagai salah satu stafnya di Strange Academy.

Memang tidak mudah jika Magik menjadi Sorcerer Supreme, karena gelar tersebut berpindah dari Strange yang seorang manusia kepada dirinya yang seorang mutan. Tetapi hal tersebut yang justru membuat Magik akan sangat menarik jika menjadi pengganti Doctor Strange. Kisahnya akan mengantar Magik menjadi pahlawan yang lebih dari sekadar X-Men, karena dia adalah seorang Sorcerer Supreme yang setiap keputusannya adalah demi kebaikan seluruh dimensi.

Kushala

Pilihan lainnya adalah Kushala, sang Penunggang Iblis. Dia adalah seorang prajurit Apache yang hidup di tahun 1800-an, dan dia dirasuki oleh Spirit of Vengeance setelah sukunya dibantai oleh tentara AS. Selama hidupnya, Kushala mengumpulkan banyak pengetahuan sihir untuk mendapatkan posisi sebagai Sorceress Supreme pada masanya. Marvel membawa Kushala ke masa sekarang, dan dia akan muncul di kisah “Era of Vengeance” yang rilis pada bulan Agustus nanti. Hal tersebut akan menjadi waktu yang tepat bagi Kushala untuk merebut kembali jubah Sorceress Supreme dan menjadi pelindung realitas.

Scarlet Witch

Kemungkinan lainnya adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch. Wanda dilahirkan dalam garis keturunan magis dan dikutuk oleh Dewa Elder Chthon yang memberinya kekuatan Sihir Kekacauan. Potensi sejati Wanda adalah manipulasi realitas, dia mampu menulis ulang semua ciptaan sesuka hati. Seperti di kisah House of M pada tahun 2005, ketika Wanda melemahkan sebagian besar mutan hanya dengan mengatakan, “Tidak ada lagi mutan.” Baru-baru ini, bahkan Wanda bisa mengendalikan ‘energi Bumi dan kaum wanita’, kekuatan yang ditakuti oleh para pria selama beberapa generasi.

Scarlet Witch akan menjadi Sorcerer Supreme yang sangat berbeda dengan Doctor Strange, karena dia bisa memanfaatkan kekuatan sihir yang tidak bisa Strange akses, yaitu energi Bumi dan kaum wanita, Sihir Kekacauan, dan berkah Vishanti. Dia mungkin saja karakter yang dibutuhkan Marvel Universe untuk menghadapi ancaman gelap yang dirasakan Strange sebelumnya. Doctor Strange mungkin ditakdirkan untuk mati, tetapi dia tidak akan kekurangan calon penerus, khususnya Scarlet Witch, karena kisahnya bisa bersinergi dengan masa depan MCU nanti.