Memilih jalan sebagai seorang penjahat bukanlah keputusan yang tepat. Tetapi jika seseorang berhasil melakukannya, dia dapat dihormati oleh para penjahat lain bahkan oleh para pahlawan, seperti Doctor Doom, Kingpin, Magneto, Thanos, dan masih banyak lagi penjahat yang ditakuti di Marvel Universe.

Tetapi tidak semua penjahat berhasil melakukan rencana jahatnya. Beberapa penjahat justru tampak konyol dan tidak meyakinkan, bahkan kostumnya pun cenderung lebih lucu daripada menyeramkan dan mengintimidasi. Berikut 10 penjahat konyol yang sudah kami rangkum.

Big Wheel

Di komik Amazing Spider-Man #182-183, ada contoh penjahat yang tidak terlalu menakutkan. Jackson Weele alias Big Wheel adalah seorang pengusaha korup. Dia menyewa Rocket Racer yang mengendarai skateboard bertenaga jet, untuk mencuri dokumen. Kemudian dokumen tersebut dipakai untuk meminta Tinkerer membuatkan senjata ampuh yang bisa menandingi Rocket Racer, sebuah roda lapis baja raksasa. Setelah kekalahan pertamanya, Big Wheel menganti nama menjadi Round Ravager of the Ring, Circular Crushing King, dan Dynamic Donut of Destruction, tetapi tetap saja kalah.

Eye-Scream

Eye-Scream adalah seorang mutan yang merasa bahwa mutasinya sangat konyol. Kemampuan mutannya adalah mengubah dirinya menjadi rasa es krim apa saja, termasuk favoritnya sendiri, rasa banana-split. Penampilan pertama dan terakhir Eye-Scream adalah di komik Obnoxio the Clown #1. Saat itu, dia mencoba menyusup ke sekolah Xavier pada hari yang sama ketika Profesor X mengadakan pesta ulang tahun untuk Kitty Pryde. Mutan es krim menyusup ke sebuah pesta bukanlah ide yang bagus.

Hydra Bob

Hydra adalah organisasi teroris internasional yang telah membuat Avenger kewalahan. Namun, ternyata tidak semua anggotanya mengerikan, misalnya Bob Dobalina alias Hydra. Dia hanya seorang pemuda pengecut yang bergabung dengan organisasi kriminal setelah istrinya lelah melihatnya terus-terusan menganggur. Setelah bergabung dengan Hydra, Bob membuat blog www.bobsblog.HYDRA.org/ yang menceritakan pengalamannya sebagai karyawan Hydra, hingga akhirnya Hydra menutup blognya. Bob juga pernah menjadi sidekick Deadpool ketika membantunya kabur dari markas Hydra di Pakistan. Good Bob!

Hypno-Hustler

Hypno-Hustler adalah penjahat yang hanya muncul pada era disko 70-an. Dibuat oleh Bill Mantlo dan Frank Springer, Hypno-Hustler muncul pertama kali di komik Peter Parker, The Spectacular Spider-Man #24. Dia mempunyai nama asli Antoine Delsoin, dan dia adalah penyanyi utama band ‘Mercy Killers’. Dengan kostumnya yang lucu dan profesinya sebagai penghibur, Hypno-Hustler sebaiknya menekuni profesinya sebagai penyanyi saja.

Paste-Pot Pete

Peter Petruski adalah seorang ilmuwan di kota New York. Temuannya adalah perekat multi-polimer yang membuatnya sangat sukses dan terkenal di bidangnya. Petruski memulai debutnya sebagai penjahat bernama ‘Paste-Pot Pete’ dan berselisih dengan Fantastic Four, khususnya Human Torch. Namun, ketika dia bertemu dengan Spider-Man, Spidey justri malah menertawakan dan mengejek nama Paste-Pot Pete. Sejak saat itu Petruski mengadopsi nama baru yaitu The Trapster. Namun, terlepas dari perubahan namanya, dia masih mempunyai trauma dengan masa lalunya ketika bertemu Spidey.

Ruby Thursday

Ruby yang kepalanya entah bagaimana diganti dengan bola plastik merah, dapat mengeluarkan hingga delapan tentakel yang dapat memanjang dan membuat senjata di ujung tentakel tersebut. Keajaiban tidak pernah berhenti di situ, dia juga bisa membentuk kepalanya menjadi bentuk lain dan memancarkan proyektil dalam jumlah terbatas atau jaring lengket yang besar, membuatnya lebih seperti sirkus pertunjukan orang aneh daripada penjahat menakutkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2