Sosok pahlawan Superman sudah sering kali diadaptasi baik untuk berbagai proyek layar lebar maupun layar kecil. Biasanya, sosok Superman yang muncul adalah Superman klasik dengan penampilan kostum berwarna merah dan biru. Namun, mungkin tidak banyak dari para fans yang mengetahui bahwa kostum lain Superman dari komiknya yang berwarna hitam juga pernah muncul.

Cerita The Death of Superman menjadi salah satu momen krusial dalam cerita Superman di DC Comics. Ketika Clark kembali dibangkitkan dari kematian dan bertarung melawan Doomsday, dia masih belum kembali sepenuhnya. Untuk membantunya pulih, Superman menggunakan kostum berwarna hitam dengan lambang dan huruf S di dadanya berubah berwarna perak. Kostum ini membantu Superman menyerap energi matahari yang membuatnya pulih. Berikut adalah beberapa momen Superman mengenakan kostum hitam di layar lebar ataupun TV series.

Lois & Clark: The New Advantures of Superman

Kostum hitam Superman pertama kali muncul secara live-action di musim ketiga dan keempat dari Lois & Clark: The New Advantures of Superman. Clark Kent sendiri diperankan oleh Dean Cain, dan ketika Clark mengetahui tentang keberadaan New Krypton, serinya memberikan sedikit perubahan dari komiknya. Huruf “S” yang seharusnya berwarna perak, justru dirubah menjadi warna biru.

Dalam konteksnya, Clark mengenakan kostum tersebut ketika dia memutuskan untuk meninggalkan bumi dan memimpin para penduduk Krypton. Sejauh ini, Superman versi Dean Cain ini menjadi satu-satunya perwujudan Superman dalam versi live-action yang tidak menghadirkan sayap belakang di kostumnya.

Smallville

Bagaimana Smallville memperkenalkan Superman yang mengenakan kostum berwarna hitam sedikit berbeda dengan versi komiknya, baik secara visual maupun secara konteks. Kematian dari Jimmy Olsen menjadi titik balik kehidupan dari Clark Kent, di mana dia sudah menyerah menjadi mnausia biasa dan menyerah pada sisi manusianya. Musim kedelapan dari Smallville kemudian ditutup dengan Clark memperkenalkan kostum berwarna hitam.

Dia pun kemudian mengadaptasi nama The Blur, dan berbeda dengan komiknya, selain mengenakan kostum berwarna hitam, Clark Kent juga diperlihatkan mengenakan jaket panjang, yang menjadi penghormatan atau bentuk referensi dari jubah Superman, meskipun sebenarnya kostum berwarna hitam Superman di komiknya tidak memiliki jubah. Clark juga mengenakan kaus boasa dan juga celana, dibandingkan dengan bodysuit.

Zack Snyder’s Justice League

Sampai sejauh ini, Superman versi Henry Cavill menjadi satu-satunya Superman yang mengenakan kostum berwarna hitam di layar lebar. Kostum ini muncul pertama kali di film Man of Steel dalam pertarungan Clark dan General Zod. Ketika Zod berusaha untuk memaksa Kal-El untuk bergabung bersamanya demi menghancurkan bumi dan menjadikannya planet Krypton yang baru, Clark menolaknya dan kemudian menggunakan kostum berwarna hitam.

Dalam Zack Snyder’s Justice League, Clark baru benar-benar menggunakan kostum berwarna hitam dengan logo “S” berwarna peran di dadanya. Meskipun tidak ada kaitannya dengan fungsinya untuk mengembalikan kekuatan Superman, namun kostum ini digunakan pasca Justice League berhasil membangkitkan kembali dirinya.

Superman Arrowverse

Dalam Arrowverse, kostum hitam Superman sudah muncul sebanyak dua kali dalam skenario yang terpisah. Yang pertama terjadi di tahun 2018 dalam event crossover Elseworlds. John Deegan menggunakan Book of Destiny, untuk mengubah realita dan mengubah dirinya menjadi Superman di Earth-1. Ketika keinginannya terwujud, Deegan tidak mengenakan pakaian klasik Superman, namun justru mengenakan kostum berwarna hitam. Mengapa Deegan mendapatkan dan memilih warna tersebut tidak dijelaskan.

Superman, yang diperankan oleh Tyler Hoechlin, kemudian terlihat kembali mengenakan kostum hitam ini di seri Superman & Lois. Cerita masa lalu dari John Henry Irons menjelaskan bahwa dia berasal dari Earth di mana Superman sudah tidak lagi peduli terhadap manusia. Meskipun alasan mengapa Superman tersebut jahat, kembaran dari Clark itu terlihat mengenakan kostum yang sama seperti Superman Hoechlin di Elseworlds.

Namun, ada kemungkinan bahwa kostum tersebut digunakan bukan karena Superman terbunuh dan dibangkitkan kembali dari kematiannya. Menarik tentunya melihat versi mana lagi yang menampilkan Superman dalam balutan kostum berwarna hitam. Apakah akan muncul di film Superman selanjutnya? Atau justru di seriesnya?