Slam Dunk merupakan sebuah anime bergenre olahraga yang sangat legendaris. Meski telah memulai debutnya pada tahun 1993 sebagai manga terbitan Weekly Shonen Jump, namun hingga sekarang waralaba ini masih diminati oleh para penggemar serial anime olahraga, terutama pecinta basket. Lantas mengapa waralaba ini masih diminati hingga sekarang?

Waralaba Slam Dunk merupakan sebuah manga karya Takehiko Inoue. Takehiko merupakan seorang mangaka yang cukup terkenal dengan karya sebelumnya yang bernama Vagabond. Selain manga, Slam Dunk juga telah mengeluarkan serial anime yang berjumlah sekitar 101 episode. Ada juga empat film anime dan beberapa game arcade dan konsol.

Dari awal perilisannya, Slam Dunk telah menuai banyak popularitas. Salah satunya adalah manganya yang telah terjual lebih dari 121 juta kopi pada tahun 2014. Untuk cetakan pertama dari volume 21-23 memegang rekor penjualan terbesar, yaitu masing-masing 2,5 juta kopi. Namun rekor ini dikalahkan One Piece dengan volume 24 pada tahun 2002.

Slam Dunk membahas mengenai Hanamichi Sakuragi (tokoh utama) yang merupakan seorang berandalan di sekolah. Saat dia  memasuki jenjang sekolah menengah, Sakuragi bertemu dengan seorang gadis yang sangat dia sukai bernama Haruko Akagi. Saat Haruko melihat penampilan dan struktur fisik Hanamichi yang tinggi dan ideal, dia memiliki ide untuk mengenalkan Hanamichi dengan klub basket sekolah.

Awalnya Hanamichi tidak menyukai basket, namun setelah mengetahui bahwa saat dia ada di klub itu, Haruko nampak senang, Hanamichi dengan suka rela berlatih hampir setiap saat. Ternyata, setelah cukup lama Hanamichi ikut klub basket, Hanamichi menyadari bahwa dia memiliki skill olah raga yang baik. Sejak saat itu, Hanamichi menjadi sangat menyukai basket. Bersama dengan timnya, Hanamchi berusaha untuk menjuarai kompetisi basket tingkat sekolah menengah.

Serial ini berbeda dengan Captain Tsubasa yang selalu memperlihatkan karakter yang sangat kuat dan ahli dalam berolahraga. Serial Slam Dunk, memperlihatkan tentang proses menjadi seorang pemain basket yang tidak mudah, bahkan cukup sering tim Sakuragi menelan kekalahan jika lawannya adalah tim-tim besar yang sangat berpengalaman. Oleh sebab itu nuansa realistis dalam serial ini menjadi sangat terasa.

Realistis yang ada di dalam serial Slam Dunk membuat para penggemar tahu, seperti apa perjuangan untuk menjadi seorang pemain basket yang handal. Sebab kompetisi semacam ini memang ada di dunia nyata dan dekat dengan para penggemar Slam Dunk. Kalian tidak akan melihat adegan mistis seperti kekuatan super, lemparan ajaib dan hal-hal yang kurang masuk akal lainnya. Namun, para penggemar akan diperlihatkan secara nyata bagaimana berjuang dari nol untuk menjadi seorang pemain basket terbaik di tingkat sekolah menengah.

Selain itu berkat popularitas Slam Dunk, olahraga basket di Jepang kembali booming. Bahkan, Slam Dunk juga sempat membuka semacam beasiswa untuk para siswa, yang sangat ingin berkompetisi di ajang turnamen basket tingkat sekolah menengah, pada tahun 2006. Inoe juga mendapat penghargaan dari pihak Asosiasi Basket Jepang, karena telah berhasil mendongkrak popularitas olahraga basket.

Kabar terbaru dari Slam Dunk saat ini, adalah mengenai rencana mereka yang akan membuat sebuah film anime terbaru dalam waktu dekat. Memang hingga sekarang masih belum ada informasi detail mengenai rencana tersebut. Namun, melihat banyaknya penggemar Slam Dunk yang saat ini masih setia pada hingga sekarang, tampaknya pihak produksi, akan mengumumkan beberapa detail menarik, mengenai film terbaru Slam Dunk dalam waktu dekat.