Dalam cerita One Piece, Pemerintah Dunia merupakan organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dalamnya. Termasuk tentang berbagai aturan yang ada kaitannya dengan bajak laut. Organisasi ini didirikan ratusan tahun yang lalu, dan terdiri dari sekitar 20 kerajaan yang pada saat itu bergabung untuk menyerang Ancient Kingdom. Setelah sukses, mereka kemudian mulai mendirikan organisasi Pemerintahan Dunia ini.

Pemerintah Dunia sendiri dianggap sebagai dewa atau tuhan dalam cerita One Piece, yang berbeda dari manusia pada umumnya. Gorosei atau lima tetua bintang pada awalnya diketahui sebagai pemegang jabatan tertinggi di Pemerintahan Dunia. Tapi, ternyata ada sosok lainnya yang jauh lebih berkuasa dibanding Gorosei yaitu Im. Tidak banyak yang bisa diketahui dari sosok Im selain spekulasi bahwa dia adalah karakter yang tahu semua sejarah.

Selain sosok Im, Gorosei juga menjadi misteri besar sampai saat ini. Kita tidak tahu seberapa besar kekuatannya, dan bagaimana asal-usulnya. Sesuai namanya, Gorosei atau yang berarti lima tetua bintang, berisikan lima orang tua yang misterius. Bagaimana mereka bisa berada di posisi saat ini pun masih menjadi pertanyaan besar para fans. Namun, ada beberapa teori mengenai hal ini.

Pertama, Gorosei merupakan pelayan atau bawahan Im-Sama. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa Pemerintah Dunia terdiri dari 20 kerajaan yang kemudian menjadi satu. Dan dari 20 kerajaan tersebut tentu mereka memiliki anak-anak yang memiliki status dan level di atas anak-anak lainnya. Merekalah yang kemudian dipilih oleh Im, untuk kemudian menjadi pelayan mereka.

Im kemudian mengajari mereka tentang banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan sampai ilmu bertarung. Inilah kemungkinan alasan mengapa Gorosei kemudian berada di level yang berbeda dengan kaum naga langit pada umumnya. Gorosei jauh lebih penting dan posisinya di atas kaum naga langit. Jika dikaitkan dengan teorinya, maka masuk akal jika Gorosei berada di posisi tersebut.

Spekulasi kedua adalah Gorosei merupakan perwakilan dari 20 kerajaan. Pada saat pertempuran melawan kerajaan kuno, jumlah pasukan yang diturunkan tentu akan sangat banyak. Dengan banyaknya jumlah pasukan, akan sulit jika tidak bisa dikoordinasikan dengan baik. Karena itulah, 20 kerajaan tersebut kemudian menunjuk 5 orang yang bisa mereka percaya untuk mengatur pasukan mereka.

Dan terbukti, kemampuan mereka memimpin berhasil membuahkan kemenangan. Kerajaan kuno pun hancur, dan Pemerintah Dunia bisa dibangun. Kemampuan bertarung mereka juga bisa dilihat dari bekas luka yang ada di tubuh masing-masing. Kecil kemungkinan jika bekas luka tersebut bukan berasal dari pertempuran. Untuk mengenang jasanya, mereka kemudian dipilih untuk menjadi pemimpin dunia, setidaknya berada satu peringkat di bawah Im.

Gorosei, Im, dan Joy Boy diyakini memiliki keterkaitan satu sama lain, dan mereka juga terlibat dalam peristiwa abad yang hilang. Lima tetua bintang sendiri pernah mengatakan kepada Im Sama bahwa masa untuk melakukan “pembersihan” sudah kembali muncul, karena menurut mereka dunia kini sudah mulai kembali sulit untuk dikendalikan.

Jadi, mereka meminta persetujuan Im Sama untuk mengeliminasi berbagai hal atau pihak yang dianggap sebagai ancaman besar bagi dunia, yang artinya sebagian sejarah dunia akan kembali hilang. Dengan Im Sama yang bisa mengendalikan Gorosei, dan juga Pemerintah Dunia, artinya dia merupakan orang yang bisa memimpin atau menginisiasi serangan yang dulu bisa jadi diarahkan kepada Joy Boy dan kerajaan kuno. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa segera memberikan penjelasan mengenai para Gorosei, Im, dan Joy Boy.