Sudah jadi rahasia umum bahwa manga dan anime memiliki keunikannya masing-masing, terutama ketika membahas sebuah cerita yang sama dari sebuah judul. Terkadang, versi manga memberikan cerita yang lebih detail dan mendalam jika dibandingkan dengan versi animenya. Namun, di sisi lain, versi anime juga terkadang bisa saja mengungkapkan hal lebih banyak dibanding versi manga.

Dan hal ini sendiri terjadi dalam cerita One Piece. Seperti yang sudah kita tahu bahwa Shanks merupakan sosok yang sangat misterius. Meskipun dia adalah karakter penting, namun Shanks sangat jarang sekali muncul dalam cerita. Karena hal inilah kita belum mengetahui mengenai asal-usulnya, dan juga seberapa kuat sebenarnya sosok Shanks.

Kita juga masih belum mengetahui apakah Shanks memiliki kekuatan buah iblis, meskipun di episode 0 diperlihatkan bahwa Shanks hendak memakan buah iblis Gomu Gomu yang sekarang menjadi milik Luffy. Berkaitan dengan hal ini, terdapat sebuah spekulasi menarik mengenai Shanks yang mewarisi buah iblis milik Kozuki Toki yaitu Toki Toki no Mi. Bagaimana kemudian Shanks bisa mewarisi kekuatan buah iblis tersebut?

Dalam pembuka anime One Piece yang ke 22, OVER THE TOP, Kyoshiro diperlihatkan sebagai salah satu dari Red Scabbards. Berdasarkan dari reaksi tentang peristiwa di Alabasta, banyak yang berspekulasi bahwa Nefertari Cobra mungkin sudah tewas dibunuh. Dalam versi animenya, kematian Toki diperlihatkan lebih jelas dibandingkan versi manganya.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Hal tersebut memperkecil kemungkinan teori bahwa dia melompati waktu pada masa terakhirnya, dan kondisinya saat ini Toki masih hidup. Jika memang begitu, artinya Kozuki Toki saat ini sudah tewas. Dan jika memang Toki sudah tewas, apa yang terjadi terhadap buah iblis miliknya? Sejauh ini kita sudah melihat ada dua buah iblis dari era Kozuki Oden yang kembali muncul di era sekarang.

Pertama adalah Mane Mane no Mi, yang dahulu dimiliki oleh Kurozumi Higurashi. Kedua adalah Bari Bari no Mi yang dahulu dimiliki oleh Kurozumi Semimaru. Setelah keduanya tewas, buah iblis tersebut kemudian menjadi milik seseorang di luar Wano. Mane Mane no Mi menjadi milik Bon Clay dan Bari Bari no Mi menjadi milik Bartolomeo. Sampai sekarang Oda Sensei masih belum menjelaskan bagaimana kemudian kedua buah iblis tersebut bisa jatuh ke tangan kedua karakter tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, dan juga fakta bahwa kita belum melihat lagi penggunaan kekuatan Toki Toki no Mi pada masa sekarang, artinya ada seseorang selain Kozuki Toki yang memiliki buah iblis tersebut. Bisa jadi ada sosok lainnya yang belum diperkenalkan yang memakan buah iblis tersebut. Namun, bisa jadi juga ada karakter populer yang memakan buah iblisnya.

Siapa kira-kira karakter yang pantas untuk bisa memiliki kekuatan waktu tersebut? Spekulasinya sendiri mengatakan bahwa Shanks adalah sosok yang dimaksud. Sudah sejak lama para fans berspekulasi bahwa Shanks memiliki kekuatan yang bisa memengaruhi ruang dan waktu. Pasalnya, Shanks selalu muncul di saat-saat krusial yang sering kali memunculkan pertanyaan besar bagaimana Shanks melakukannya.

Misalnya, saat perang Marineford semua orang terkejut bagaimana Shanks bisa muncul di sana dalam waktu 1-2 hari saja. Padahal, sebelumnya dia bertarung melawan Kaido di New World. Kemudian momen ketika dia berada di wilayah Mary Geoise dan bertemu dengan para Gorosei. Dan terakhir adalah spekulasi bahwa Shanks merupakan ayah dari anak yang dilahirkan Makino di desa Fusha. Semua hal itu memunculkan dugaan bahwa Shanks memiliki kemampuan yang membuatnya bisa bepergian ke mana pun dengan sangat cepat. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Shanks memang memiliki kemampuan Toki Toki no Mi?