Webtoon merupakan sebuah platform digital yang berasal dari Korea Selatan. Platform ini fokus pada penerbitan komik berbasis indie dan akan diterbitkan secara daring, melalui sebuah aplikasi yang bisa kalian unduh secara bebas. Salah satu genre yang sangat diminati oleh penggemar Webtoon adalah genre persahabatan. Kemungkinan, genre ini laris karena konflik persahabatan yang diangkat, dan relevan dengan kehidupan nyata, sehingga para penggemar merasa cocok dengan alur cerita yang dibuat. Nah berikut ini adalah lima webtoon yang membahas tentang persahabatan.

True Beauty

Dalam serial webtoon True Beauty, terjadi sebuah cinta segitiga yang cukup rumit. Namun, serial ini juga mengangkat tema persahabatan yang cukup sulit antara tokoh Suho Lee dan Seojun Han. Keduanya merupakan sahabat yang cukup dekat di masa lalu, bahkan keduanya juga memiliki cita-cita yang sama untuk menjadi seorang idol terkenal. Namun, perlu para penggemar ketahui bahwa sebenarnya ada satu orang tambahan yang ada di dalam lingkungan pertemanan keduanya, yaitu Seyeon.

Ketiga pria itu sangat dekat sebagai seorang sahabat yang ingin mewujudkan mimpinya bersama, namun Seyeon mengalami depresi karena sering dibully dalam usahanya untuk mewujudkan cita-citanya bersama kedua sahabat baiknya tersebut, sehingga suatu ketika, Seyeon ingin menceritakan kejadian buruk yang dia alami pada Suho, melalui telfon, namun dia tidak mengangkatnya. Alhasil, karena merasa sendirian dan tidak memiliki tempat untuk bercerita, Seyeon memutuskan untuk bunuh diri.

Sejak saat itu, Suho dan Seojun bermusuhan dan saling mempertahankan argumennya masing-masing mengenai kematian Seyon. Namun sejak keduanya jatuh cinta pada satu orang yang sama yaitu Jugyeong, keduanya secara bertahap bisa berbaikan. Sebab Jugyeong yang berusaha membuat keduanya sadar, bahwa sebenarnya Suho dan Seojun adalah sahabat bukan rival.

Siren’s Lament

Serial Siren’s Lament mengangkat tema Siren alias bangsa duyung, yang telah menjadi legenda bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Namun dalam serial ini, kalian akan tidak hanya akan melihat konflik yang cukup menegangkan mengenai bangsa Siren, melainkan juga akan konflik percintaan dan persahabatan.

Serial ini memiliki dua karakter utama pria bernama Ian dan Shon. Keduanya jatuh cinta pada satu gadis bernama Lyra. Shon yang merasa teman Lyra sejak kecil, merasa pantas dengan cintanya pada gadis itu. Sedangkan Ian yang merupakan seorang Siren, dan pernah menolong Lyra, juga merasa jatuh cinta pada Lyra. Meski keduanya sering bertengkar di awal-awal serial ini, namun secara bertahap kedua pria itu menjadi sahabat yang saling menasehati satu sama lain.

My Dear Cold Blooded King

My Dear Cold Blooded King mengangkat tema kerajaan sebagai inti cerita, sehingga konflik yang terjadi dalam serial ini seputar tema kerajaan, dan tentunya cukup menarik bagi para penggemar. Dalam serial ini juga ada dua tokoh pria yang bernama Katsu dan Hayate yang pada awalnya menjadi rival dalam sebuah kisah asmara cukup rumit. Namun keduanya saat ini menjadi teman baik dan saling menghargai satu sama lain dengan caranya masing-masing.

Freaking Romance

Tema yang diangkat serial Freaking Romance cukup unik, yaitu membahas tentang perbedaan dimensi dan hal-hal lain mengenai teori konspirasi yang mustahil. Namun serial ini mengemas itu semua dalam sebuah drama romance dan juga dibalut dengan kisah persaingan rumit antara dua laki-laki bernama Zylith dan Zelan. Keduanya sama-sama jatuh cinta pada seorang gadis bernama Velrose, dan bersaing sebagai rival untuk mendapatkan cintanya. Namun, setelah mengalami beragam cerita unik dan menarik, keduanya memutuskan untuk menjadi sahabat baik selamanya.

Swimming Lesson for A Mermaid

Swimming Lesson for A Mermaid merupakan sebuah serial yang mengangkat tema kisah cinta remaja SMA. Seperti judulnya, serial ini juga membahas mengenai duyung yang ada di dunia manusia dan beraktivitas layaknya manusia. Nama duyung itu adalah Choa, seorang gadis pendiam yang tidak memiliki teman dekat sama sekali. Namun secara diam-diam, Soo yang merupakan seorang calon atlet renang memperhatikan gadis itu setiap saat, dan jatuh cinta padanya.

Suatu ketika Woo yang merupakan teman masa kecil Choa pindah ke sekolah yang sama dengan mereka berdua. Alhasil, sejak saat itu Soo dan Woo terlibat cinta segitiga dan bersaing untuk mendapatkan Choa. Namun karena alur cerita yang semakin rumit, terkadang membuat Soo dan Woo saling bekerja sama sebagai teman agar Choa bisa terhindar dari masalah yang datang setiap saat. Oleh sebab itu, Soo dan Woo akhirnya menjadi teman baik.