Sutradara Peter Jackson berhasil membawa trilogi The Lord of the Rings ke box office dan menuai kesuksesan pada awal tahun 2000-an, bahkan film terakhirnya, The Return of the King, memegang rekor piala Oscar terbanyak dalam satu malam. Jackson kemudian melanjutkan waralaba Middle-earth dengan trilogi prekuel berjudul The Hobbit pada tahun 2012 sampai 2014, dan mendapat tanggapan yang lebih beragam karena CGI-nya.

Sejak film terakhir The Hobbit pada tahun 2014, belum terdengar lagi kabar baru dari waralaba Middle-earth. Namun baru-baru ini, selain serial The Lord of the Rings yang akan tayang di Amazon, ada proyek Middle-earth lain yang sedang dikembangkan berjudul The War of the Rohirrim, sebuah prekuel animasi yang berlatar 250 tahun sebelum trilogi The Lord of the Rings. Film animasi ini akan disutradarai oleh Kenji Kamiyama dan ditulis oleh Jeffrey Addiss dan Will Matthews. Presiden dan Chief Creative Officer New Line Cinema mengatakan bahwa proyek ini adalah mimpi bersama yang menjadi kenyataan.

“Kami semua di New Line merasakan kedekatan yang mendalam dengan dunia yang diciptakan J.R.R. Tolkien, sehingga kesempatan untuk kembali ke Middle-earth dengan tim di Warner Bros Animation adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Brener. “Dengan banyak visioner kreatif yang pernah terlibat waralaba Middle-earth dan Kenji Kamiyama yang memimpin proyek ini, kami sangat bersemangat untuk memberikan kisah baru yang akan mengundang penonton global untuk menyelami Middle-earth yang kaya dan kompleks dengan cara yang mendebarkan.”

Presiden Warner Bros. Animation, Sam Register menambahkan, “Ini akan menjadi penggambaran epik Middle-earth yang belum pernah diceritakan sebelumnya. Kami merasa terhormat untuk bekerja sama dengan banyak talenta luar biasa di balik kedua trilogi film, bersama dengan orang-orang kreatif baru untuk menceritakan kisah ini. Jadi mari kita mulai.”

The War of the Rohirrim akan mengeksplorasi dan memperluas kisah Helm’s Deep, benteng ikonik yang terlihat di The Two Towers. Prekuel anime ini menceritakan kehidupan dan ‘masa berlumuran darah’ dari pahlawan legendaris Middle-earth bernama Helm Hammerhand sang Raja Rohan. Sekarang proyek ini masih dalam tahap pengembangan awal, tetapi New Line berencana untuk mempercepatnya.

Perkembangan kisah Middle-earth oleh Tolkien telah melampaui buku-buku Lord of the Rings, jadi tidak aneh jika dunia spektakuler ini mendapatkan prekuelnya. Dengan serial yang akan tayang di Amazon dan The War of the Rohirrim, era sebelum Frodo dan kawan-kawannya telah mendapatkan cukup banyak perhatian. Dan karena The War of the Rohirrim akan dipercepat, sepertinya kita akan mendapatkan lebih banyak kabar baru dalam waktu dekat ini.