Dikenal sebagai seorang klan Uchiha yang legendaris, Uchiha Sasuke merupakan sosok ninja yang sangat kuat yang selalu mendukung Hokage ketujuh, Uzumaki Naruto, untuk melindungi desa Konoha. Misi Sasuke untuk balas dendam sempat membawa Sasuke pada jalan kegelapan, dan membuatnya menjadi jahat. Selain itu, Sasuke juga mendapatkan tambahan kekuatan yang sekarang dia gunakan untuk kebaikan.

Ketika dewasa, Sasuke kemudian diketahui menjadi satu-satunya shinobi di dunia tersebut yang mampu mengimbangi Naruto dalam pertarungan. Sayangnya, kedua karakter tersebut harus kehilangan kekuatan terbesar mereka setelah bertarung melawan Isshiki Otsutsuki. Sasuke sendiri harus kehilangan Rinnegan miliknya. Meskipun begitu, Sasuke masih memiliki banyak sekali kekuatan yang bisa dia gunakan. Apa saja?

Menirukan Berbagai Jutsu

Sasuke merupakan pengguna dari Doujutsu Sharingan dan meskipun dia harus kehilangan mata sebelah kirinya, mata bagian kanannya masih memiliki kemampuan Sharingan. Dan seperti yang kita ketahui, salah satu kekuatan Sharingan adalah mampu menirukan berbagai jenis jutsu. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Hatake Kakashi, yang dikenal sebagai ninja peniru. Ini bisa digunakan oleh Sasuke untuk mengimbangi kekuatan musuh.

Menggunakan Genjutsu Kuat

Sasuke juga merupakan pengguna Genjutsu yang sangat kuat dan meskipun Genjutsu terkuatnya dilakukan dengan mengakses Rinnegan, bukan berarti dia tidak bisa mengakses Genjutsu kuat lainnya. Sasuke sendiri sudah memiliki banyak pengalaman. Pengendalian kekuatan dalam dirinya tidak perlu diragukan lagi. Mampu menaklukan monster berekor menjadi bukti bagaimana Genjutsu Sasuke sangat luar biasa.

Melacak Pergerakan Musuh

Selain mampu menirukan jutsu milik orang lain, Sharingan juga mampu membaca pergerakan musuh, bahkan ketika orang lain tidak mampu melakukannya. Dalam pertarungan melawan Jigen, Sasuke mampu untuk tetap melacak pergerakan dan keberadaan Jigen bahkan ketika Naruto merasa kesulitan menghadapinya. Meskipun kehilangan Rinnegan pasti akan mengurangi kekuatannya secara drastis, namun Sasuke tentu masih bisa melakukannya dalam level tertentu.

Melihat Sistem Chakra Musuh

Sharingan merupakan salah satu doujutsu kuat selain Byakugan, dan memiliki kemampuan yang hampir mirip. Salah satunya adalah melihat aliran dan titik chakra di tubuh musuh. Memang, jika dibandingkan dengan Byakugan level Sharingan tidaklah sedetail Byakugan. Namun, setidaknya kekuatan Sharingan masih cukup untuk melihat apakah chakra penggunanya terganggu atau jika seseorang sedang berada dalam pengaruh Genjutsu. Mengingat misi yang mereka hadapi sangat berbahaya, teknik ini tentu akan berguna.

Menggunakan Teknik Api

Sasuke membangkitkan Mangekyo Sharingan di kedua matanya dalam seri Naruto. Meskipun mata kirinya tidak bisa lagi menggunakan kekuatan tersebut, tetapi mata kanannya masih bisa melakukannya. Mata kanan Sasuke memberikannya kemampuan untuk bisa memunculkan api hitam (Amaterasu). Meskipun sering kali Sasuke diperlihatkan menggunakan mata kirinya untuk menggunakan teknik tersebut, namun beberapa kali Sasuke juga diperlihatkan menggunakan mata kanannya dalam pengendalian api.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.