Sejak memulai debutnya pada tahun 1998 dengan film Following, Christopher Nolan terus membuktikan dirinya sebagai salah satu sutradara terbaik dengan banyak karyanya. termasuk film thriller Memento, Insomnia, sampai akhirnya mengarahkan waralaba Batman dengan trilogi Dark Knight yang sangat terkenal. Setelah banyak filmnya yang sukses, sepertinya tidak mungkin ada yang menolak idenya dalam membuat film. Tertapi ternyata, sekelas Nolan pun pernah menagalami penolakan ide. Berikut adalah film-film Christopher Nolan yang batal dibuat.

Biografi Howard Hughes

Salah satu film yang tidak jadi dibuat Nolan adalan film biografi Howard Hughes. Nolan pernah mengatakan kepada The Daily Beast bahwa dia pernah menulis naskah biografi Howard Hughes setelah dia membuat Insomnia.Nolan juga menambahkan bahwa naskah tersebut merupakan naskah terbaiknya. Rencananya, film tersebut akan dibintangi oleh Jim Carrey, dan filmnya akan menceritakan akhir hidup Hughes yang dilanda gangguan obsesif-kompulsif.

Namun, setelah biografi Hughes karya Martin Scorsese rilis pada tahun 2004 dengan judul The Aviator, Nolan menyerah dengan karyanya tersebut dan mengintegrasikan Hughes ke dalam karakter Bruce Wayne dalam trilogi Dark Knight-nya yang terkenal.

The Key to the Street

Setelah film biografi Hughes dihapus, Nolan berencana untuk mengadaptasi novel The Keys to the Street karya Ruth Rendell. Film tersebut rencananya akan dibintangi oleh Gemma Arterton dan menceritakan kehidupan Mary Jago, seorang wanita London yang terlibat dalam serangkaian pembunuhan mengerikan di Regent’s Park pada tahun 1665. Kepada Collider Nolan mengatakan alasan film tersebut batal karena dia merasa The Keys to the Street-nya terlalu mirip dengan film-filmnya sebelumnya.

The Prisoners

Nolan pernah berencana mengarahkan film The Prisoners, mengadaptasi tayangan TV Inggris pada tahun 60-an yang dinilai sebagai karya artistik terbaik. Tayangan tersebut menceritakan mata-mata yang diculik dan ditahan di desa pesisir laut yang misterius. Walaupun Nolan pada akhirnya meninggalkan proyek ini, ‘rasa’ yang sama bisa kita rasakan di Inception dan Tenet. Kedua film suksesnya tersebut berkonsep cerdas, penuh kejutan dan plot twist. Dalam banyak hal, The Prisoner sebenarnya bisa dianggap sebagai nenek moyang dari seluruh karya Christopher Nolan saat ini.