Rokushiki atau yang juga dikenal sebagai Six Powers, adalah kemampuan khusus yang hanya dapat digunakan oleh sebagian kecil karakter di One Piece. Kekuatan ini sangat sulit untuk dipelajari dan karenanya membutuhkan pelatihan yang ekstra untuk dapat menguasainya.

Karakter yang mampu menggunakan Rokushiki tentunya bukan manusia biasa, karena mereka dapat menggunakan kemampuan super seperti terbang, mengeraskan tubuh seperti besi, bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan kekuatan super lainnya. Para anggota dari unit intelijen, CP-9, dikenal memiliki kemampuan Rokushiki alias Six Powers. Namun ada karakter lain di dunia One Piece yang dapat memanfaatkan kemampuan tersebut.

Tashigi

Tashigi adalah kapten angkatan laut yang bertugas di bawah perintah wakil laksamana Smoker. Tashigi sangat ahli dengan pedang dan ia pernah mengalahkan begitu banyak ahli pedang dalam seri One Piece. Selain memiliki keterampilan dalam menggunakan pedang, Tashigi juga dikenal memiliki kemampuan Observation dan Armament Haki, yang digunakannya untuk melawan dan mengalahkan Monet di Punk Hazzard. Selain itu, Tashigi juga memiliki kemampuan Rokushiki. Namun belum disebutkan teknik dasar Rokushiki apa yang ia miliki.

Koby

Kapten angkatan laut lainnya dalam list ini adalah Koby. Selama time skip terjadi, Koby naik pangkat dari officer, menjadi captain. Dia juga memiliki kemampuan Observation Haki yang pernah diperlihatkan dalam arc Reverie. Bahkan dalam arc tersebut, Koby berhasil menggabungkan Haki dengan kemampuan Rokushiki untuk menghentikan torpedo dengan cukup mudah. Berkat bimbingan Garp, Koby sepertinya berhasil menguasai keenam teknik dasar dari Rokushiki, yang membuatnya menjadi musuh yang kuat bagi bajak laut.

Sanji

Sanji adalah juru masak di bajak laut Topi Jerami dan Sanji termasuk di antara karakter terkuat di kru Topi Jerami. Sanji adalah seorang ahli bela diri yang terkenal dengan gaya Blackleg style. Selama pelatihannya di pulau Momoiro saat time skip terjadi, Sanji berhasil mempelajari kemampuan untuk menggunakan teknik dasar Rokushiki yaitu Geppo. Teknik tersebut mungkin lebih dikenal sebagai Sky Walk. Namun, ada yang menarik bahwa Sanji juga dapat menggunakan kemampuan tersebut di bawah air, yang dikenal sebagai Blue Walk. Sanji juga mampu menggunakan teknik yang mirip Soru, seperti yang terlihat ketika dia menendang Charlotte Oven di pulau Cacao.

Charlotte Decuplets

Para Charlotte Decuplets laki-laki adalah anak ke 36 – 40 dari Big Mom. Itu berarti Decuplets merupakan adik-adik dari Yuen. Decuplets juga merupakan anggota dari kru bajak laut Big Mom. Tiga dari Decuplets laki-laki terlihat mampu menggunakan salah satu dari enam teknik dasar Rokushiki yaitu Geppo. Teknik Geppo sendiri pernah diperlihatkan sekali dalam arc Whole Cake Island. Besar kemungkinan jika Decuplets lainnya juga memiliki keterampilan serupa, namun hal itu masih belum dikonfirmasi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.