Game Freak sepertinya tidak malu-malu untuk menghadirkan berbagai cerita dan juga wilayah untuk berbagai game Pokémon. Wilayah atau region seperti Alola dan Johto adalah contoh wilayah yang penuh dengan berbagai inspirasi yang sering kali menjadi jembatan untuk cerita petualangan di serinya. Dan region Sinnoh dianggap sebagai wilayah yang well-defined dan juga penuh dengan sejarah penting di sepanjang serinya.

Dari berbagai cerita yang ada di region tersebut Creation Myth merupakan salah satu yang paling populer. Ceritanya sendiri pertama kali diperkenalkan di game Pokémon Diamond and Pearl, yang mengeksplor tentang sejarah dari region tersebut. Selain itu, para fans juga sekaligus diperkenalkan dengan Legendary Creation Trio – Dialga, Palkia, dan Kirantina – bersama dengan Mythic Pokémon Arceus.

Pokémon Legends: Arceus sendiri akan segera dirilis dan diyakini juga akan semakin memperluas cerita dari region Sinnoh. Cerita tentang ketiga Legendary Creation ini dikenal juga sebagai The Original Story dan muncul di perpustakaan Canalave yang ada di wilayah Sinnoh. Singkatnya, ceritanya menceritakan bahwa universe tersebut dimulai dari sebuah pusaran kekacauan (swirling pool of chaos) yang kemudian melahirkan sebuah telur.

Telur tersebut kemudian menetas dan kemudian Pokémon Arceus pun muncul. Arceus kemudian membentuk kekacauan yang ada menjadi sebuah monster yaitu Dialga dan Palkia. Arceus kemudian menciptakan Pokémon terakhir dalam bentuk Lake Spirits. Dialga dan Palkia kemudian menciptakan benda, Lake Spirits kemudian menciptakan spirit atau roh atau jiwa dan Arceus akan tertidur ketika universe tersebut terbentuk.

Versi dari The Original Story sendiri tidak menghadirkan Pokémon ketiga dari Legendary Creation Trio, yaitu Girantina. Tidak diketahui apakah Pokémon tersebut memang terhapus oleh sejarah atau memang terlupakan oleh waktu. Ada juga versi lain tentang The Original Story yang menyebutkan bahwa Champion dari Sinnoh Cynthia akan mengatakan cerita kepada para pemain yang ada kaitannya dengan Girantina.

Cerita tentang terbentuknya region Sinnoh versi revisi ini memberikan catatan bahwa Girantina tercipta pada saat diciptakannya Dialga dan Palkia, di mana Girantina sendiri mewakili antimatter. Peran Girantina dalam penciptaan Sinnoh kurang begitu jelas, meskipun Cynthia berteori bahwa Girantia adalah kebalikan dari Dialga dan Palkia. Secara kekuatan, mereka bertiga memiliki level kekuatan yang sama.

Cythia juga memberikan petunjuk bahwa Lake Spirits dalam cerita aslinya sebenarnya adalah Dialga, Palkia, dan Girantina. Arceus sendiri tidak pernah disebutkan secara langsung dalam mitosnya dan bahkan belum bisa didapatkan di seri utama game Pokémon selain dalam event promosi. Namun, ada sebuah karakter rahasia yang bisa didapatkan oleh para pemain di Pokémon Platinum jika mereka berhasil mendapatkan Arceus.

Seorang pendaki gunung akan memberi tahu para pemain tentang sebuah pelat (plates), benda yang digunakan untuk menukar tipe Arceus, dan juga akan memberi tahu para pemain berbagai hal tentang Arceus yang berkaitan dengan penciptaan Sinnoh secara lebih detail. Pendaki tersebut menganggap Arceus seperti sebuah mitos, seperti semua orang yang ada di Sinnoh, namun dia juga memberikan informasi yang tidak ada di region lain.

Dia akan meyakinkan para pemain bahwa semua Pokémon yang selama ini kita kenal sebenarnya merupakan fragmen atau pecahan dari form asli Arceus ketika dia menciptakan dunia tersebut dan pelat-pelat yang mewakili bentuknya kemudian muncul di waktu yang sama dengan Arceus. Teori bahwa Pokémon adalah fragmen dari Arceus kemudian direferensikan di serinya, yang mana artinya ini bukan hanya sekedar teori dari sang pendaki.

Mitos tentang terciptanya wilayah Sinnoh (Sinnoh Creation Myth) mungkin adalah salah satu misteri terbesar di seri Pokémon, baik untuk para pemain dan juga karakter di gamenya. Cerita tentang mitos ini sering kali beruba dan dengan perubahan tersebut semakin hilang juga peran dari Girantina dan Arceus. Namun, tentunya ada banyak pertanyaan yang muncul seperti dimana kemudian peran Lake Spirit dalam mitos tersebut dan apa peran Girantina untuk pembentukan Sinnoh. Game Pokémon Legends: Arceus sendiri akan dirilis pada Januari 2022 mendatang untuk platform Nintendo Switch.