Superman adalah salah satu pahlawan super paling ikonik dan kisahnya selalu dikenang sepanjang masa. Pahlawan asal DC Comics ini memang telah lama memiliki julukan Man of Steel. Bahkan julukan tersebut diberikan kepada Superman sejak debutnya lebih dari 80 tahun lalu. Tapi apa yang akhirnya menginspirasi orang-orang untuk memberikan julukan tersebut?

Superman memulai debutnya di komik Action Comics # 1 yang dibuat oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster pada tahun 1938. Dalam komik berisi 13 halaman tersebut, kita diceritakan tentang asal-usul Superman. Terungkap bahwa Superman dikirim dari planet yang hancur ke Bumi saat ia masih kecil. Sejak itulah Superman mulai tumbuh dewasa, hingga pada akhirnya ia bekerja di sebuah surat kabar terkenal dan bertemu Lois Lane.

Kemudian dalam Action Comics # 6 yang kembali dibuat Siegel dan Shuster,┬áSuperman untuk pertama kalinya dijuluki dengan nama Man of Steel. Dalam komik tersebut, aksi yang dilakukan oleh Superman sudah mulai mendapatkan perhatian publik. Atas tindakan heroiknya, nama Superman pun muncul di berbagai headline surat kabar. Salah satu headline yang muncul bertuliskan “Misteri Manusia Baja yang Muncul Kembali…” Nama Manusia Baja (Man of Steel) itulah yang pada akhirnya digunakan untuk menunjukkan betapa kuatnya Superman.

Meningat kemampuan Superman yang hampir tidak bisa dihancurkan, membandingkan Superman dengan baja yang kuat adalah hal yang tepat. Julukan Man of Steel juga terhubung dengan superhero yang diciptakan lebih dulu dari Superman yaitu Doc Savage. Doc Savage adalah salah satu superhero pertama karena petualangannya sudah dimulai sejak tahun 1933. Karakternya dibuat oleh Henry W. Ralston, John K. Nanovic, dan Lest Dent. Karakter Savage memang menjadi inpsirasi bagi dibuatnya karakter Superman. Dalam ceritanya, Doc Savage juga memiliki nama panggilannya sendiri yaitu The Man of Bronze.

Joe Shuster dan Jerry Siegel ingin menekankan bahwa pahlawan ciptaan mereka, Superman, bahkan lebih kuat dari Doc Savage dan memilih julukan Man of Steel sebagai cara untuk menghormati pahlawan yang menginspirasi dibuatnya Superman. Julukan Man of Steel bahkan masih digunakan hingga saat ini, dan terakhir digunakan oleh Zack Snyder dalam film solo Superman di tahun 2013 lalu.

Avatar
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.