Perjalanan ruang dan waktu di Avengers: Endgame terus memengaruhi MCU di Fase 4, termasuk serial Loki yang akan tayang besok pada tanggal 9 Juni di Disney+. Serial tersebut akan menceritakan Loki versi 2012 yang berhasil kabur menggunakan Tesseract di Endgame. Setelah dirinya kabur, Loki ditangkap oleh Time Variance Authority dan ditugaskan untuk menyelesaikan timeline bercabang yang disebabkan olehnya.

TVA adalah organisasi rahasia yang mengawasi dan menjaga semua timeline di Marvel. Mereka bertugas menjaga timestream dari siapa pun yang mencoba untuk mengubah sejarah. Selain kejadian Loki, sebenarnya ada dua kejadian lain yang bisa mengubah sejarah di beberapa timeline, yang pertama adalah ketika Steve Rogers memutuskan untuk tinggal di timeline lain untuk hidup bahagia dan menua bersama Peggy, dan yang kedua adalah ketika Thanos dan semua pasukannya mengikuti Avengers dan mati di timeline utama.

Untuk kasus Avengers yang kembali ke masa lalu untuk meminjam Infinity Stones, mungkin TVA tidak menilainya sebagai ancaman terhadap timeline, karena pada akhirnya mereka mengembalikan semua batu ke timeline-nya masing-masing. Dan untuk kasus Loki, TVA menganggapnya sebagai kejahatan waktu karena Loki seharusnya tidak boleh kabur agar timeline berjalan semestinya. Tetapi mengapa mereka hanya menangkap Loki, sedangkan Steve Rogers mereka biarkan hidup di sejarah timeline lain? Berikut teori yang kami rangkum mengenai kemungkinan mengapa Steve tidak ditangkap oleh TVA.

Timeline Permanen Baru

Ada kemungkinan setelah Steve berhasil mengembalikan semua batu ke masing-masing timeline, timeline lain menjadi normal kembali, kecuali timeline di mana tidak ada Thanos dan semua pasukannya. Steve yang tinggal dan menua di timeline Peggy menjadi harga yang harus dibayar untuk mengisi kekosongan Thanos dan membuat waktu berjalan seperti biasa. Selama masa perdamaian karena tidak ada Thanos, Steve berpura-pura menjadi agen Hydra dan membuat bumi seperti ada masalah untuk diselesaikan oleh para Avengers. Timeline yang dia tempati menjadi timeline baru yang permanen.

Faktor Multiverse

Di fase 4 ini, Marvel Cinematic Universe berencana mengadaptasi konsep multiverse. Secara teknis, timeline yang dikunjungi oleh Avengers di Endgame merupakan bagian dari multiverse, tetapi saat ini belum diketahui bagaimana konsep multiverse bekerja di MCU. Ada kemungkinan timeline bercabang yang disebabkan Loki adalah kerusakan timeline di dalam universe yang sama, sehingga Loki harus menyelesaikan semua cabang dan mengembalikannya seperti semua. Sedangkan yang dilakukan Steve adalah berpindah-pindah universe sehingga tidak membuat timeline menjadi bercabang.

Kejahatan Waktu

Perbedaan yang dilakukan Loki dan Avengers adalah perpindahannya, jika Avengers berpindah-pindah dari satu timeline ke timeline lain, Loki hanya berpindah tempat di timeline yang sama. Anehnya, TVA langsung muncul dan menangkap Loki. Sama seperti teori faktor multiverse, Loki sebenarnya tidak ke mana-mana, tetapi dia telah mengubah sejarah yang seharusnya berjalan dengan dia dibawa kembali ke Asgard oleh Thor.

Kejadian dia kabur membuat timeline semakin banyak bercabang, misalnya timeline menjadi bercabang karena Thor dan Asgard kebingungan mencari Loki yang menghilang, Bumi menyalahkan Avengers karena dinilai membiarkan saudara dari anggotanya kabur, Thanos yang tidak menemukan Tesseract di timeline tersebut, dan masih banyak lagi kemungkinan cabang lainnya. Oleh karena itu dia dicap sebagai penjahat yang telah melakukan kejahatan waktu.