Buah iblis merupakan buah misterius yang hanya bisa ditemukan di cerita One Piece. Buah iblis sendiri merupakan salah satu ciri khas dari  seri karya Eiichiro Oda ini. Namun, meskipun namanya agak mengerikan, fungsi buah iblis ini sebenarnya memberi “berkah” pada seseorang yang memakan buah tersebut. Mereka akan mendapatkan sebuah kekuatan unik dari buah tersebut/

Secara garis besar, Ada tiga jenis Devil Fruit yaitu Paramecia, Zoan, dan Logia. Namun, seiring berjalannya waktu Oda kemudian memperkenalkan sub-jenis lainnya dari buah iblis. Meskipun sudah lebih dari dua dekade berjalan, sayangnya Oda masih belum memberikan penjelasan jelas mengenai buah iblis. Kita tidak tahu dari mana asalnya, bagaimana kemudian bisa muncul, dan bagaimana penyebarannya.

Apakah Oda Sensei akan menjelaskan semuanya sebelum cerita One Piece berakhir? Masih harus kita tunggu. Namun, sepertinya Oda perlahan memberikan banyak petunjuk mengenai buah iblis yang muncul di ceritanya. Hal ini bisa kita lihat di kolom SBS Volume 99 kemarin, di mana Oda banyak menjawab pertanyaan para fans seputar buah iblis yang dimiliki beberapa karakter.

https://thelibraryofohara.com/

Contoh pertama, setelah menjadi misteri sejak pertama kali diperlihatkan di arc Sabaody, para fans akhirnya mengetahui apa nama buah iblis yang dimiliki oleh Eustass Kidd. Dalam pertanyaanya, seorang fan bertanya apa nama buah iblis Kidd, setelah di manga volume 98 kemarin Oda membeberkan nama buah iblis Kaido – yang ternyata adalah Uo Uo no Mi.

Oda kemudian menjawab bahwa buah iblis Kidd adalah Jiki Jiki no Mi atau Magnet Magnet Fruit. Buah iblis ini bisa dengan mudah memanipulasi berbagai benda berbahan dasar besi. Oda sendiri berjanji akan menjelaskan lebih detail mengenai buah iblis ini. Kemudian contoh kedua, seorang fan bertanya tentang buah iblis buatan milik Hamlet dan buah iblis Zoan milik Kaku – yang sama-sama memiliki bentuk jerapah.

Oda kemudian menjelaskan bahwa seperti yang kita ketahui, bahwa SMILEs merupakan buah iblis buatan dari Caesar Clown. Buah iblis SAD di Punk Hazard dibuat dengan mencampurkan lineage factors atau DNA dari berbagai jenis binatang. Dan buah iblis SMILEs menyerap sari-sari dari SAD, yang kemudian menghasilkan buah iblis yang memiliki pola aneh.

ImageKarena buah iblis SMILEs dan SAD adalah buah iblis buatan, artinya mereka tidak sempurna. Berbeda dengan buah iblis Zoan asli yang dikonsumsi oleh Kaku, yang mana membuat tubuhnya bisa bertransformasi sempurna ke bentuk binatangnya. Buah iblis SMILEs sendiri sebenarnya bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Sayangnya, menurut Oda, hanya 1 dari 10 buah yang bisa memberikan efek sempurna.

Itulah batasan dari kecerdasan Caesar Clown. Sementara, Oda sendiri masih ragu apakah Vegapunk memang memiliki kecerdasan yang jauh melebihi Caesar Clown. Kemudian contoh ketiga dan terakhir, Oda menjawab pertanyaan seorang tentang mengapa buah iblis Black Maria – Kumo Kumo no Mi atau Spider Spider Fruit – tidak masuk dalam Mushi Mushi no Mi atau Bug Bug Fruit.

Oda Sensei kemudian menjelaskan bahwa laba-laba bukanlah serangga. Laba-laba memiliki jenisnya sendiri, sehingga Oda kemudian menciptakan kategorinya sendiri untuk Kumo Kumo no Mi. Sejauh ini, baru Black Maria saja yang diperlihatkan memiliki kekuatan laba-laba. Masih belum diketahui apakah ada anak buah Kaido lainnya yang juga memiliki kemampuan buah iblis ini.

Meskipun Oda tidak menjelaskan tentang asal-usul buah iblis atau hal lainnya, setidaknya berbagai pertanyaan ini semakin memperjelas mengenai buah iblis yang muncul dalam cerita One Piece. Dengan Oda yang sudah berjanji akan menjelaskan tentang buah iblis Jiki Jiki no Mi milik Kidd, artinya Oda juga tentu sadar bahwa dia harus menjelaskan lebih rinci mengenai buah iblis secara keseluruhan.