Sejak awal serial One Piece berjalan, Luffy telah mendapat pertolongan yang sangat luar biasa dari kekuatan Buah Iblis miliknya. Meski pada akhirnya dia tidak bisa berenang untuk selamanya, namun berkat Buah Ibilslah dia bisa sampai pada titik sekarang. Namun, apa jadinya jika Luffy tidak memiliki kemampuan Buah Iblis? Jika luffy tidak memiliki Buah Iblis, ada kemungkinan Haki yang akan pertama kali dia pelajari sebagai bekal mengarungi lautan.

Saat ini, berkat perbaduan antara Buah Iblis dan Haki miliknya, membuat banyak lawan Luffy kalah di tangannya. Namun, jika Luffy hanya menggunakan Haki, maka dia bisa dengan leluasa menggunakannya untuk menyerang lawan yang lebih kuat darinya dengan Haoshoku Haki. Teknik ini bisa membuat lawan hancur dari dalam dan membuat lawannya merasa tidak diserang secara fisik. Bahkan, hewan buas sekalipun bisa takluk di tangan Luffy dengan Haoshoku Haki.

Selain memiliki dampak yang cukup serius dengan orang-orang yang lebih kuat dari Luffy, Haoshoku Haki juga bisa bisa langsung melumpuhkan orang yang jauh lebih lemah dari Luffy dalam sekejap. Ini terbukti saat di Pulau Manusia Ikan, Luffy berhasil mengalahkan 50.000 ribu lawan hanya dalam waktu satu detik. Ini membuktikan, bahwa Luffy masih bisa menjadi kuat tanpa bantuan Buah Iblis.

Selain itu, Luffy juga bisa menggunakan Kenbunshoku Haki dan bisa mengamati segala hal termasuk bisa membaca serangan lawan dengan cepat. Teknik inilah yang membuat Luffy memenangkan pertarungan dengan Katakuri dan berhasil melihat ukuran kekuatan milik lawannya dalam sekejap. Bahkan, Luffy juga bisa membaca emosi lawan dengan menggunakan Kenbunshoku Haki.

Luffy juga bisa menggunakan Busoshoku Haki, sebuah Haki yang bisa memberikan kekuatan fisik yang sangat luar biasa kuat. Busoshoku Haki juga bisa membuat semacam armor yang sangat kuat untuk bertahan, sehingga Luffy juga bisa memiliki sebuah pertahanan yang sangat luar biasa. Keunikannya, Armor yang berasal dari Busoshoku Haki tidak memiliki sebuah wujud, sehingga pertahanan ini, terkenal sebagai sebuah armor tak terlihat dan cukup kuat