Apa yang sebenarnya terjadi kepada Arne Johnson dalam film The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It? Film ketiga dari franchise The Conjuring menghadirkan cerita tentang kasus pembunuhan Arne Cheyenne Johnson atas seorang pria pemilik tanah Alan Bono. Dengan setting waktu di tahun 1981, sekuel horor ini memperlihatkan cerita dari Ed dan Lorraine Warren yang dipanggi untuk menginvestigasi kasus David Glatzel.

Sosok David Glatzel diyakini dirasuki oleh jin atau iblis. Ketika proses ritual pengusiran hantu atau eksorsis yang dilakukan keluarga Warren justru tidak berjalan sesuai dengan semestinya, iblis yang ada di dalam tubuh David kini berpindah ke tubuh Arne Johnson, yang merupakan kekasih dari adik David, Debbie. Arne yang “menantang” iblis tersebut untuk meninggalkan tubuh David dan dia akan menggantikannya.

Setelah kejadian tersebut, Johnson kemudian membunuh Alan Bono dan mengatakan bahwa dia melakukannya karena iblis yang memerintahkannya. Lalu, bagaimana cerita sesungguhnya dari kasus Arne Johnson ini?

Cerita Sebenarnya Dari Arne Johnson

Meskipun sebagian cerita adalah fiksi yang sengaja dihadirkan untuk kepentingan cerita dan film, namun ada juga sebagian lainnya yang memang fakta. Menurut kesaksian dari Ed dan Lorraine Warren, Arne memang hadir dan ada pada saat momen pengusiran David Gletzel. Momen pengusiran iblis David sendiri dilakukan dua kali, pada musim panas dan musim gugur di tahun 1980.

Debbie sendiri sebelumnya mengatakan kepada polisi bahwa Johnson bertingkah laku aneh – dia melolong seperti binatang dan berhalusinasi, disertai dengan tidak ingatnya apa yang dia lakukan. Semua hal itu sesuai dengan perilaku David ketika dia sedang dirasuki. Terlepas dari adanya perdebatan mengenai proses eksorsis tersebut, faktanya Arne memang membunuh Alan Bono dengan cara ditusuk dengan sebuah pisau lipat.

Sebelum membunuh Alan Bono, Arne mengajaknya untuk makan siang bersama dengan kedua adiknya, Debbie, dan sepupunya. Bono kemudian mulai mabuk pada momen tersebut. Setelah mengantarnya pulang, Bono dan Johnson sempat  dikabarkan terlibat pertikaian sebelum kemudian Arne Johnson membunuh korban. Ini menjadi kasus pembunuhan pertama yang terjadi di Brookfield, Connecticut, pada masa itu.

Karena hal itulah, kematian Bono oleh Johnson menghebohkan seluruh wilayah tersebut. Johnson sendiri kemudian ditemukan oleh polisi sekitar 5 km dari tempat di mana dia membunuh Bono, dan mengatakan bahwa dia tidak mengingat kejadian apa pun. Debbie menduga bahwa Johnson sedang dalam pengaruh setan ketika dia membunuh Bono. Pada momen inilah kemudian keluarga Warren dipanggil pihak kepolisian.

Persidangan Arne Johnson dan Arne Johnson yang Kerasukan

Persidangan kasus Johnson sendiri dimulai pada Oktober 1981, dan Johnson sendiri didampingi oleh jaksa pendamping Martin Minella. Dalam pembelaannya, John mengaku melakukan hal tersebut karena dirasuki setan, dan pihak jaksa pendamping pun menganggap bahwa pembelaannya tersebut sah. Namun, pihak jaksa, Robert Callahan, menolak pembelaan tersebut karena menganggap pembelaan tersebut tidak didampingi oleh bukti yang kuat.

Kasus ini benar-benar menjadi perhatian publik dan menjadi berita utama di media massa. Setelah 15 jam melakukan deliberasi, para juri akhirnya memutuskan Johnson didakwa dengan pasal pembunuhan tingkat pertama dan dihukum selama 20 tahun. Lima tahun kemudian, dia dibebaskan dari penjara. Pembebasan lebih awal ini berkat perilaku yang baik.

Cerita Arne Johnson di The Conjuring 3

Satu hal yang tidak ada dalam peristiwa yang sebenarnya adalah dalam kasus ini, tidak ada kelompok pemuja setan atau pemuja iblis yang terlibat, dan memerintahkankannya untuk membunuh seseorang. Bagian tersebut merupakan karangan yang memang sengaja dibuat untuk film The Conjuring 3. Sama sekali tidak ada kaitannya dengan peristiwa yang sebenarnya.

Selama Arne Johnson dipenjara pun, tidak ada upaya untuk melakukan bunuh diri seperti yang diperlihatkan di filmnya. Semuanya berjalan dengan normal, dimana Arne menjalani hari-harinya sebagai tahanan. Filmnya juga merubah hubungan antara Arne dan Bono.  Banyak yang mengklaim bahwa keduanya merupakan teman, sebelum kemudian Johnson membunuhnya.

Inilah alasan mengapa mereka makan siang bersama di hari pembunuhan. Polisi sendiri berargmen bahwa keduanya bersitegang karena Johnson cemburu terhadap kedekatan Debbie dan Bono.  Sayangnya filmnya sendiri tidak memperlihatkan lebih banyak cerita dari sudut pandang Bono (yang di film dirubah namanya menjadi Bruno Sauls).

Apa Yang Terjadi Terhadap Arne Johnson Setelahnya

The Conjuring 3 lebih berfokus terhadap proses persidangan dari Arne Johnson dibandingkan berfokus pada The Occultist. Johnson dan David sendiri ters bersama, dan bahkan mereka menikah saat Johnson masih dipenjara. Tidak ada informasi jelas dan pasti tentang apa yang terjadi kepada Arne Johnson setelah dia dibebaskan. Arne Johnson sendiri tidak banyak bercerita mengenai kehidupan pribadinya.

Namun, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Lorrain Warren, Johnson sendiri mendapatkan sebuah pekerjaan setelah dia keluar dari penjara dan kemudian dia kembali menjalani hidupnya seperti biasa dengan dikelilingi keluarga. Usianya sendiri 24 tahun ketika dia bebas dari penjara di tahun 1986. Yang menarik juga adalah dia mendapatkan gelar diploma ketika dia di balik jeruji besi.

Setelah bebas, Johnson pindah bersama Debbie dan orang tuanya. Keduanya kemudian melahirkan dua anak, meskipun Debbie sendiri meninggal dunia sebelum perilisan The Conjuring 3. Johnson sendiri jarang membicarakan hal yang terjadi kepadanya di luar persidangan. Dia dan Debbue merupakan dua orang yang berada di pihak Warren terkait masalah kerasukan dan tetap yakin bahwa setan atau iblislah yang menyuruh Jones membunuh Bono.