Dalam chapter 1010 kemarin, Zoro diperlihatkan mengerahkan seluruh tenaganya bersama Kidd, Killer, dan Law. Kaido menerima serangan Asura yang dilancarkan oleh Zoro sebagai serangan terakhirnya. Yang menarik adalah Kaido sendiri mengakui bahwa dalam serangan tersebut terdapat Conqueror Haki, yang mana hal ini tidak disadari oleh Zoro. Ini seolah menjadi konfirmasi dari spekulasi para fans sejak lama, bahwa Zoro juga memang memiliki Conqueror Haki seperti halnya Luffy.

Zoro menjadi karakter baru yang dikonfirmasi memiliki kemampuan Conqueror Haki dalam cerita One Piece. Total karakter yang memiliki kekuatan ini ada sekitar 16 orang. Namun, angka tersebut kemungkinan akan bertambah mengingat dalam cerita One Piece masih ada karakter kuat yang belum diketahui secara penuh kekuatannya. Berikut adalah deretan karakter yang diduga memiliki Conqueror Haki.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Roger, Shiki, dan juga beberapa karakter lainnya. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans.

One Piece Revisits Garp as the Marine Turns Down a Major JobGarp dikenal memiliki kemampuan Armament Haki yang dahsyat, di mana dia bisa menghancurkan gunung dengan tangan kosong. Sosok fenomenal seperti Garp, tentu memiliki kekuatan yang dahsyat seperti halnya Conqueror Haki. Bisa jadi, ini juga alasan mengapa Garp bisa mengalahkan Rocks D. Xebec dalam peristiwa God Valley, karena dia melapisi serangannya dengan Conqueror Haki.

Monkey D. Dragon

Monkey D. Dragon adalah misteri besar yang belum terpecahkan sampai saat ini. Kita belum tahu banyak tentang sosok Dragon, selain dia adalah ayah dari Luffy dan juga pemimpin Pasukan Revolusi. Kita masih belum tahu apa kekuatan dari Dragon, sampai sejauh mana level kekuatannya. Sebagian fans berdebat apakah Dragon menggunakan pengguna buah iblis atau bukan.

Namun, sebagian fans setuju bahwa Dragon adalah pengguna kekuatan Conqueror Haki. Faktor keturunan menjadi salah satu alasan mengapa Dragon diduga kuat memiliki Conqueror Haki. Kekuatan Haki seperti Conqueror Haki diduga bisa diwariskan kepada keturunan mereka. Artinya para pendahulu mereka – seperti ayah dan kakek – memiliki kekuatan tersebut, sebelum kemudian diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Rocks D Xebec

Dikenal sebagai bajak laut paling kejam dan paling mengerikan di seluruh lautan, Rocks D. Xebec adalah bajak laut yang sudah mendapatkan perhatian dari Pemerintah Dunia dan angkatan laut jauh sebelum Gol D. Roger. Kekejaman dan kengerian dari kelompok bajak laut Rocks bahkan memaksa Pemerintah Dunia harus “menghapus” mereka dari sejarah, sehingga tidak pernah ada yang mengetahui tentang sosok ini.

Rocks D. Xebec One Piece Terungkap! Kapten Bajak Laut Rocks (Rocks Pirates) - One Piece Chapter 957 - ChapteriaSeperti halnya Dragon, kita tidak tahu apakah Rocks merupakan pengguna buah iblis. Namun, berkaca pada karakter lainnya, sosok hebat seperti Rocks sepertinya tidak mungkin jika tidak memiliki Conqueror Haki. Hal ini dikarenakan Rocks memiliki ambisi sebagai penakluk (conqueror) dan menguasai dunia, yang mana hal ini sesuai dengan Haki tersebut.

Im

Pemerintah Dunia dianggap sebagai dewa atau tuhan dalam cerita One Piece, yang berbeda dari manusia pada umumnya. Gorosei atau lima tetua bintang adalah pemegang jabatan tertinggi di Pemerintahan Dunia. Tetapi, ada sosok lainnya yang jauh lebih berkuasa dibanding Gorosei yaitu Im. Tidak banyak yang bisa diketahui dari sosok Im selain spekulasi bahwa dia adalah karakter yang tahu semua sejarah.

Dibandingkan dengan Shanks dan Dragon, Im mungkin adalah karakter paling misterius di sepanjang seri One Piece. Namun, mengingat Im adalah seorang penakluk, penguasa, dan pemimpin dunia saat ini, wajar jika dia memiliki Conqueror Haki – bahkan mungkin levelnya jauh lebih besar dan lebih tinggi dibandingkan yang lain. Bahkan, bukan tidak mungkin jika Im yang menciptakan Haki ini.

Kozuki Momonosuke

Momonosuke merupakan anak dari Kozuki Oden. Dia ikut pergi ke 20 tahun ke masa depan untuk mengalahkan Kaido yang saat ini meneror masyarakat Wano. Momo mungkin hanyalah anak kecil, tetapi dia adalah keturunan dari keluarga Kozuki bersama dengan Hiyori. Kozuki Oden sendiri adalah sosok yang bahkan Roger pun hormat kepadanya.

Jadi, tidak aneh jika memang Momonoske akan membangkitkan Haki kepemimpinan yang masih terpendam di dalam dirinya. Oden sendiri memiliki kemampuan menggunakan Haki tersebut, yang mana semakin meningkatkan peluang Momo untuk membangkitkannya di masa depan. Ketika dia sudah dewasa dan akan mengambil alih kembali Wano, dia pastinya akan menjadi seorang samurai yang terkenal dan mengaktifkan Haki tersebut. Lagipula, Momonosuke juga pernah memperlihatkan tanda bahwa dia memiliki Haoshoku Haki. Pertama adalah dia bisa mendengan the Voice of All Things dan kedua adalah ketika dia bisa memerintahkan Zunesha.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.