Dalam cerita di franchise Naruto, ninjutsu merupakan teknik yang banyak dikuasai oleh para shinobi. Hampir semua shinobi bisa melakukan berbagai teknik ninjutsu, meskipun ada juga sebagian dari mereka yang tidak bisa melakukannya seperti Rock Lee atau Might Guy. Dalam ninjutsu, ada banyak sekali teknik atau jurus yang bisa digunakan salah satunya adalah Chidori.

Chidori merupakan teknik yang pertama kali diperkenalkan di seri Naruto. Teknik ini digunakan oleh Hatake Kakashi, sebelum kemudian teknik ini diajarkan kepada Uchiha Sasuke. Chidori sendiri adalah sebuah ninjutsu yang memusatkan aliran chakra petir atau Raiton, dan kemudian aliran chakra petir tersebut disalurkan ke bagian telapak tangan dari penggunanya.

Dengan mengumpulkan kekuatan petir tersebut, akan muncul sebuah ledakan yang besar disertai oleh suara burung. Karena itulah teknik ini disebut sebagai ‘Chidori’ atau ribuan burung. Teknik ini dikembangkan sendiri oleh Kakashi, karena dia gagal menguasai teknik Rasengan. Karena itulah Chidori sering kali dianggap sebagai “rival” dari Rasengan. Sasuke, Kakashi, dan Sarada adalah karakter yang diketahui pernah menggunakan teknik ini.

Kakashi's RaikiriTapi, ternyata ada juga jutsu lainnya yang mirip dengan Chidori yaitu Raikiri. Dengan kemiripan tersebut, sering kali para fans kebingungan dalam membedakannya. Lantas, apa sebenarnya yang membedakan Raikiri dan Chidori? Sebenarnya, secara garis besar, tidak ada perbedaan antara Raikiri dan Chidori. Kedua jutsu ini sama-sama merupakan bagian dari Raiton atau aliran chakra listrik.

Namun, sebagian fans merasa bahwa Raikiri jauh lebih baik dan kuat dari Chidori, yang mana memang tidak salah. Secara teknis memang Raikiri adalah sebutan lain dari Chidori yang diguanakan oleh Kakashi. Tetapi, ada penjelasan lain mengapa kemudian teknik tersebut dinamakan Raikiri. Sesuai namanya yang berarti ‘lightning blade’ atau pisau/pedang pemotong petir, Raikiri diperlihatkan bisa menembus atau menghancurkan targetnya dengan cepat.

🔽 TOP des Chidori du - au + puissants ! (SPOIL) | Naruto & Boruto FR AminoNama ‘Raikiri’ sendiri diyakini muncul pertama kali setelah Might Guy melihat Kakashi yang bisa memotong petir, dalam salah satu episode filler di animenya. Saat Kakashi menggunakan teknik ini, tangan dari Kakashi terlihat membentuk seperti sebuah pisau, jika dibandingkan dengan teknik Chidori yang berfokus pada mengumpulkan aliran chakra listrik di bagian telapak tangan.

Jadi, kesimpulannya adalah secara teknis Raikiri adalah “nama lain” dari Chidori. Namun, ada beberapa perbedaan detail dari Raikiri dan Chidori, seperti bagaimana bentuk tangan penggunanya (Kakashi) saat menggunakan teknik ini. Dengan kemunculan Sarada dalam seri Boruto, mudah-mudahan saja Masashi Kishimoto bisa memberikan penjelasan yang lebih jelas dalam membedakan Chidori dan Raikiri di masa yang akan datang.