Diantara sekian banyak klan di series Naruto, klan Uchiha bisa dibilang merupakan salah satu yang terkuat. Bukan tanpa sebab, keluarga Uchiha diberkahi oleh kemampuan untuk menggunakan salah satu jurus paling mengerikan, Sharingan. Sharingan sendiri dianggap sebagai salah satu jutsu visual yang kuat, selain Byakugan dan Rinnegan.

Bila seorang Uchiha mampu melakukannya, dia bisa meningkatkan Sharingan miliknya menjadi Mangekyou Sharingan. Seperti yang diperlihatkan di seriesnya, tidak mudah untuk bisa meningkatkan kemampuan Sharingan tersebut. Ada sebuah syarat yang sangat berat dan sukar untuk dilakukan. Meskipun Sharingan merupakan Doujutsu eksklusif klan Uchiha, namun ada beberapa karakter yang rasanya bisa juga mendapatkan Doujutsu ini.

Nara Shikamaru

Saat ini, Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya juga pernah menjabat menjadi penasihat buat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, tidak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru. Menurut Kakashi, Shikamaru bahkan bisa saja menjadi Hokage di kemudian hari tapi dia tidak memiliki kekuatan seperti Naruto atau Sasuke.

Seperti halnya klan Uchiha, sebenarnya klan Nara juga memiliki Kekkei Genkai yang menjadi ciri khas klan mereka yaitu Kage Kubi Shibari no Jutsu (Shadow Neck Bind Technique). Namun, jika Shikamaru memiliki Doujutsu Sharingan, tentu kekuatannya akan bertambah secara signifikan. Dan mungkin akan membuat Shikamaru semakin mengerikan dalam pertarungan.

Tenten

Konoha 11 merupakan shinobi-shinobi penerus terbaik yang ada di desa Konoha, yang kemudian terbagi dalam beberapa tim seperti Team Seven, Team Eight, Team Ten, dan Team Guy. Diantara mereka ada sosok Naruto, sakura, Neji, Rock Lee, dan Shikamaru. Namun, ada satu shinobi yang bisa dibilang gagal untuk bisa populer di kalangan fans, yaitu Tenten.

Meskipun Tenten diperkenalkan sebagai seorang karakter yang ahli dalam berbagai peralatan ninja dan persenjataannya, sayangnya Masasi Kishimoto seolah memperlihatkan Tenten sebagai karakter yang lemah. Dibandingkan Neji yang memiliki Byakugan dan Lee yang memiliki keahlian Taijutsu, Tenten bisa dibilang tidak memiliki kemampuan apapun. Bahkan, dia kalah dengan cepat oleh Temari dalam ujian Chunin. Karena itulah, Sharingan tentu bisa jadi pembeda dari kekuatan Tenten, di mana dia bisa menjadi jauh lebih kuat.

Asuma Sarutobi

Salah satu Jonin elit dari desa Konoha adalah Asuma Sarutobi. Dia harus menemui ajalnya dalam pertarungan melawan Hidan Dan Kakuzu di cerita Naruto Shippuden. Setelah sekian lama akhirnya Team 10 kembali bergerak, tidak ada yang menyangka bila Asuma harus menemui ajalnya. Seluruh fans Naruto pun dibuat kaget dengan kematian Asuma, ketika Hidan berhasil membunuhnya.

Asuma sebenarnya bukan sosok yang lemah. Dia adalah anak dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Asuma juga ahli dalam teknik pelepasan api, serta dia memiliki senjata andalannya, sebuah pisau yang dialiri chakra. Namun, jika dibandingkan Hidan, memang kekuatan Asuma sedikit di bawah. Dengan adanya Sharingan, mungkin kematian Asuma bisa terhindarkan. Dia juga mungkin bisa menang melawan Hidan.

Tsunade

Tsunade adalah Hokage kelima, yang mana artinya dia dalah sosok Shinobi terkuat di desa Konoha. Sayangnya, dari apa yang diperlihatkan dalam cerita justru sosok Tsunade terkesan lebih lemah dari yang para fans duga. Tsunade memang memiliki kekuatan dahsyat dalam hal jutsu medis, dibandingkan dengan para pendahulunya atau bahkan penerusnya.

Tapi, Tsunade tidak pernah memperlihatkan kekuatan dan kemampuan aslinya. Setelah dia ditunjuk sebagai Hokage, Tsunade lebih sering tinggal di Konoha, menyibukan diri dengan berbagai tugas administratif dan berbagai penugasan misi. Tsunade tidak pernah terlibat dalam pertarungan besar, sampai Madara Uchiha kembali dibangkitkan, yang mana dia kalah dalam pertarungan tersebut bersama para Kage dari desa lainnya. Dengan adanya Sharingan di mata Tsunade, mungkin situasinya akan berubah. Digabungkan dengan kekuatan yang dia miliki, Tsunade akan jauh lebih kuat.

Jiraiya

Jiraiya merupakan salah satu dari tiga Sannin legendaris desa Konoha, dan merupakan karakter yang populer. Menjadi salah satu legenda Sannin, kekuatan Jiraiya tentunya tidak main-main, bahkan dia disebut-sebagai sebagai shinobi terkuat pada masanya. Jiraiya juga disebut-sebut bisa dan memiliki kemampuan untuk menjadi Hokage Konoha.

Semua kekuatan yang dimiliki oleh Jiraiya dia dapatkan melalui latihan yang keras. Misalnya jutsu Rasengan, yang dia sempurnakan dari Minato selama beberapa waktu. Sage mode yang dia miliki dari gunung Myoboku juga menambah kekuatan yang dimiliki oleh Jiraiya sebagai seorang shinobi. Sayangnya, Jiraiya harus tewas di tangan Pain, pemimpin organisasi Akatsuki, secara mengenaskan. Seperti halnya Asuma, jika saja Jiraiya memiliki Sharingan mungkin kematiannya bisa terhindarkan. Dan Jiraiya juga bisa saja mengalahkan Pain dengan Doujutsu tersebut, di mana dia bisa menyerang dan mengalahkan tubuh aslinya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2