Disney Plus akan kembali merilis seri terbaru untuk Marvel Cinematic Universe pada minggu ini, tepatnya pada rabu, 9 Juni besok. Tom Hiddleston akan kembali berperan sebagai Loki, dan serinya sendiri akan berfokus pada sosok ‘Variant Loki’ yang berasal dari tahun 2012. Seperti yang kita ketahui, di film Avengers: Endgame Loki diperlihatkan kabur sambil membawa Tesseract.

Variant Loki tersebut harus berurusan dengan pihak otoritas yang mengawasi timeline di Marvel Cinematic Universe, yaitu Time Variant Authority (TVA). Berdasarkan trailernya, para penonton akan diajak untuk melihat berbagai macam timeline di mana Loki akan berusaha memperbaiki kekacauan yang sudah dia buat. Sebelum menonton serinya, berikut adalah panduan singkat mengenai timeline Loki.



 

Cerita Origin Loki

Cerita Loki dimulai pada 969 sebelum masehi, ketika para Asgardian bertarung menghadapi Frost Giants di Tosberg, Norwegia. Para penduduk di wilayah tersebut ternyata memiliki relasi dengan Asgardians, sehingga Frost Giants memutuskan untuk menyerang mereka, yang merupakan bagian dari musuh abadi para Frost Giant. Odin memimpin pasukan Asgard untuk menghadapi raja Laufey dan Frost Giant.

Pada akhirnya, pasukan Asgard yang memenangkan pertempuran dan Frost Giant pun dipukul mundur kembali ke Jotunheim. Odin juga mengambil senjata terbaik mereka, Casket of Ancient Winters, serta seorang bayi yang ditemukan di dalam kuil Frost Giant. Bayi tersebut ternyata adalah anak dari raja Laufey yang sengaja ditinggalkan. Odin memutuskan untuk mengadopsi bayi tersebut, dan kemudian menggunakan sihir yang dia miliki untuk mengubahnya menjadi seperti Asgardian.

Loki kemudian tumbuh dan yakin bahwa dia adalah anak dari Odin dan Frigga, namun dia selalu merasa bahwa saudaranya, Thor, yang selalu mendapatkan perhatian. Loki pun mulai mencari perhatian sang ayah. Odin sendiri kemudian membuat kedua anaknya untuk saling bersaing demi memperebutkan tahta miliknya, yang mana bagi Loki hal itu dilihat sebagai bentuk rasa cintanya.

Namun, Loki sendiri semakin menyadari bahwa tahta tersebut memang sengaja disiapkan untuk Thor. Ketika Thor tumbuh sebagai petarung, Loki menunjukan bakatnya dalam hal sihir. Dia belajar banyak dari sang ibu – yang justru jauh lebih dekat dibandingkan sang ayah. Kemampuan sihir tersebut sering kali digunakan oleh Loki untuk menggoda Thor, seperti mengubahnya menjadi katak.

Pengkhianatan Pertama Loki

Di film Thor pertama, Odin bersiap untuk mundur dari tahtanya dan memberikannya kepada Thor. Hal ini membuat Loki memutuskan pergi diam-diam dari Asgard dengan menggunakan jalan rahasia yang dia temukan. Loki kemudian pergi ke Jotunheim. Dia kemudian menjalin kesepakatan dengan Laufey, di mana dia akan membantunya memasukan Frost Giant ke wilayah Asgard melalui jalan rahasia.

Hal itu dilakukan untuk menganggu jalannya acara penasbihan Thor sebagai raja Asgard dan mendapatkan kembali Casket of Ancient Winters. Rencana Loki berjalan dengan sempurna, dan dia juga berhasil memengaruhi Thor untuk melakukan penyerangan ke Jotunheim dan menghabisi Laufey. Thor sendiri berhasil selamat berkat campur tangan dari Odin.

Serangan ke Jotunheim menjadi bukti bahwa ternyata Thor bukanlah sosok yang pantas untuk tahta tersebut. Odin sendiri merasa terbebani dengan peperangan yang kembali terjadi melawan Frost Giant, seolah melihat dirinya ketika dia pertama kali memimpin Asgard. Akhirnya Odin pun mengusir Thor dari Asgard dan mengirimnya ke bumi. Selain itu, Thor juga harus kehilangan kekuatannya.

Loki sendiri kemudian pada akhirnya menyadari bahwa ternyata dia bukanlah anak kandung Odin dan Frigga, ketika dia bersentuhan dengan Frost Giant dan warna kulitnya berubah menjadi biru. Loki mengungkapkan bahwa Odin akan selalu melihat dirinya sebagai Frost Giant, dan inilah alasan mengapa Thor selalu dipilih dan unggul dibandingkan dirinya.

Peristiwa itu membuat Odin akhirnya tidak sadarkan diri dan Loki sendiri masih terus ingin membuktikan bahwa dia jauh lebih pantas dari Thor. Dia ingin mendapatkan kasih sayang dari All-Father. Bahkan, dia rela untuk membunuh saudaranya sendiri untuk menyingkirkan rivalnya. Loki sendiri hampir saja menyebabkan kehancuran Asgard dengan memanfaatkan Bitfrost.

Dia menciptakan sebuah wormhole yang kemudian menghancurkan Jotunheim dan memindahkan para Frost Giant ke Asgard. Namun, upaya tersebut berhasil dihentikan oleh Thor yang akhirnya kembali ke Asgard. Thor sudah membuktikan bahwa dirinya memang pantas untuk mendapatkan tahta tersebut. dalam sebuah momen menyentuh ketika Odin memegang tangan kedua anaknya di Rainbow Bridge yang sudah hancur, Loki menyadari bahwa dia tidak akan pernah bisa menang dari Thor dan mendapatkan kasih sayang Odin.

Karena itulah Loki memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan menjatuhkan diri dari dari jembatan tersebut. Loki sendiri berhasil selamat berkat sebuah portal yang terhubung ke belahan universe lainnya.

Aliansi Dengan Thanos

Loki kemudian bertemu dengan seorang ilmuwan bernama Erik Selvig ketika pergi ke bumi, dengan tujuan untuk kembali mengalahkan Thor. Melalui Selvig, Loki akhirnya mengetahui tentang Tesseract yang ada di tangan SHIELD. Selain itu juga Loki kemudian mengetahui tentang keberadaan Thanos, dan menjadikan dirinya sebagai salah satu “anak buah” dari Thanos yang memimpin penyerangan ke bumi untuk mendapatkan Tesseract.

Thanos kemudian memberikan Loki sebuah senjata, sebuah tongkat Scepter yang terdapat Mind Stone di dalamnya. Marvel sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa Mind Stone yang mengendalikan Loki; dan juga membuatnya berpikir untuk membenci para penduduk bumi dan berujung pada digunakannya Tesseract untuk membuka portal yang menjadi jalan masuk Chitauri. Para Avengers berhasil menghentikan serangan tersebut, sekaligus mengalahkan Loki. Dan Loki pun kemudian ditahan di Asgard. Loki dihukum seumur hidup oleh Odin.

Loki “tewas” (lagi) Dan Menjadi Raja Asgard

Thor kemudian membebaskan Loki dari penjara ketika Dark Elves melancarkan serangan ke Asgard. Thor membutuhkan Loki untuk mengetahui bagaimana caranya dia bisa pergi ke dunia Dark Elves, yaitu Svartalheim, tanpa terdeteksi. Loki sendiri diceritakan tewas saat berhadapan dengan Kurse, namun ternyata kematiannya palsu, dan dia membunuh Kurse yang tiba di Svartalheim.

Melalui kekuatan sihir Loki, dia berhasil memanipulasi Odin dan kemudian mengusir Odin ke bumi. Dia kemudian menduduki tahta sebagai pemimpin Asgard, meskipun dia sebenarnya menyamar menjadi Odin. Dan pada kenyataannya Loki bukanlah pemimpin yang baik. Ketika Loki memimpin, para Asgardian tidak lagi peduli dengan apa yang terjadi di belahan alam raya lainnya.

Hal ini membuat Thanos dengan mudah melancarkan serangan ke Nidavellir, dan mendapatkan Infinity Gauntlet. Thor kemudian kembali ke Asgard, dan berhasil membongkar kepalsuan dari sang adik. Thor kemudian memaksa Loki untuk membantunya mencari Odin. Sayangnya, Odin harus tewas dan kematian Odin sendiri membebaskan Hela, anak pertama Odin, yang diusir dari Asgard ribuan tahun lalu dan ingatannya tentang menjadi bagian dari keluarga kerajaan pun dihapus.

Loki kemudian berubah menjadi pahlawan dengan membantu Thor mengalahkan Hela. Momen tersebut juga di sisi lain menjadi jalan kehancuran Asgard. Sebelum pergi, Loki sempat mencuri Tesseract dari ruang penyimpanan Odin. Ternyata hal itu menjadi jalan bagi kehancuran sebagian besar penduduk Asgard, karena Thanos menyerang kapal mereka demi mendapatkan Space Stone yang ada di dalam Tesseract. Dan seperti diperlihatkan di film Infinity War, Loki akhirnya harus tewas di tangan Thanos dan mengaku dirinya sebagai “Loki Odinson.”

Varian Baru Loki dan Timeline Baru Avengers

Ternyata Loki masih belum selesai di MCU. Di film Endgame kita melihat Loki berhasil kabur dengan membawa Tesseract, yang rencananya akan digunakan oleh para Avengers untuk menghadapi Thanos. Para Avengers kembali dari 2025 ke tahun 2012. Ternyata apa yang dilakukan oleh Loki menyebabkan munculnya berbagai cabang baru di timeline MCU, seperti diperlihatkan di trailer seri Loki.

Loki versi inilah yang akan menjadi bintang di serinya, Loki yang jahat, dan mungkin masih dalam penyembuhan setelah dia terpengaruh oleh Mind Stone. Apa yang dilakukan oleh Loki membuat TVA akhirnya harus bertindak. Namun, mereka juga memanfaatkan sosok Loki untuk membantu mereka mengembalikan timeline yang sudah dia rusak.