James Bond adalah karakter yang dibuat oleh Ian Fleming. Agen rahasia Inggris tersebut memulai debutnya di novel Casino Royale pada tahun 1953. Sejak saat itu Fleming terus melanjutkan petualangan James Bond selama kurang lebih sepuluh tahun. Setelah Fleming meninggal pada tahun 1964, beberapa penulis terus melanjutkan karyanya. Namun, judul novel dan cerita pendek Fleming tetap mempunyai tempat spesial di hati para penggemar setia James Bond. Petualangan agen rahasia Iggris tersebut mendapatkan adaptasinya ke film pada tahun 1962 dengan judul Dr. No yang dibintangi oleh Sean Connery.

Selama beberapa dekade, total dua puluh tiga film resmi diproduksi dan membuat waralaba James Bond menjadi salah satu yang paling sukses sepanjang masa. Selain Connery, banyak aktor yang telah memerankan James Bond, termasuk yang paling terbaru yaitu Daniel Craig. Craig memainkan reboot James Bond pada tahun 2006 dan berlanjut dengan empat sekuelnya, termasuk No Time To Die yang akan tayang pada akhir tahun ini dan menjadi film James Bond ke-24. Selain karakter James Bond, waralaba ini telah menampilkan banyak sekali penjahat ikonik yang harus Bond hadapi.

Menurut THR, Mark Strong mengungkapkan bahwa dia hampir berperan sebagai penjahat Bond di film 007 yang dibintangi Pierce Brosnan pada tahun 1990-an, tetapi dia gagal dalam audisinya. “Setelah menghafal dialognya, saya pergi merayakannya. Saya minum terlalu banyak sehingga besoknya saya masih sedikit mabuk. Ketika saya memulai audisinya, saya lupa dengan dialognya. Saya berkeringat, itu adalah pengalaman yang buruk. Tetapi saya belajar dari situ. Ironisnya, pria yang pergi minum-minum dengan saya adalah Daniel Craig. Jadi, saya menyalahkannya!”

Craig dan Strong terkenal setelah membintangi tayangan serial Inggris Our Friends in the North. Sejak saat itu mereka mulai bersahabat. Kejadian tersebut justru memperkuat hubungan mereka, karena kisah tersebut selalu membuat mereka tertawa ketika mengenangnya. Sekarang Craig justru melanjutkan cita-cita temannya dengan membintangi film No Time To Die yang akan rilis pada tanggal 30 September 2021.

Strong tidak menjelaskan peran penjahat mana yang tadinya akan dia perankan. Walaupun kecewa, Strong telah belajar dari pengalaman buruknya. Saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa Strong mempunyai pengalaman yang luar biasa. Dia sudah membintangi beberapa film besar sebagai penjahat maupun mata-mata. Mark Strong bisa saja menjadi penjahat di waralaba James Bond kedepannya, dan ada kemungkinan dia tidak perlu mengikuti audisi dengan pengalamannya yang sekarang.