Manusia Ikan merupakan salah satu ras yang ada di dalam serial One Piece. Keberadaan ras ini memicu kontroversi karena bagi manusia, mereka terkenal kejam dan licik. Beberapa Manusia Ikan memang kejam kepada manusia karena menurut mereka ras manusia juga lebih jahat dan licik, seperti menjadikan Manusia Ikan sebagai objek pertunjukan (seperti yang dilakukan oleh Tenryuubito), memanfaatkannya dengan cara yang tidak pantas, dan lain-lain.

Dari sedemikian banyak ras Manusia Ikan, nampaknya Hody Jones menjadi salah satu lawan yang membuat repot Luffy dan kawan-kawan, sebab Hody terkenal kejam dan kuat. Dia bahkan bisa mengumpulkan ratusan ribu pasukan dari ras Manusia Ikan hanya untuk menghabisi seluruh anggota Topi Jerami. Hody juga nekat melakukan apapun untuk mencapai tujuannya, meski itu harus mengorbankan kesehatan tubuhnya sendiri.

Hody juga terkenal sangat licik, dia juga sempat berhasil menggulingkan kekuasaan Neptunus selaku penguasa pulau Manusia Ikan. Ia berhasil melakukannya dengan memanfaatkan kesalahpahaman yang terjadi antara pihak kerajaan Manusia Ikan, dan kelompok Topi Jerami yang terjadi saat itu. Bahkan, Hody juga sempat menyandera ketiga anggota Topi Jerami, yaitu Brook, Usopp dan Zoro.

Sifat Hody yang nekat juga sempat akan membuat seluruh pulau Manusia Ikan musnah, termasuk hampir menghancurkan sebuah bahtera besar yang ada hubungannya dengan Joy Boy di masa lalu. Kekejaman Hody membuatnya menjadi lebih terkenal daripada Arlong, yang menjadi Manusia Ikan pertama yang menjadi musuh Luffy di masa lalu.

Meski pada akhirnya Hody kalah di tangan kelompok Topi Jerami, namun untuk mengalahkannya, Luffy dan kawan-kawan sangat bersusah payah. Bahkan Luffy memerlukan semua kekuatan yang dia miliki untuk melawan Hody dan juga beberapa anak buahnya tersebut. Sehingga, pertarungan melawan Hody dan antek-anteknya, menjadi pertarungan yang cukup menarik.

Hody dan Arlong memang jelas berbeda, Hody memiliki sifat yang sangat licik dan juga nekat dalam menjalankan rencananya. Dia bukan Manusia Ikan yang mementingkan kedudukan seperti Arlong, namun Hody ingin lebih dari itu. Kerakusannya akan kekuasaan membuat Hody menjadi Manusia Ikan yang paling mengerikan dalam serial One Piece.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.