Diperkenalkannya TVA ke MCU dalam seri Loki, mungkin akan mengubah cerita yang menyenangkan dari Captain America di film Avengers: Endgame. Di akhir filmnya, kita diperlihatkan bagaimana Steve Rogers memilih untuk tetap bersama Peggy Carter, mengembalikan apa yang sempat hilang dari kehidupannya. Dia kemudian kembali muncul sebagai kakek tua dan memberikan tamengnya kepada Sam Wilson.

Namun, apa yang dia lakukan tersebut bisa jadi menimbulkan kekacauan di timeline MCU, menjadi alasan mengapa TVA begitu panik dan berusaha mengembalikan semuanya seperti semula seperti yang diperlihatkan di trailer Loki. Hal ini bisa memberikan petunjuk bahwa Captain America adalah sumber masalah setelah kemunculannya di Endgame.

Rogers menolak untuk menjelaskan tentang kisah hidupnya kepada mantan rekannya dan filmnya juga tidak menjelaskan dengan jelas bagaimana kemudian Steve bisa memunculkan sebuah cabang baru di timeline dan kembali ke timeline utama. Berdasarkan dari penjelasan Ancient One, hal yang dilakukan Steve tidak akan terjadi tanpa adanya lompatan realita. Hal ini tidak akan bisa terjadi tanpa bantuan Tesseract dan Pym Particle.

Russo bersaudara sendiri sempat memberikan petunjuk mengenai hal ini, bahwa jawabannya ada di proyek MCU selanjutnya. Tetapi, hal ini kemungkinan tidak akan terjadi dengan kabar yang muncul bahwa Chris Evans memutuskan tidak lagi menjadi bagian dari MCU. Mungkin ada alasan lain mengapa Steve Roger tidak mau membeberkan masa lalunya. Hal ini dikarenakan Steve sebenarnya adalah seorang kriminal waktu.

Berdasarkan informasi yang ada mengenai seri Loki, Loki dikenai hukuman oleh Mobius karena kejahatan yang sudah dia lakukan, dengan membuat timeline baru di MCU setelah dia kabur dari tahun 2012 dengan membawa Tesseract. Hal ini juga sebenarnya bisa diungkapkan kepada para Avengers setelah apa yang mereka lakukan di film Endgame, yang sempat mengubah timeline yang ada meskipun hanya sementara.

Loki Teaser Shows God of Mischief on A Glorious MissionMengapa TVA tidak ikut campur dalam masalah ini masih harus kita tunggu alasannya. Namun, bisa kita asumsikan bahwa para Avengers berhasil mengembalikan Infinity Stones ke asalnya. Yang menjadi masalahnya kemudian, Captain America tidak menutup semua “lubang” lini masa yang ada. Thor melakukan hal yang sama dengan mencuri Mjolnir dari masa lalu, dan Steve sendiri kembali ke masa lalu untuk bisa hidup bersama Peggy.

Pada intinya, Loki seharusnya bukan menjadi satu-satunya orang yang berurusan dengan TVA. Captain America menjadi salah satu sosok lainnya, yang seharusnya berurusan dengan TVA, karena dia kembali ke masa lalu dan kembali lagi ke masa sekarang. Harus diakui, bahwa dengan penjelasan mengenai sistem kerja perjalanan waktu di MCU yang masih belum jelas ini, cukup membingungkan para fans. Apakah Marvel Studios akan memberikan penjelasan lebih rinci mengenai hal ini? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya.