Meskipun usianya sudah tidak lagi muda, Silvers Rayleigh tetap menjadi salah satu karakter yang paling kuat dalam cerita One Piece. Rayleigh bukanlah nama sembarangan. Dia adalah sosok legendaris yang pernah menjadi wakil kapten dari Gol D. Roger. Namun, saat ini dia sudah pensiun menjadi bajak laut dan memutuskan untuk hidup dengan tenang di Sabaody.

Seperti yang diungkapkan oleh Garp, kekuatan Rayleigh kemungkinan masih sama seperti dahulu meskipun usianya sudah tua. Namun, sampai saat ini kita tidak tahu sampai sejauh mana level kekuatan seorang Silvers Rayleigh. Rayleigh adalah salah satu sosok yang menarik, sehingga wajar para fans banyak yang mengaguminya. Berikut adalah berbagai fakta menarik tentang Rayleigh yang diketahui sejauh ini.

Memiliki Kekuatan Yang Luar Biasa

Menjadi anggota dari kelompok raja bajak laut, apalagi dia adalah wakil kapten, maka tidak heran jika Rayleigh adalah sosok yang sangat kuat. Setelah Roger, Rayleigh adalah kru terkuat kedua di kelompok tersebut, karena itulah dia kemudian menjadi wakil dari Roger. Menurut penuturan dari Garp dalam arc Sabady, dia adalah sosok legendaris yang bahkan Kizaru pun tidak akan mudah menangkapnya, tanpa ada bantuan dari kekuatan besar angkatan laut. Butuh persiapan panjang dan rumit untuk menangkap atau mengalahkan Rayleigh, sama seperti rencana untuk mengalahkan Whitebeard.

Kemunculan Pertamanya

Kemunculan pertama dari sosok Silvers Rayleigh terjadi di arc pulau Sabaody. Saat itu Rayleigh ditahan di pelelangan manusia, karena tidak mampu membayar hutang judinya. Hal ini diperlihatkan di chapter 500, yang berjudul “The Embers of History.” Namun, sebenarnya, sosok Rayleigh sudah pernah muncul jauh sebelum itu tepatnya di chapter 19, dalam flashback Buggy di arc Orange Town. Saat itu, Rayleigh hanya muncul dalam satu panel kecil saja. Rayleigh nampak masih muda dan dia sedang menghentikan perkelahian antara Shanks dan Buggy tentang harta karun.

Bukan Lagi Bajak Laut

Setelah mereka berhasil menuju Laugh Tale – dan bisa dibilang “kurang beruntung” karena mereka terlalu cepat tiba di Laugh Tale – semua kru dari bajak laut Roger berpisah dan dibubarkan. Masing-masing mereka bebas memilih jalannya. Ada yang kembali menjadi bajak laut, seperti Shanks dan Buggy, tapi ada juga yang memilih jalan lain tentunya.

Jika Roger memutuskan untuk ditangkap oleh angkatan laut, Rayleigh memilih untuk hidup dengan tenang di Sabaody. Dia bekerja sebagai tukang cat kapal. Dia akan melapisi kapal-kapal yang akan pergi ke pulau duyung, dengan sebuah gelembung khusus agar mereka bisa selamat sampai ke pulau tersebut. Hal ini juga dilakukan oleh Rayleigh kepada Sunny, sebelum kru Topi Jerami menjalani time-skip.

Memiliki Dua Nama Julukan

Silvers Rayleigh adalah salah satu dari sedikit bajak laut dahsyat dan legendaris di dunia One Piece yang memiliki dua nama julukan. Pertama adalah “Tangan Kanan Sang Raja Bajak Laut,” yang diambil dari peran atau posisinya di kru Roger sebagai wakil dari sang kapten. Julukan yang kedua dan paling epik adalah “Sang Raja Kegelapan.” Julukan ini lebih sering melekat pada diri Rayleigh dibandingkan yang sebelumnya. Masih belum diketahui sampai sekarang mengapa Rayleigh mendapatkan julukan tersebut. Apakah karena kekuatannya? Perilakunya?

Sosok Bajak Laut Legendaris Tertua

Dari sekian banyak bajak laut legendaris yang ada di cerita One Piece, Silvers Rayleigh adalah yang paling tua diantara mereka. Sosok seperti Whitebeard, Roger dan Rayleigh sendiri usianya tidak jauh berbeda. Rayleigh sendiri diketahui saat ini berusia 78 tahun, dan Roger sendiri jika masih hidup maka usianya adalah 77 tahun. Whitebeard sendiri tewas di usia yang ke 72 tahun saat peristiwa di Marineford, menjadikannya bajak laut “termuda” diantara ketiga legendaris ini. Shiki, salah satu bajak laut legendaris lainnya, masih hidup sampai saat ini namun tidak diketahui berapa usianya.

Nilai Buruannya Masih Aktif

Seperti yang disebutkan di atas, Rayleigh dulunya adalah wakil kapten raja bajak laut, namun setelah krunya dibubarkan Rayleigh memutuskan untuk pensiun. Sering kali nilai buruan yang diberikan kepada seorang bajak laut akan kemudian dihapuskan atau tidak lagi berlaku saat mereka memutuskan berhenti menjadi bajak laut. Setelah itu mereka memutuskan untuk bersembunyi di sebuah wilayah.

Questions & Mysteries - Why Kaido didn't put Prime Rayleigh in his list? | WorstgenNamun, untuk Rayleigh hal tersebut tidak terjadi. Meskipun sudah puluhan tahun dia tidak lagi aktif sebagai bajak laut, nilai buruan dari Rayleigh masih aktif yang artinya nyawa Rayleigh selalu dalam incaran semua orang. Menurut Kizaru, “dosa” dari para kru bajak laut Roger akan terus ada dan tidak akan mungkin dihapuskan.

Salah Satu Dari Dua Pria Dalam Hidup Boa Hancock

Silvers Rayleigh memang adalah sosok yang spesial, terutama bagi sang putri bajak laut Boa Hancock. Setelah berhasil diselamatkan oleh Fisher Tiger, Hancock dan kedua saudarinya kemudian diselamatkan oleh Rayleigh dan Gloriosa, yang dulu tinggal di wilayah Sabaody. Keduanya kemudian merawat mereka dan mengurus mereka, dan kemudian setelah cukup dewasa mereka kemudian dikirim ke Amazon Lilly. Hancock sangat menghormati Rayleigh, bahkan dia mengizinkan Rayleigh untuk tinggal di Amazon Lilly, pulau teralarang bagi laki-laki. Dia menjadi laki-laki lainnya setelah Luffy yang mendapatkan kelebihan tersebut.

Ahli Berpedang

Siapa yang sangka jika Rayleigh adalah seorang ahli pedang. Rayleigh bahkan dispekulasikan adalah sosok yang mengajari Shanks dan Mihawk dalam berpedang. Hal ini dibuktikan dalam pertarungannya melawan Kizaru, dimana meskipun usianya sudah tua namun dia masih mampu menghadapi sosok sekelas Kizaru dengan sangat mudah.

Bahkan, Kizaru berhasil dilukai oleh pedang Rayleigh. Dalam cerita flashback Buggy dan Oden, diperlihatkan bahwa Rayleigh memang adalah sosok yang ahli dalam menggunakan pedang di mana dia bertarung melawan musuh dengan menggunakan pedangnya. Dalam flashback Kozuki Oden, dia bahkan sempat bertarung melawan kru dari Whitebeard dan seimbang.