Mencari harta karun adalah salah satu hal yang biasanya dilakukan oleh seorang bajak laut. Ini seolah sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Mereka mencoba melakukan berbagai macam cara untuk bisa mendapatkan harta karun tersebut. Dan hal ini juga yang dilakukan dan dialami oleh Buggy si badut, mantan anggota kru Roger yang sejak dahulu berusaha mencari harta karun besar.

Secara spesifik, Buggy mencari harta karun milik Captain John. Sedari dahulu, Buggy adalah sosok yang berbeda dari bajak laut lainnya. Jika bajak laut lainnya mengincar Laugh Tale atau One Piece, Buggy diketahui sejauh ini menjadi bajak laut satu-satunya yang tidak mengincar One Piece. Captain John adalah salah satu mantan kru Rocks D. Xebec, yang jasadnya ditemukan sebagai zombie di Thriller Bark.

Captain John dikenal sebagai sosok yang rakus dan gemar mengumpulkan harta. Dia tidak rela membagi atau berbagai harta karunnya dengan rekannya. Dan diketahui sebelum tewas dia menyimpannya di suatu tempat sampai ada orang yang menemukannya. Buggy adalah satu-satunya – sejauh ini – yang mengetahui dan mengincar harta karun Captain John. Namun, di mana sebenarnya harta karun tersebut?

Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa keberadaan harta karun tersebut ada di wilayah Onigashima. Dalam episode 145 seri anime One Piece, diperlihatkan bahwa Buggy mencoba mencari harta karun Captain John dan akhirnya tiba di sebuah pulau yang tidak diketahui lokasinya. Di pulau tersebut terdapat sebuah tengkorak kepala raksasa, mirip seperti di pulau Onigashima.

Namun, ternyata Buggy menyadari bahwa pulau yang dimaksud bukanlah pulau tersebut. Berdasarkan hal ini, teorinya menyebutkan bahwa bisa jadi pulau yang sebenarnya dicari oleh Buggy ada di wilayah Wano, atau mungkin tepatnya Onigashima. Buggy menyebutkan bahwa harta karunnya dijaga oleh monster. Jadi, Captain John sengaja menyimpan harta karun miliknya di Onigashima dengan tujuan hanya orang-orang yang kuat saja yang mampu mengambil hartanya.

Diketahui, harta karun Captain John berupa emas, berlian, dan sebagainya karena itulah Buggy sangat mengincar harta Captain John ini. Terdapat juga satu poin yang mendukung teori tersebut, di mana menurut Gyukimaru bahwa Wano dulunya dikenal sebagai negara emas. Satu hal lainnya yang mendukung teorinya adalah Buggy mencoba untuk mencari keberadaan harta karun ini di bawah gua.

Onigashima sendiri, seperti yang disebutkan Yamato, memiliki sebuah gua bawah tanah yang sudah tidak digunakan lagi. Mungkin, jika benar hartanya ada di Wano, maka harta tersebut bisa saja dibagikan kepada penduduk Wano pasca peperangan selesai. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kesejahteraan para penduduk wano. Namun, apakah Buggy yang akan lebih dahulu menemukannya? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutannya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.