Guardian of the Galaxy dan Guardian of the Galaxy Vol. 2 merupakan film sukses MCU yang disutradarai oleh James Gunn. Setelah sebelumnya sempat berhenti dari waralaba GOTG, James Gunn akhirnya akan kembali sebagai sutradara film Guardians of the Galaxy Vol. 3. Naskah untuk film ini sudah digarap selama bertahun-tahun, dan film ini akhirnya memasuki tahap pra-produksi.

GOTG Vol. 3 akan melanjutkan petualangan Star-Lord bersama timnya setelah terakhir kali meninggalkan Bumi di akhir Avengers: Endgame. Dengan James Gunn yang telah menyelesaikan proses syuting film Suicide Squad dan serial Peacemaker, saat ini belum ada proyek lain yang sedang digarap olehnya. Baru-baru ini, Gunn mengungkapkan bahwa dia sudah mulai membuat storyboard dari film ketiga Guardians of the Galaxy. Melalui akun Twitternya, dia mengonfirmasi hal tersebut ketika memuji salah satu adegan Kurt Russell di GOTG Vol. 2.

Gunn membalas twit seorang penggemar yang berterima kasih kepada Gunn mengenai dialog Ego ketika memanggil Rocket sebagai ‘monyet berkepala segitiga’. “Saya selalu tertawa setiap kali Kurt mengatakannya, begitu pula dengan Rocket yang bersedih sambil menyentuh wajahnya setelah itu, bertanya-tanya apakah bentuknya memang segitiga,” balas Gunn. “Saat ini saya sedang menggambar papan cerita untuk Vol 3, tugas yang menjenuhkan, ada baiknya juga diingatkan kepada momen yang menyenangkan.”

Kabar yang disampaikan Gunn membuat para penggemar sangat senang, mengingat sampai saat ini belum ada informasi detail mengenai film GOTG ketiga tersebut. Dengan rumor yang mengatakan bahwa Elizabeth Debicki akan kembali berperan sebagai Ayesha, pemimpin ras Sovereign, kemungkinan filmnya nanti akan mengungkap akhir yang menggantung di film GOTG Vol.2 tentang sosok Adam Warlock. Jika tidak ada masalah, Guardian of the Galaxy Vol. 3 akan rilis pada tanggal 5 Mei 2023.