Orochimaru adalah karakter yang telah ada sejak era Naruto. Dia menjadi lawan yang cukup merepotkan karena memiliki sifat yang licik dan juga terkenal sebagai ilmuwan gila yang cerdas. Orochimaru adalah teman satu tim Jiraiya dan Tsunade, ketiganya adalah Legenda Sannin Konoha yang telah berkontribusi cukup banyak di Perang Dunia Ninja Ketiga. Selain itu, mereka juga anak didik dari Hiruzen Sarutobi alias Sandaime Hokage, sehingga memang telah terbukti bahwa sejak masih kecil, ketiganya memiliki potensi untuk menjadi ninja yang kuat.

Sayangnya, setelah melihat banyak kematian yang terjadi setiap saat, membuat Orochimaru berpikir untuk membuat sebuah jutsu yang bisa membuatnya menjadi abadi. Karena dia terkenal pintar dan suka melakukan eksperimen, akhirnya Orochimaru secara rahasia melakukan sebuah penelitian mengenai semua jutsu terlarang yang telah dia ketahui. Orochimaru berhasil menguasai sebuah jutsu reinkarnasi, yang bisa membuatnya memiliki umur yang panjang.

Obsesinya pada kekuatan dan keabadian membuat Orochimaru menjelma menjadi musuh yang sangat licik bagi dunia Shinobi, dia rela melakukan apapun asalkan memiliki kekuatan yang luar biasa dan hidup abadi selamanya. Oleh sebab itu, akhirnya dia terobsesi dengan Sasuke saat masih muda, Orochimaru berharap bahwa Sasuke bisa memberikannya sebuah tubuh dan kekuatan yang kuat yaitu Sharingan, Dojutsu khas klan Uchiha.

Sayangnya usahanya gagal, Orochimaru yang masih belum benar-benar pulih akibat dampak dari teknik Shiki Fujin milik mendiang Sandaime, dengan nekat ingin mengambil alih tubuh Sasuke. Sasuke jauh lebih kuat daripada Orochimaru, dan duel itu berakhir dengan tewasnya Orochimaru. Duel itu membuktikan bahwa Orochimaru berubah, dari seorang ilmuwan yang penuh perhitungan, menjadi seorang penjahat yang gegabah ingin segera memakan mangsanya. Namun, tanpa sepengetahuan Sasuke, Orochimaru masih mengawasinya melalui tanda kutukan yang telah Orochimaru tanamkan kepada Sasuke sejak kecil.

Setelah melihat perkembang Sasuke melalui tanda kutukan itu, membuat Orochimaru sadar, tentang apa yang lebih penting daripada berumur panjang dan kekuatan yang sangat kuat. Orochimaru menyadarinya saat Perang Dunia Ninja Keempat sedang berkecamuk, sehingga dia memutuskan untuk membantu Aliansi Shinobi dan membereskan kekacauan yang terjadi akibat ulah Kabuto yang berusaha menjadi Orochimaru. Saat itu, Orochimaru lebih tertarik dengan perkembangan karakter Sasuke, sehingga dia hanya ingin mengikuti perkembangannya hingga selesai.

Sekarang, Orochimaru semakin memperluas pandangannya terkait kehidupan, sehingga dia menginginkan sebuah keturunan yang masih polos dan mudah dibentuk. Oleh sebab itu, lahirlah Mitsuki, dan dengan serangkaian tes yang telah dilakukan oleh Orochimaru, dia berharap bisa membuat Mitsuki menjadi seorang ninja yang loyal dan memiliki pribadi yang baik. Sehingga, dia memasangkannya dengan Boruto, agat Mitsuki bisa belajar banyak dari Boruto.