Para fans Marvel dikejutkan oleh kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Namor the Sub-Mariner akan muncul di film Black Panther: Wakanda Forever. Sebelumnya, kemarin The Illuminerdi sempat mengabarkan bahwa aktor asal Meksiko, Tenoch Huerta, akan berperan sebagai Namor untuk film sekuel Black Panther. Namun, belum ada konfirmasi resmi tentang kabar tersebut dari pihak Marvel.

Meskipun masih sekedar rumor, sepertinya para fans menyambut baik hal ini. Kabar lainnya juga bahkan menyebtukan bahwa Marvel masih mencari aktor lainnya untuk dua karakter lain – Namora dan Attuma. Di sisi lain, kemunculan Namor di jagat MCU dan di film Black Panther 2 juga akan memberikan perubahan baik untuk filmnya serta MCU secara keseluruhan.

Bagaimana Namor Merubah Black Panther 2 dan MCU

Di komiknya, Namor adalah karakter gabungan antara manusia dan Atlantean. Namor sendiri sebenarnya kurang senang dengan para manusia di daratan, dan sering kali ada gesekan antara manusia dan para Atlantean. Namor juga merupakan pahlawan pada perang dunia kedua, dia bahkan bertarung bersama Captain America dan tim superhero bernama the Invaders.

Namun, seiring berjalannya waktu, Namor justru semakin skeptis dan membenci manusia. Kebencian ini semakin memuncak ketika Namor berperang dengan negara Wakanda. Konfliknya sendiri dimulai ketika Wakanda membiarkan para Avengers bersembunyi di sana, ketika ada lima orang mutan “terinfeksi” Phoenix Force – termasuk Namor. Kelima mutan tersebut bermasuk menguasai bumi dengan kekuatan dahsyat itu.

Namor kemudian melancarkan serangan ke Wakanda, membanjiri wilayah kotanya, dan membunuh banyak penduduk. Wakanda yang bangga bahwa mereka tidak pernah terkalahkan, harus menelan pil pahit ketika Namor berhasil menyerang wilayah mereka. Sesuatu yang tidak bisa dimaafkan. Atlantean dan para penduduk Wakanda akhirnya saling berperan, sampai-sampai mereka hampir saja menghancurkan peradaban kedua wilayah tersebut. Peperangan sendiri berhenti setelah adanya bencana secara Multiversal dalam cerita Secret Wars.

Kabar tentang Tenoch Huerta yang akan membintangi Black Panther 2 muncul pertama kali pada November 2020. Pada saat itu, dikabarkan bahwa sang aktor sedang dalam pembicaraan untuk berperan sebagai seorang villain. Dan jika dikaitkan dengan kabar dari The Illuminerdi, artinya Namor akan memiliki peran sebagai villain dan bukan sekutu bagi Avengers.

Pertanyaannya kemudian apakah Namor memang secara terang-terangan menjadi musuh bagi Wakanda, atau ada hal yang jauh lebih kompleks. Dengan adanya informasi kemunculan Namora dan Attuma, mungkin mereka berperan dalam peperangan yang terjadi antara Wakanda dan Atlantean. Dengan kata lain, mungkin Namor sudah dimanipulasi untuk berperang dengan Wakanda.

Bagaimana Atlantis Akan Merubah Black Panther 2 dan MCU

MCU Phase 4 sepertinya akan menjadi sejarah baru bagi franchise ini, dan prosesnya sendiri sudah dimulai di Disney Plus – dengan cerita Wanda Maximoff yang berubah dan diperkenalkannya Captain America berkulit hitam. Shang-Chi & the Legend of the Ten Rings akan mengeksplor organisasi kriminal Ten Rings, dan Eternals akan memperkenalkan sekelompok alien yang sudah melindungi bumi selama ribuan tahun dan dianggap sebagai dewa.

Melihat hal tersebut, Phase 4 juga kemungkinan akan memperkenalkan Atlantis, kerajaan tersembunyi yang ada di bawah laut yang akan menandingi Wakanda. Jika kita melihat Phase sebelumnya, rasanya memang masuk akal jika kemunculan pertama Namor di MCU akan diperkenalkan sebegai villain. Di Iron Man 2 terdapat sebuah Easter Egg, di mana SHIELD sudah memantau wilayah Atlantik sebagai sumber masalah.

Black Widow juga menyadari hal itu, dan hal tersebut menjelaskan mengapa dia khawatir dengan gempa bumi bawah laut yang terjadi di dekat Wakanda seperti diperlihatkan di Avengers: Endgame. Namun, Okoye sendiri meyakini bahwa itu hanyalah sebuah gesekan biasa dari plat benua Afrika. Namun kekhawatiran dari Black Widow sendiri bisa jadi berdasarkan dari apa yang dia ketahui ketika dia masih menjadi agen SHIELD.

Namun, bukan berarti Namor dan Atlantis akan menjadi villain di MCU untuk seterusnya. Seperti disebutkan di atas, bisa jadi itu semua akibat dari manipulasi Attuma. Dia akan memanipulasi Namor untuk tetap terus membenci manusia, dan juga untuk melakukan penyerangan ke Wakanda.

Namor dan Atlantis di Masa Depan MCU

Marvel Studios menjual hak pembuatan film dari karakternya ke rumah studio Universal pada era 1990an. Meskipun sebagian besar hak dari karakternya sudah kembali ke tangan Marvel Studios, namun pada 2018 Kevin Feige sempat menyatakan bahwa hak film Namor masih sangat rumit jika dibandingkan dengan karakter lainnya. Feige sepertinya menghadapi masalah yang sama dengan Hulk, di mana Universal masih memiliki hak untuk pendistribusian film solonya.

Jika memang itu masalahnya, maka jangan harap Namor akan memiliki filmnya sendiri untuk jangka waktu tertentu. Namor mungkin masih bisa muncul di film lainnya sebagai karakter utama lain. Mungkin Namor bisa menjadi villain bagi karakter lain, atau juga muncul sebagai bagian dari tim Avengers. Tetapi, Disney Plus bisa menjadi tempat yang sempurna untuk mengeksplor sosok Namor dan Atlantis.

Marvel Studios saat ini sedang mengerjakan seri She-Hulk, yang mana hal ini menjadi sesuatu yang mengejutkan. Tidak ada yang menyangka bahwa She-Hulk akan muncul di MCU dan bahkan memiliki serinya sendiri. Jika kontrak Hulk dan Namor sama, maka Marvel juga bisa menggunakan skema yang sama, di mana mereka bisa melanjutakan cerita Namor dan Atlantis di layar kecil.

Sementara itu, menarik untuk dicatat bahwa jika Namor memang akan muncul di Black Panther 2, maka dia akan menjadi mutan pertama di Marvel Cinematic Universe yang mana hal ini bisa menjadi jalan untuk memperkenalkan mutan lainnya.