Tidak semua orang di dunia One Piece bisa pergi ke Laugh Tale, pulau paling terakhir atau paling ujung di Grand Line. Ini adalah sebuah pulau yang menjadi tujuan para bajak laut di cerita ini. Kabarnya, di pulau Laugh Tale terdapat sebuah harta karun terbesar yang disebut One Piece. Inilah yang kemudian menjadi incaran semua orang, di mana mereka rela melakukan apapun demi bisa mendapatkannya.

Namun, sayangnya, kita masih belum mengetahui apa sebenarnya One Piece. Selain One Piece, Laugh Tale juga menyimpan banyak sekali Poneglypgh. Poneglyph tersebut berisi informasi penting, terutama mengenai rahasia dunia. Seperti yang diungkapkan oleh Whitebeard dan Doflamingo, rahasia dunia ini bisa mengguncang dunia. Sampai sejauh ini hanya ada beberapa orang saja yang mengetahui rahasia dunia tersebut. Siapa saja?

Gol D. Roger

Roger adalah sang raja bajak laut, orang yang berhasil mencapai pulau Laugh Tale berkat bantuan Kozuki Oden dan para suku Minks. Roger merupakan orang atau bajak laut pertama dalam 800 tahun terakhir yang berhasil pergi ke pulau paling ujung di Grand Line tersebut. Tapi, ketika Roger sampai di pulau itu dan menemukan harta karunnya dia hanya tertawa yang kemudian diikuti oleh seluruh krunya.

Masih belum diketahui apa yang ditertawakan oleh Roger, tapi yang pasti adalah dia sangat ingin berada di masa yang sama dengan Joy Boy. Yang menarik adalah karena reaksi pertama yang dilakukan oleh Roger setelah menemukan harta karun tersebut adalah tertawa, inilah yang kemudian menginspirasi nama dari pulau ini.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Crocus

Crocus adalah salah satu rekan dekat dari Roger yang sekaligus juga merupakan dokter di kapalnya. Yang menarik dari Crocus adalah dia bukanlah kru bajak laut Roger yang bergabung di awal petualangannya. Crocus baru bergabung dengan Roger saat usia Roger diketahui sudah tidak lama lagi, akibat penyakit misterius yang dia derita. Crocus ada disana untuk memastikan kesehatan Roger agar dia bisa mencapai pulau Laugh Tale.

Meskipun dia baru bergabung dengan kru Roger, Crocus juga termasuk salah satu yang ikut dan menginjakan kaki di pulau terakhir itu dan mengetahui tentang rahasia dunia yang tertulis di Poneglyph yang ada di sana. Crocus juga merupakan orang yang pertama kali ditemui oleh Luffy, yang memberikan petunjuk kepada Luffy tentang bagaimana mengarungi wilayah Grand Line. Crocus juga adalah orang yang melarang Buggy untuk ikut, akibat demam yang dideritanya.

Scopper Gaban

Scopper Gaban adalah salah satu orang kepercayaan dari Roger, selain Rayleigh. Dia ikut berlayar sampai ke pulau terakhir bersama kru Roger lainnya. Mempertimbangkan statusnya di kru tersebut, ada kemungkinan kalau Scopper Gaban termasuk salah satu kru awal yang bergabung dengan Roger. Sang kapten sendiri menggambarkan Scopper Gaban sebagai salah satu kru terbaiknya, yang bisa diartikan dia sangatlah kuat.

Saat pertarungan antara Roger dan Whitebeard terjadi di sebuah pulau, Gaban terlihat menggunakan dua buah kapak yang diyakini merupakan senjata andalannya. Ketika berada di pulau Laugh Tale, Gaban terlihat begitu terpesona dengan harta karun dan cerita yang terhampar di pulau itu. Scopper Gaban juga tentu membaca isi Poneglyph yang ada di pulau Laugh Tale dan mengetahui tentang rahasia dunia yang ada.

Silvers Rayleigh

Rasanya Geeks sudah tahu banyak tentang sosok Rayleigh, orang kepercayaan dari Roger. Dia juga adalah orang yang ikut pergi ke pulau Laugh Tale, melihat harta karun disana, dan membaca Poneglyph yang berisi tentang rahasia dunia. Sebenarnya hal ini sudah diketahui ketika Luffy ada di kepulauan Sabaody. Rayleigh sempat menceritakan tentang masa lalunya.

Ketika berada di bar milik Shakky, Rayleigh menuturkan kalau dia tahu semua cerita yang terjadi di masa lalu termasuk apa yang terjadi di abad yang hilang. Selain itu, dia juga merupakan salah satu orang yang tahu tentang arti nama D. Rayleigh sebenarnya mau menceritakan tentang rahasia dunia tersebut, tapi hal itu ditolak keras oleh Luffy.

Kozuki Oden

Sosok Kozuki Oden sempat menjadi karakter utama yang diceritakan dalam arc Wano. Oden muncul dalam momen flashbacknya. Sedari awal, Oden memang bercita-cita menjadi bajak laut. Sampai kemudian dia bertemu dengan Whitebeard yang menerimanya menjadi krunya. Namun, Roger juga tertarik dengan sosok Oden karena Oden bisa membaca Poneglyph, harta karun yang dibuat oleh keluarga Kozuki.

Sama seperti Crocus, Oden hanya bergabung dengan kru Roger selama satu sampai dua tahun saja. Oden membantu Roger menerjemahkan berbagai petunjuk yang ada di Poneglyph, yang menuntunnya menuju Laugh Tale. Setelah mencapai Laugh Tale dan ikut tertawa bersama Roger, Oden kemudian menulis semua petualangannya dalam buku harian. Tanpa adanya Kozuki Oden, mustahil Roger bisa pergi ke Laugh Tale, membaca Poneglyph di sana, dan mengetahui tentang rahasia dunia.

Kaido

One Piece: Kaido Deals Luffy a Crushing Blow, but His Victory Is HollowDi chapter 1014 kemarin terungkap bahwa Kaido mengenal sosok Joy Boy. Hal ini diperlihatkan ketika Kaido menjatuhkan Luffy dari atas Onigashima. Dia mengatakan bahwa Luffy bukanlah sosok Joy Boy. Yang menjadi poin pentingnya adalah Kaido merupakan orang pertama yang menyebut nama Joy Boy tanpa harus membaca Poneglyph. Ada kemungkinan Kaido sudah mengetahui tentang Joy Boy sejak dia masih bergabung di kelompok Rocks. Menurut Sengoku sendiri, Rocks mengetahui rahasia besar dunia, yang mana hal inilah yang membuat Rocks harus dihapus dari sejarah.

Whitebeard

Sebelum kematiannya, Roger sempat bertemu dengan Whitebeard di sebuah pulau  untuk minum sake bersama. Sepertinya dia ingin menikmati momen terakhirnya bersama dengan rivalnya. Roger sendiri kemudian menawarkan informasi penting kepada Roger tentang bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Dan ketika Whitebeard bertanya tentang tekad D, Roger pun menjelaskan kepada Roger.

Fresh Whitebeard vs Marineford Akainu and Blackbeard - Battles - Comic VineSebelum kematian Whitebeard, dia sempat mengatakan bahwa dunia akan terbalik dan terguncang ketika dunia mengetahui tentang rahasia dunia yang ada pulau Laugh Tale. Hal tersebut seolah memberikan kita petunjuk bahwa Whitebeard mengetahui tentang abad yang hilang dan juga tentang tekad D, yang selama ini menjadi misteri.

Shanks

One Piece Creator Teases Shanks Making His Move in 2021Sebenarnya, Shanks sudah tinggal satu langkah lagi untuk bisa pergi ke Laugh Tale saat dia masih menjadi kru Roger. Namun, dia memutuskan untuk menjaga Buggy yang sedang demam dan mengatakan dia akan pergi di lain waktu. Namun, faktanya, sampai saat ini Shanks sepertinya tidak berminat untuk pergi ke Laugh Tale. Roger sendiri menceritakan semua hal yang dia temui kepada Shanks, artinya Shanks mengetahui tentang rahasia dunia tersebut meskipun dia tidak pergi ke Laugh Tale, seperti halnya Whitebeard.

Rocks D. Xebec

Nama bajak laut Rocks D. Xebec baru muncul setelah babak kedua Wano ditutup. Rocks bukan nama yang sembarangan, karena baik pemerintah dunia dan angkatan laut pun sangat segan dengan nama ini. Saking mengerikannya, sejarah tentang Rocks dihapuskan dari sejarah dan sengaja ditutup-tutupi oleh mereka. Rocks juga merupakan kapten bajak laut yang ternyata memiliki anak buah yang mengerikan.

Beberapa diantaranya adalah Whitebeard, Kaido, Big Mom, juga Shiki dan beberapa nama besar lainnya. Saking mengerikannya sosok Rocks, dia harus dikalahkan dengan bantuan aliansi Monkey D. Garp dengan bajak laut Roger dalam insiden God Valley. Sengoku mengatakan bahwa Rocks mengetahui banyak hal, termasuk hal yang dianggap tabu oleh Pemerintah Dunia, seperti rahasia tentang abad yang hilang. Informasi inilah yang mungkin dibagikan kepada para krunya, dan inilah yang menjadi alasan mengapa Rocks dimusnahkan dari sejarah.

Gorosei

Gorosei adalah lima orang paling kuat di dunia One Piece, selain Im-Sama. Merekalah yang menjalankan pemerintahan dan dikenal sebagai sosok yang mengetahui tentang sejarah dunia. Sampai sejauh ini belum banyak hal yang diketahui tentang Gorosei. Satu hal yang kita ketahui dari Gorosei adalah mereka semua patuh terhadap perintah dari Im-Sama. Apakah mereka terlibat dalam rahasia tersebut? Apakah Gorosei mengetahui rahasia dunia dari Im-Sama?

Im-Sama

Im adalah salah satu karakter yang paling misterius dalam cerita One Piece. Dia adalah penguasa tertinggi di seluruh dunia One Piece, bahkan Gorosei pun masih merupakan “bawahan” dari Im. Dalam salah satu teori menyebutkan bahwa Im berasal dari era atau zaman yang sama dengan Joy Boy. Dia mungkin adalah salah satu atau satu-satunya orang yang selamat dari abad yang hilang. Sebagai sosok yang menguasai dunia, rasanya tidak heran jika Im-Sama mengetahui tentang rahasia dunia. Bahkan, mungkin Im-Sama adalah dalang dari semua peristiwa yang menjadi rahasia dunia.

Joy Boy

Joy Boy adalah orang yang pernah disebut dalam cerita beberapa kali. Sosok Joy Boy punya peran yang sangat besar terhadap apa yang terjadi di masa lalu. Seperti yang kita tahu, ketika berada di pulau manusia ikan terdapat sebuah Poneglyph yang berisi pesan permintaan maaf dari seseorang bernama Joy Boy yang tidak bisa memenuhi janjinya untuk membawa seluruh manusia ikan ke daratan.

Yang menarik adalah Roger ternyata bukanlah orang pertama yang menginjakan kaki di Laugh Tale, melainkan Joy Boy yang melakukannya sekitar 800 tahun yang lalu, saat abad yang hilang terjadi. One Piece sendiri diyakini merupakan milik dari Joy Boy, berdasarkan apa yang disebutkan oleh Roger. Karena hal inilah diyakini bahwa Joy Boy tahu tentang rahasia dunia terutama tentang abad yang hilang. Bahkan, mungkin dia juga terlibat di dalamnya, seperti halnya Im-Sama.