Silvers Rayleigh merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Dia adalah mantan tangan kanan dari Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Sosoknya sangat tersohor, bahkan para bajak laut generasi baru pun mengenal sosok Rayleigh. Garp sendiri mengakui, meskipun usia Rayleigh sudah tua namun kekuatannya masih sanggup untuk menghancurkan satu armada angkatan laut.

Tapi, seperti yang dia ucapkan ketika Luffy berada di Sabaody, dia sekarang hanyalah seorang tukang cat kapal. Dia sudah pensiun sebagai seorang bajak laut sejak puluhan tahun lalu. Salah satu hal yang populer dari sosok Rayleigh adalah bagaimana dia mampu menguasai ketiga Haki. Bahkan, dialah yang kemudian mengajari Luffy bagaimana mengendalikan Haki miliknya.

Namun, diantara banyaknya hal hebat dari Rayleigh ada satu hal yang menarik dari sosok Rayleigh yaitu julukannya sebagai sang raja kegelapan. Kita masih belum mengetahui apa konteksnya Rayleigh dipanggil raja kegelapan. Dan bagaimana dia bisa mendapatkan julukan tersebut. Hal tersebut memunculkan sebuah teori dimana Rayleigh kemungkinan memang benar-benar seorang raja, dan raja kegelapan sendiri bukan hanya sebagai julukan.

Gol D Roger and Rayleigh. Epic. | AnimeKetika Roger pertama kali bertemu dengan Rayleigh, dia sempat berbicara sedikit tentang masa lalunya. Rayleigh mengaku bahwa rumahnya terbakar habis dan dia terpaksa harus mencuri kapal tersebut dan tinggal di kapal itu. Dalam seri animenya, ada sebuah petunjuk kecil yang menarik dimana pertemuan pertama Rayleigh dan Roger bukan terjadi di Loguetown, atau wilayah yang pernah dikunjungi oleh Luffy. Rayleigh kemungkinan berada di pelabuhan dimana Roger berasal.

Di manganya sendiri, Roger dan Rayleigh diperlihatkan langsung bertemu dan bertanya tentang Namanya. Rayleigh hanya menjawab singkat namanya, dan kemudian Roger mengatakan bahwa ini merupakan sebuah takdir yang baik mereka bertemu, dan kemudian Roger bertanya kepada Rayleigh apakah dia mau menaklukan dunia bersama-sama. Meskipun Rayleigh awalnya skeptis dan menganggap hal tersebut adalah ide bodoh, dia tetap yakin pada Roger.

Lalu, apa alasan Rayleigh mendapatkan julukan raja kegelapan? Bisa jadi, pihak Pemerintah Dunia tidak senang dengan sosok Rayleigh. Mungkin dahulu, ketika dia masih memiliki kerajaan atau masih memiliki kekuasaan, dia tidak mau bergabung dengan Pemerintah Dunia. Sehingga, Pemerintah Dunia memutuskan untuk membakar rumahnya dan menghancurkannya. Rayleigh kemudian pergi tanpa membawa apapun, dan berencana untuk menghabiskan waktunya minum-minum dan bersantai karena dia tahu Pemerintah Dunia mengincar nyawanya.

Dan tiba-tiba dia bertemu dengan Roger dan memberikan kesempatan untuk menaklukan dunia. Rayleigh yang sempat skeptis, mungkin berpikir tidak ada salahnya dia bergabung dengan Roger karena lagipula dia menjadi incaran Pemerintah Dunia. Cepat atau lambat dia akan mati.

Jadi, kesimpulannya adalah kemungkinan julukan raja kegelapan tersebut memang benar-benar nyata. Hal tersebut dikarenakan Rayleigh tidak mau bekerja sama dengan Pemerintah dunia, dan lebih memilih bertindak sesuka hatinya. Pertemuannya dengan Roger benar-benar memberikan perubahan besar dalam hidup Rayleigh.

Silvers Raleigh power!!! | One Piece AminoApakah ada kemungkinan lainnya bahwa Rayleigh dahulu merupakan sosok raja atau pemimpin yang jahat, di mana saking jahatnya, Rayleigh kemudian mendapatkan julukan tersebut? Bisa jadi. Mungkin dahulu dia adalah raja yang jahat – seperti halnya Avalo Pizzaro – dimana kejahatannya sangat luar biasa, sampai-sampai para penduduk memberikan julukan tersebut.

Sampai kemudian dia digulingkan, dan pergi dari rumahnya. Dia kemudian memulai hidup baru sebagai bajak laut dan membayar kesalahannya dengan tidak lagi melakukan kejahatan. Tentu akan sangat menarik jika Oda Sensei membahas masa lalu Rayleigh, dan bagaimana dia mendapatkan julukannya. Mudah-mudahan saja Oda akan melakukannya sebelum cerita One Piece selesai.