Aizen merupakan musuh yang cukup menarik sepanjang serial Bleach. Kekuatan yang dia miliki bisa membuat Ichigo dan kawan-kawan berlatih dengan cukup keras hingga membuat mereka terpaksa melampaui batasnya masing-masing. Kekutan Aizen berasal dari pedang Zanpakuto miliknya yang sangat luar bisa, kekuatan pedang ini bisa membuat lawannya tewas seketika. Lantas yang menjadi sebuah pertanyaan menarik adalah, seberapa kuat pedang Zanpakutou milik Aizen?

Nama Zanpakutou milik Aizen adalah Kyoka Suigetsu. Secara fisik pedang ini memiliki bentuk yang relatif normal dengan gagang pedang berwarna hijau dan handguard berbentuk segi enam yang memanjang. Kekutan utama pedang ini adalah bisa mengecoh kelima indra korbannya dengan sangat halus. Kyoka Suigetsu juga bisa menciptakan sebuah ilusi yang cukup kuat sehingga membuat lawan menjadi sangat kebingungan.

Bahkan karena kekuatan pedang Kyoka Suigetsu yang sangat kuat, pedang tersebut bisa menciptakan sebuah ilusi yang berkepanjangan tanpa ada celah. Satu-satunya cara agar bisa lepas dari ilusi pedang itu adalah dengan memaksa Aizen untuk mengangkat kembali mantranya. Uniknya saat pedang ini mengaktifkan kekuatannya, Kyoka Suigetsu tidak berubah bentuk sedikitpun, sehingga ini membuat pedang milik Aizen berbeda dengan Zanpakuto kebanyakan.

Perintah pelepasan Shikai pedang ini adalah, “hancurkan, Kyoka Suigetsu”, dan sejak Aizen mengucapkannya, maka pedang itu akan langsung mengaktifkan sebuah ilusi tanpa ujung yang berbahaya. Hanya orang-orang tertentu yang bisa lepas dari ilusi Aizen, sehingga ini menjadi sebuah alasan yang cukup kuat kenapa akhirnya Ichigo berlatih dengan sangat keras hingga melampaui batas, untuk menghadapai Aizen dan antek-anteknya.

Kyoka Suigetsu juga menjadi sebuah pedang yang sangat berbahaya karena keahlian berpedang yang dimiliki oleh Aizen. Sebab, meskipun dia musuh yang sangat berbahaya, Aizen juga seorang mantan kapten yang berasal dari Soul Society, sehingga dia juga memiliki kekuatan Soul Reaper yang cukup kuat. Dia juga telah terkenal dengan ilmu berpedangnya sejak ada di akademi, dan membuat kagum teman satu angkatannya dengan ilmu berpedang yang sangat luar biasa. Hanya Ichigo yang bisa mengalahkan Aizen, bahkan setelah dia berhasil mencapai puncak kekuatannya.