Black Panther merupakan salah satu pahlawan terbesar yang muncul di Marvel Cinematic Universe. Yang menarik, bagi penduduk Wakanda, Black Panther bukan hanya sekadar pahlawan. Dia adalah warisan yang sudah ada secara turun-temurun sejak Wakanda pertama kali muncul. Lalu, siapa sosok pertama menggunakan titel Black Panther dan menjadi pelindung bagi Wakanda?

Sebagai salah satu karakter lama di komiknya, para fans akhirnya senang bisa melihat Black Panther muncul di MCU pada 2016. Chadwick Boseman berperan sebagai T’Challa dan muncul di film Captain America: Civil War, dan kemudian muncul di film solonya yaitu Black Panther pada 2018. Film solo tersebut bukan hanya memberikan kesempatan bagi T’Challa sebagai karakter, tetapi juga mengeksplor asal-usul Black Panther.

Dalam adegan awal filmnya, para penonton sedikit diberikan pelajaran sejarah mengenai sosok Black Panther dan Wakanda, bagaimana wilayah tersebut bisa terbentuk akibat sebuah meteor berisi vibranium jatuh di bumi ribuan tahun yang lalu. Kemudian diperlihatkan sebuah animasi yang menunjukkan bahwa Black Panther adalah titel yang diturunkan dari masa ke masa oleh setiap pemimpin Wakanda.

Melihat Harta Raja T'Challa dalam Film Black PantherPada tahun 1992, di Oakland, sosok Black Panther muncul dan ternyata sosok di balik topengnya adalah T’Chaka yang merupakan ayah dari T’Challa. Namun, sosok pertama yang mengenakan kostum Black Panther dan mendapatkan titel tersebut adalah Bashenga. Dalam peperangan untuk menguasai Wakanda, seorang dewi yang dikenal sebagai Bast memilih Bashenga untuk menjadi Black Panther pertama.

Sang Panther God kemudian membimbingnya menembukan Heart-Shaped Herb atau tanaman berbentuk hati, yang akan memberikannya peningkatan kekuatan. Melalui kekuatan baru ini, Bashenga kemudian berubah menjadi sosok kuat dan kemudian menyatukan seluruh suku-suku yang berperang dan menjadi raja pertama Wakanda. Tidak diketahui berapa lama dia berkuasa sebagai raja Wakanda atau sebagai Black Panther.

Tombak vibranium miliknya kemudian menjadi harta karun Wakanda dan sebuah gunung pun menyematkan nama Bashenga sebagai namanya. Meskipun Bashenga adalah Black Panther pertama, namun MCU sepertinya akan menjadikan T’Challa sebagai yang terakhir. Di film Black Panther, diperlihatkan bagaimana Erik Killmonger membakar semua tanaman berbentuk hati.

Tanpa adanya tanaman spesial tersebut, tidak akan ada cara untuk bisa menjadi penerus T’Challa menjadi Black Panther. Namun, Wakanda adalah rumah bagi vibranium dan juga rumah bagi beberapa orang cerdas dengan teknologi canggih, yang mana bisa jadi tanaman tersebut kembali tumbuh dan kemudian sosok Black Panther baru pun akan muncul.

Jika pun tidak dengan menggunakan tanaman berbentuk Hati, Shuri mungkin akan mencari cara untuk bisa membangkitkan kembali kekuatan dari Black Panther dan memastikan bahwa sosok baru akan mengisi posisi kakaknya sebagai Black Panther dan pelindung Wakanda. Dengan meninggalnya Chadwick Boseman, banyak fans berharap bahwa Shuri yang meneruskan mantel sang kaka sebagai Black Panther seperti yang terjadi di komiknya. Namun, masih harus kita tunggu apakah Marvel Studios akan melakukan hal yang sama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.