Seri manga One Piece sempat menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 kemarin dan juga di awal 2021. One Piece menjadi bahan perbincangan dengan munculnya kabar bahwa seri ini akan segera selesai, setelah lebih dari 20 tahun. Berdasarkan informasi yang ada – baik dari Eiichiro Oda maupun dari para editor manganya – seri One Piece diperkirakan akan selesai dalam 5 tahun mendatang.

Sebagian fans ada yang skeptis mengenai kabar ini, namun tidak sedikit juga fans senang dan mendukung ide tersebut. Terlepas dari kabar mengenai kapan One Piece akan selesai, para fans sendiri masih menyimpan banyak pertanyaan besar. Salah satunya adalah bagaimana cerita akhir dari One Piece nanti, dan apa sebenarnya One Piece.

Banyak fans yang mencoba berspekulasi bagaimana akhir dari cerita One Piece. Dan spekulasi yang paling banyak muncul adalah Luffy berhasil pergi ke Laugh Tale dan menemukan One Piece. Setelah menghadapi banyak rintangan berat, musuh yang hebat, dan berbagai macam halangan lainnya, pada akhirnya Luffy dan kru Topi Jerami berhasil pergi ke Laugh Tale seperti halnya kru Roger dahulu.

Di sana, dia kemudian akan menemukan apa yang selama ini dicari, yaitu One Piece dan kemudian mengklaim titel raja bajak laut. Berbicara mengenai akhir dari cerita One Piece, Oda Sensei sudah mempersiapkan semuanya sejak awal. Hal ini diketahui dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun TV. Salah satu editor Oda, Isaka, menyatakan bahwa Oda sudah lama mempersiapkan semuanya, dan dia tidak ingin rencana yang sudah dia bangun selama puluhan tahun menjadi tidak terpakai.

Yang menarik adalah di tahun 1999, Oda Sensei pernah mengatakan sendiri bahwa dia sudah mempersiapkan chapter terakhir dan panel terakhir untuk seri One Piece. Selain cerita akhir, para fans juga bertanya-tanya mengenai One Piece. Apa sebenarnya One Piece? Apakah harta? Inilah yang menjadi pertanyaan besar para fans bahkan sejak serinya dimulai.

Seperti halnya akhir dari cerita One Piece, para fans juga banyak berspekulasi tentang One Piece. Ada yang menganggap bahwa One Piece adalah pertemanan atau persahabatan. Ada juga yang beranggapan One Piece adalah kesatuan dari seluruh lautan yang terhalang oleh Red Line. Dan ada juga yang mengatakan bahwa One Piece adalah sebuah harta yang sangat besar.

Oda Sensei sendiri pernah menjelaskan bahwa di pulau terakhir nanti memang akan ada sebuah harta yang sangat banyak. Menurut Oda, hal semacam One Piece sebenarnya adalah pertemanan tentu tidak akan menarik. Dengan semua usaha yang sudah dilakukan para kru Topi Jerami, tentu mereka perlu mendapatkan hadiah dan harta karun tersebut adalah hadiahnya.

Jadi, apakah One Piece adalah harta? Berdasarkan salah satu teori yang menarik yang berkembang di kalangan fans, One Piece memang harta. Namun, harta karun tersebut tidaklah seperti yang kita kira. Oda Sensei adalah salah satu mangaka yang sering kali menggunakan kiasan untuk menggambarkan sesuatu yang biasa-biasa saja menjadi sangat istimewa.

One Piece: Marco Adalah Pemilik Road Poneglyph Terakhir? | GreensceneSeperti halnya di dunia nyata, harta bagi sebagian orang sangatlah berbeda-beda. Contohnya, bagi Luffy harta yang paling besar baginya adalah topi jerami yang dia gunakan. Hal itu dikarenakan topi jerami tersebut merupakan pemberian dari Shanks, sosok penyelamat hidupnya. Ini juga yang kemudian menjadi gambaran dari One Piece. Bisa jadi, One Piece sebenarnya adalah “harta karun” milik Joy Boy.

Harta karun tersebut berupa puluhan atau bahkan ratusan Poneglyph yang berisi informasi penting, yang mana menurutnya itu merupakan harta terbesarnya. Seperti yang disebutkan oleh Whitebeard dan Doflamingo, bahwa jika dunia tahu tentang rahasia sebenarnya, maka dunia akan berguncang hebat. Itulah mungkin One Piece yang dimaksud oleh Eiichiro Oda Selama ini.