Anakin Skywalker merupakan salah satu karakter ikonik di Star Wars. Setelah beralih ke dark side, Anakin selalu menggunakan kostum Darth Vadernya. Sejak mengenakan kostum tersebut, Anakin tidak pernah lagi memperlihatkan wajahnya. Star Wars menunjukkan bahwa kostum yang Anakin kenakan sangat penting untuk menopang kelangsungan hidupnya, tetapi pertanyaannya adalah berapa lama Anakin dapat bertahan tanpa kostum Darth Vader?

Setelah Obi-Wan mengetahui tindakan mengerikan yang dilakukan Anakin, Obi-Wan lantas menghadapi mantan Padawannya tersebut. Keduanya terlibat dalam pertempuran lightsaber yang berakhir dengan Obi-Wan yang berhasil melukai kaki dan lengan kiri Anakin. Setelah Palpatine alias Darth Sidious menemukan Anakin yang hampir mati, Palpatine lantas membawanya ke Coruscant untuk membuat kostum yang akan menopang kehidupannya.

Walau kostum tersebut digunakan sebagai identitas Darth Vader dan untuk mengintimidasi musuhnya, tetapi dalam trilogi prekuel dijelaskan bahwa kostumnya digunakan untuk melindungi tubuh Anakin yang hangus terbakar dan rapuh. Selama bertahun-tahun berada dalam kostum tersebut, Anakin tidak bisa keluar dari kostumnya terlalu lama. Ketika Anakin berada di luar kostumnya, maka ia akan merasakan kesakitan. Jadi kehidupan Anakin sangat tergantung dengan kostumnya.

Seperti yang tercantum dalam Wookieepedia, desain kostum Darth Vader mengikuti tradisi kuno Sith. Dalam tradisi kuno tersebut, setiap Sith akan menghiasi diri mereka sendiri dengan sebuah armor. Karena lukanya sangat parah, Anakin awalnya sangat memerlukan armor tersebut. Tetapi lama kelamaan, Anakin menemukan cara-cara agar tidak terlalu bergantung pada armornya. Namun walau Anakin sudah mencoba untuk tidak selalu bergantung pada kostumnya, tetapi Anakin memang mustahil untuk hidup tanpa kostumnya.

Anakin bahkan sempat membuat sebuah ruangan bertekanan khusus yang dibangun dalam kapalnya sehingga dia bisa melepaskan topeng dan kostumnya dalam waktu yang sedikit lebih lama. Di awal kehidupannya, Anakin memang digambarkan sebagai seorang pemuda optimis yang penuh dengan harapan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan ibunya. Ia bahkan jatuh cinta pada seorang ratu Padme. Tapi cinta mendalam itulah yang pada akhirnya membuat Anakin jatuh ke dalam sisi gelap, hingga akhirnya ia menjadi Darth Vader dan berakhir tragis.