Luffy adalah karakter utama dalam serial One Piece, dia memang terkenal sebagai seorang bajak laut yang kuat dan luar biasa. Namun, Luffy juga sempat melakukan kesalahan di masa lalu, sehingga itu juga berdampak dengan apa yang terjadi di era sekarang. Namun, terlepas dari itu semua, kesalahan yang ditimbulkan oleh Luffy, membuatnya menjadi seorang karakter yang lebih manusiawi. Oleh sebab itu, berikut lima kesalahan terbesar yang pernah dilakukan oleh Luffy.

Gagal Menyelamatkan Ace

Perang Besar Marineford menjadi momen yang sangat mengerikan. Asal-usul terjadinya kekacauan ini adalah karena Ace yang akan dieksekusi oleh pihak Angkatan Laut, sehingga banyak pihak bajak laut seperti Armada Bajak Laut Shirohige datang untuk membereskan kekacauan yang sedang terjadi, Luffy juga ikut andil dalam penyelamatan tersebut. Sayangnya Ace tewas di tangan Akainu saat menyelamatkan Luffy. Momen itu menjadi sangat mengharukan dan membuat Luffy sadar bahwa dia masih belum cukup kuat untuk melawan monster seperti Akainu. Luffy masih menganggap, bahwa Ace tewas, karena menolongnya yang masih lemah di hadapan Akainu.

Sempat Gagal Menjadi Seorang KaptenĀ 

Sebelum menjadi kapten yang bisa diandalkan seperti sekarang, Luffy sempat menjadi kapten yang sangat buruk, dia bahkan sempat membiarkan beberapa anak buahnya yang lemah seperti Usopp diserang habis-habisan oleh musuh saat di Water Seven. Tentu saat itu Luffy sangat marah dan menyerang balik, namun semuanya terlambat, seandainya Luffy menjadi lebih bijak saat itu, Usopp tidak perlu menderita luka yang cukup parah.

Gegabah

Karena Luffy memiliki buah iblis Gomu gomu no Mi, dia menganggap dirinya kebal terhadap apapun, sehingga tidak jarang, Luffy ingin segera menghajar lawannya. Sifat gegabah Luffy terkadang merusak rencana yang sebelumnya telah tersusun dengan rapi. Salah satunya saat berhadapan dengan Doflamingo, saat itu Luffy dan Law telah mengatur strategi serangan combo yang bisa mengatasi penjahat tersebut. Namun karena Luffy gegabah, akhirnya rencana keduanya menjadi tidak berguna.

Tidak Berpikir Panjang

Luffy juga sempat tidak berpikir panjang saat melawan musuh yang jauh lebih kuat seperti Aokiji. Luffy memang terkenal karena kekuatan dan kegigihannya yang sangat luar biasa, namun dia sangat jarang sadar jika ada lawan yang jauh lebih kuat daripada dirinya. Oleh sebab itu, saat hampir mendekati wilayah dunia baru, Luffy lebih sering kewalahan melawan musuh yang memiliki level kekuatan di atasnya.

Gagal Mengatasi Nafsunya

Luffy memang adalah bajak laut sejati, dia juga memiliki sifat rakus terhadap sesuatu yang sangat dia sukai seperti kekuatan, petualangan, harta dan daging. Sifat rakus Luffy terkadang membawa malapetaka, sebab dia tidak bisa mengontrol nafsunya dengan baik. Tak jarang Luffy menggagalkan rencananya sendiri hanya demi memakan sepotong daging yang menurutnya enak.