Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa Superman sulit untuk dikalahkan. Oleh sebab itulah ia menjadi salah satu karakter yang disegani di DC Universe. Superman alias Kal-El memang memiliki kekuatan yang hampir membuatnya tidak bisa dihentikan. Walaupun Superman kuat, tetapi bukan berarti bahwa ia tidak memiliki kelemahan. Selama ini, Superman memiliki kelemahan terhadap batu yang sangat langka yaitu Kryptonite.

Karena sangat langka, Kryptonite sangat sulit untuk didapatkan. Tetapi ada dua orang di DC Universe yang mampu mencari keberadaan batu tersebut yaitu Lex Luthor dan Batman. Keduanya bahkan berhasil memiliki Krytonite. Tetapi Geeks, selain Kryptonite, Superman juga memiliki satu kelemahan lain yaitu sihir. Justru malah sihirlah yang paling membuat Superman tidak berdaya, dibandingkan Kryptonite.

Kelemahannya akan sihir memang jarang diceritakan sehingga banyak penggemar yang tidak tahu dengan kelemahan Superman yang satu ini. Itulah mengapa Superman pernah hampir kalah melawan Shazam, sebelum Superman bisa mengalahkannya dengan menutup mulut Billy Batson saat dia akan berubah. Dalam komik Lois Lane karya Greg Rucka serta Justice League yang ditulis oleh Robert Venditi, terungkap bahwa kekuatan sihir bisa menjadi kelemahan yang berbahaya bagi Superman.

Dalam Lois Lane #10, kelemahan Superman akan sihir sempat dijadikan sebuah referensi lelucon. Ketika Superman mengetahui bahwa Lois Lane menjadi incaran bagi seorang pembunuh dengan kekuatan sihir, Superman mencoba untuk mengecek keberadaan Lois di rumahnya. Tapi, sebelum Superman pergi menemui Lois, Bruce Wayne sempat mengatakan kepada Superman bahwa dalam kasus yang melibatkan sihir, Superman tidak akan bisa berbuat banyak.

Nah dalam komik Justice League #44, kelemahan Superman diceritakan lebih serius. Ketika itu, Superman dan para anggota Justice League harus menghadapi ancaman baru yaitu makhluk makhluk magis dan kuno yang tiba-tiba muncul. Batman berhasil mengalahkan salah satu makhluk tersebut, sedangkan pasukan Amazon berhasil membawa masuk makhluk-makhluk tersebut kembali ke Tartarus.

Namun, usaha mereka semua gagal karena salah satu makhluk mengerikan berhasil membebaskan para makhluk mitologi lainnya dari kurungannya. Akhirnya mereka pun menyerang para anggota Justice League lainnya. Parahnya, Superman tidak bisa berkutik dan hanya melihat apa yang sedang terjadi, ketika Green Lantern, Aquaman, dan Wonder Woman dikendalikan oleh kekuatan sihir.

Ternyata Superman juga pada akhirnya berhasil dipengaruhi oleh sosok misterius yang bernama the Spectre. Di akhir ceritanya, diperlihatkan Superman yang berada dibawah pengaruh Spectre bersiap menghabisi rekan-rekan Justice League. Superman mungkin sosok yang paling kuat di DC Universe, tapi dia rapuh jika harus menghadapi kekuatan sihir. Mungkin para villain yang berencana untuk menghabisi Superman, bisa menyewa jasa monster yang memiliki kekuatan sihir seperti yang dilakukan oleh Spectre, dibandingkan harus mencari keberadaan Kryptonite yang sangat sulit ditemukan.

Avatar
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.