Saat ini waralaba Spider-Man di MCU merupakan satu-satunya kerja sama antara Marvel Studios dan Sony Pictures. Setelah tahun 90-an Marvel menjual hak film Spider-Man kepada Sony, semua karakter yang terkait Spider-Man menjadi sepenuhnya hak Sony Pictures. Kemudian pada tahun 2014 Sony dan Marvel kembali mencapai kesepakatan yang memungkinkan Spider-Man baru masuk ke MCU. Namun perjanjian tersebut tidak menghentikan Sony untuk membuat alam semesta Spider-Man versi mereka sendiri.

Semenjak Sony membuat alam semesta yang mereka sebut Sony Picture Universe of Marvel Character (SPUMC), hubungannya dengan Spider-Man MCU menjadi hal yang membingungkan. Pada tahun 2017, Amy Pascal dari Sony mengklaim bahwa film Venom adalah “tambahan” untuk MCU, tetapi perbedaan latar dan gaya film membuat kedua alam semesta semakin sulit untuk dihubungkan.

Kemitraan antara kedua studio sempat menemui kendala pada tahun 2019 lalu, tetapi mereka akhirnya kembali berunding dan mencapai kesepakatan baru. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, mengisyaratkan bahwa Spider-Man memiliki kekuatan super untuk menyeberang alam semesta Marvel.

Berbicara kepada Variety, Presiden Sony Pictures Entertainment Motion Picture Group, Sanford Panitch, mengonfirmasi bahwa ada rencana untuk menghubungkan MCU dan SPUMC. “Kalian tahu, tunggu sampai kalian melihat Venom berikutnya. Jangan lupa juga Spider-Man. Akan menyenangkan jika mereka bertemu, bukan?” kata Panitch. “Sebenarnya ada rencana, saya pikir sekarang mungkin semua hal menjadi sedikit lebih jelas arah yang kita tuju. Dan saya pikir ketika No Way Home keluar, lebih banyak lagi yang akan terungkap.”

Meski belum dikonfirmasi secara resmi oleh MCU, berkat beberapa kabar yang beredar, sudah cukup jelas bahwa Spider-Man: No Way Home akan memperkenalkan Spider-Man ke Multiverse. Kemungkinan Spider-Verse yang dibangun Sony memang merupakan timeline alternatif, tetapi dengan konsep mutiverse, Peter Parker yang diperankan Tom Holland bisa saja melintasi ruang dan waktu menuju SPUMC atau sebaliknya. Seperti yang pernah diceritakan di komiknya, Spider-Man adalah Spider-Totem yang terikat ke Web of Life and Destiny, dan dia terjebak dalam sejumlah kisah multiverse.

Menariknya, baru-baru ini dikonfirmasi bahwa film Kraven the Hunter akan segera digarap oleh Sony. Pada tahun 2018 lalu, penulis Kraven the Hunter, Richard Wenk, menyarankan film tersebut mengadaptasi salah satu kisah terbaik Marvel Universe yaitu ‘Perburuan Terakhir Kraven’ yang menampilkan Spider-Man. Dengan kemungkinan tersebut, Sony dan Marvel harus benar-benar memastikan hubungan antara MCU dan SPUMC. Yang jelas keputusan tersebut sangat disambut baik oleh para penggemar, karena penggabungan dua alam semesta tersebut akan membuat waralaba Spider-Man jauh lebih menarik lagi.