Kemunculan Yamato menjadi sebuah hal yang sangat fenomenal di kalangan para fans One Piece. Bagaimana tidak, Yamato sempat menjadi perbincangan para fans selama dua minggu berturut-turut. Hal ini dikarenakan apa yang selama ini diduga para fans ternyata salah. Semua fans mengira bahwa Yamato memang benar merupakan laki-laki, tapi ternyata dia adalah seorang perempuan.

Bagaimana Kaido menganggap Yamato sebagai anak laki-laki, kebencian Yamato terhadap Kaido, dan juga bagaimana Yamato begitu terobsesi dengan Kozuki Oden membuat karakternya memang sangat menarik untuk diikuti. Begitu juga dengan “kepribadiannya.” Biasanya, para fans ingin tahu lebih lanjut mengenai satu karakter yang memang sedang populer atau sangat menarik seperti Yamato.

Hal ini kemudian dijelaskan di kolom SBS Volume 99 kemarin. Dalam kolom SBS tersebut seorang fan meminta kepada Oda Sensei untuk menjelaskan lebih detail mengenai sosok Yamato. Dan inilah informasi lainnya mengenai sosok Yamato seperti yang sudah diterjemahkan oleh situs Libraryofohara.com. Pertama, usia Yamato saat ini adalah 28 tahun.

Menurut Oda Sensei, usia Yamato saat ini adalah 28 tahun. Dan yang menarik adalah Yamato ternyata lahir di tahun yang sama dengan Momonosuke. Berdasarkan hal ini, usia Momonosuke dan Yamato sama. Dan ketika Yamato menyaksikan eksekusi Kozuki Oden, usianya adalah 8 tahun. Apakah Oda Sensei memang sengaja melakukan hal ini untuk memperkuat koneksi Yamato dan Momonosuke?

Momonosuke dan Yamato memang memiliki koneksi, meskipun tidak secara langsung. Yamato, setelah melihat eksekusi Oden dan membaca jurnalnya, ingin menjadi seperti Oden. Dia bahkan mengaku-ngaku sebagai Oden. Di sisi lain, Momonosuke memakan buah iblis buatan Dr. Vegapunk yang membuatnya bisa berubah menjadi naga. Hal ini mirip dengan sosok Kaido, ayah dari Yamato.

Apakah kemudian dalam buah iblis tersebut ada DNA Kaido, masih belum diketahui. Informasi kedua adalah tinggi badan Yamato adalah 2,83 meter, atau kurang lebih dua kali tinggi dari Luffy. Seperti yang diperlihatkan di manganya, Yamato nampak sangat besar dan tinggi dibandingkan para Flying Six, sebelum mereka bertransformasi ke mode Zoan.

One Piece chapter 983: Release Date, Spoilers, Plot and Yamato -Kemudian kita juga melihat bagaimana Luffy nampak sangat kecil atau lebih pendek jika berada di samping Yamato. Para fans sendiri sempat memunculkan teori berapa tinggi Yamato, sehingga dia bisa menyembunyikan Momonosuke di balik tubuhnya. Jika tinggi Yamato adalah 2,83 meter, artinya tinggi badan Kaido kemungkinan lebih dari dua kali tinggi badan Yamato.

Fakta terakhir adalah makanan kesukan Yamato adalah Oden dan ikan salmon. Mungkin hal ini ada kaitannya dengan kekagumannya terhadap sosok Kozuki Oden, sehingga dia pun sangat senang dengan Oden. Dan yang menarik adalah Oden dan ikan salmon seolah menghubungkan dua sosok penting dalam hidup Yamato yaitu Oden dan Kaido.

Hal ini bisa dilihat dalam salah satu pertanyaan lainnya di kolom SBS Vol. 99 ini Oda menjelaskan bahwa Kaido pun menyukai ikan. Dan buah iblis kaido sendiri adalah buah iblis ikan Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Yamato merupakan karakter yang memiliki potensi besar untuk bisa terus muncul dalam cerita pada masa yang akan datang.