Film sukses Iron Man karya sutradara Jon Favreau adalah awal yang sempurna untuk Marvel Cinematic Universe. Film tersebut tidak hanya menandai kembalinya Robert Downey Jr. berakting, tetapi juga membuatnya menjadi bintang papan atas. Kemudian setelah karakter Tony Stark yang diperankan Downey bergabung dengan nama besar lainnya, seperti Chris Hemsworth sebagai Thor, Chris Evans sebagai Steve Rogers, Brie Larson sebagai Carol Danvers, dan masih banyak lagi, Downey tetap menjadi salah satu aktor paling poluler dengan bayaran tertinggi di MCU.

Selain Downey, aktor Terrence Howard juga berperan dalam film Iron Man. Tetapi kemudian posisinya diganti oleh Don Cheadle di Iron Man 2, sebagai Rhodey yang menjadi Iron Patriot pertama dan kemudian War Machine. Para penggemar tampaknya tidak keberatan dengan bergantinya aktor Rhodey tersebut. Sejak saat itu tidak banyak detail yang menjelaskan mengapa Howard tidak meneruskan perannya. Sampai akhirnya Terrence Howard mengungkapkan alasannya di acara Watch What Happens Live pada akhir tahun 2013.

Di segmen tersebut, selain karena bayaran, Howard mengisyaratkan ketegangan lain yang menyebabkan dia tidak bermain di Iron Man 2, “Ternyata orang yang saya bantu menjadi Iron Man, ketika akan melanjutkan proyek yang kedua, dia mengambil uang yang seharusnya diberikan kepada saya dan mendorong saya keluar.” Kemungkinan ‘dia’ yang dimaksud adalah Robert Downey Jr. Kemudian Howard menambahkan bahwa dia tidak akan dibayar sesuai dengan apa yang telah Howard dan Marvel Studios sepakati sebelumnya.

“Kami melakukan kesepakatan untuk tiga film. Tetapi pada saat proyek kedua akan dimulai, mereka datang kepada saya dan mengatakan bahwa mereka akan membayar saya seperdelapan dari apa yang tertulis di kontrak, kemudian mereka menambahkan bahwa ada tau tidak ada saya, film tersebut akan tetap berhasil” kata Howard. “Kemudian saya menelepon teman yang saya bantu mendapatkan pekerjaan pertamanya, tetapi dia tidak menelepon saya kembali selama tiga bulan.”

Kemudian komentar Howard di acara tersebut dikonfimasi oleh Tony Rico dari Showbizcafe.com, ketika dirinya muncul di NBC’s Today untuk mengungkap nominal bayaran yang dimaksud Howard. Rico mengatakan, “Berdasarkan kontraknya, Howard akan dibayar sebesar 8 juta dolar (sekitar 114 miliar rupiah) untuk film Iron Man 2, tetapi Marvel Studios malah menawarinya 1 juta dolar (sekitar 14 miliar rupiah).” Menurut Howard, sisa uang yang dijanjikan kepadanya akan dipakai untuk membayar Robert Downey Jr.

Howard mungkin kesal karena telah kehilangan perannya di waralaba besar, tetapi alasannya masuk akal. Sejak saat itu, mungkin Howard sudah berdamai dengan Downey dan terus melanjutkan kariernya di film dan serial TV. Terlepas dari benar atau salah keputusannya untuk melepas peran Rhodey di film Iron Man dan film MCU berikutnya, setidaknya sekarang penggemar tahu mengapa Terrence Howard memutuskan untuk tidak melanjutkan perannya tersebut.