Film sekuel dari A Quiet Place, yaitu A Quiet Place 2, akhirnya memberikan gambaran yang jauh lebih jelas mengenai asal-usul dari monster mengerikan yang muncul dan meneror bumi di filmnya. Filmnya sendiri dikerjakan kembali oleh John Krasinki, dan masih akan memperlihatkan kelanjutan cerita dari keluarga Abott. Mereka selamat berkat kemampuan dalam berkomunikasi dalam bahasa isyarat.

Sosok monster yang muncul di film A Quiet Place sangat mirip dengan monster yang muncul di franchise Alien. Hal ini dikarenakan, menurut John Krasinki, dia memang terinspirasi dari monster di franchise tersebut. Monster di film A Quiet Place tidak memiliki mata, namun mereka sangat sensitif terhadap suara. Meskipun begitu ada berbagai kelemahan juga yang diperlihatkan dari monster tersebut. Berikut adalah penjelasan mengenai asal-usul dari monster tersebut

Para Monster Tersebut Terkonfirmasi Adalah Alien

Para monster mengerikan yang di franchise A Quiet Place sangat mirip dengan monster di franchise alien atau Demogorgon dalam seri Stranger Things. Namun, tidak dijelaskan secara lengkap apa sebenarnya makhluk tersebut. A Quiet Place 2 pada akhirnya mengkonfirmasi bahwa mereka adalah alien. Sebenarnya, petunjuk mengenai hal tersebut sempat muncul di film pertama, melalu kliping koran yang dikumpulkan oleh Lee.

Dalam kliping tersebut dijelaskan bahwa meteor sempat menimpa bumi, namun tidak dijelaskan secara spesifik bahwa meteor tersebut menjadi cara bagi para monster tersebut tiba di bumi. Dalam sebuah momen flashback yang muncul di film sekuelnya, akhirnya dikonfirmasi bahwa mereka adalah alien. Siaran TV di sebuah toko menyebutkan tentang adanya berita meteor misterius yang jatuh di negara lain.

Para penduduk New England kemudian berpikir bahwa tidak akan terjadi apa-apa mengingat wilayah mereka jauh dari lokasi jatuhnya meteor. Kemudian, permainan baseball dari anak Emmet dan Lee harus terganggu ketika semua penonton melihat ada meteor yang jatuh. Para penduduk pun mulai panik, dan ternyata dari meteor tersebut muncul makhluk mengerikan yang menyerang dan membunuh penduduk kota.

Sayangnya, di film A Quiet Place 2 tidak dijelaskan dari planet mana mereka berasal. Namun, sepertinya di planet asal mereka tidak terdapat air yang dalam. Hal ini diketahui dari salah satu kelemahan mereka, yaitu berenang. Ketika Regan dan Emmet diserang, satu-satunya cara untuk bisa kabur adalah dengan menyelam ke air.

Petunjuk Tentang Monster di A Quiet Place 1

Seperti yang dijelaskan di atas, petunjuk paling jelas tentang para monster tersebut di A Quiet Place adalah kliping koran tentang jatuhnya meteor di wilayah Meksiko, dan memberikan petunjuk bahwa monster mengerikan itu berasal dari planet lain dan bukan berasal dari bumi atau hasil eksperimen yang berjalan gagal. Terdapat juga sebuah judul di kliping koran tersebut yang tertulis, “Alien Invasion,” atau invasi alien.

Namun, sepertinya itu hanyalah sebuah tebakan saja dari pihak surat kabar, dan bukan sebuah konfirmasi. Petunjuk lainnya adalah obsesi anak termuda Lee terhadap kapal roket dan kabur dari kekacauan yang ada dengan pergi ke luar angkasa. Kedua peutnjuk tersebut mengindikasikan tentang adanya koneksi dengan dunia luar atau perjalanan ke luar angkasa.

Cerita Alien Adalah Plot Hole?

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak sekali film sekuel ketika mereka harus menghadirkan lebih banyak informasi mengenai kejadian yang terjadi sebelumnya atau asal-usul dari sebuah situasi, film-film tersebut berusaha untuk menyesuaikan berbagai detail yang ada agar bisa sesuai dengan hal baru tersebut. A Quiet Place 2 melakukan hal tersebut, namun justru hal itu dianggap berbeda dan tidak masuk akal dengan petunjuk awal yang dikumpulkan Lee di film pertama.

Contohnya, kliping koran Lee menyebutkan bahwa meteor pertama yang membawa para alien tersebut jatuh di wilayah meksiko. Jika memang meteor tersebut jatuh di wilayah meksiko, maka meteor tersebut tidak akan terlihat dengan jelas seperti kota New England.  Bahkan, para alien bisa muncul begitu cepat, tidak lama setelah meteornya jatuh yang mana hal itu memberikan petunjuk bahwa meteor yang jatuh di New England berbeda dengan meteor yang jatuh di Meksiko.

Plot hole lainnya yang berkaitan dengan kedatangan alien ke bumi adalah meteor yang jatuh dan membawa mereka sangatlah besar ukurannya. Logikanya, semakin besar ukuran meteor yang jatuh ke bumi, maka dampak kehancuran yang akan diterima area di sekitarnya akan semakin besar. Wilayah New England kemungkinan akan hancur dalam waktu singkat. Namun, sepertinya dampak yang muncul di ceritanya tidak sebesar yang seharusnya.

Di film pertama, di papan tulis milik Lee terdapat kota dan juga waktu dari jatuhnya meteor seperti “Bogota 19:52, Moscow 19:54, and Boston 19:58.” Ini menjadi plot hole lainnya karena tidak mungkin surat kabar akan mampu menghadirkan berita yang terjadi di Meksiko atau Singapura. A Quiet Place 2 menjelaskan bahwa para penduduk Amerika tidak tahu tentang para alien atau meteor yang jatuh, sampai mereka melihat siaran berita di TV dan melihat langsung meteor tersebut jatuh.

Jadi, berita di surat kabar tentang jatuhnya meteor di berbagai negara di seluruh dunia tidak akan bisa dicetak dan disebar luaskan, karena mereka tidak memiliki waktu untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan kekacauan sudah terjadi beberapa saat setelah meteor tersebut jatuh. Dan surat kabar membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk dibuat.