Kelompok bajak laut Topi Jerami  dikenal sebagai kelompok bajak laut yang berasal dari wilayah East Blue, dan merupakan salah satu kelompok bajak laut muda yang sedang naik daun. Kelompok bajak laut Topi Jerami juga memiliki kru yang berasal dari berbagai wilayah. Dan yang paling populer tentunya adalah kelompok bajak laut ini dipimpin oleh Monkey D. Luffy.

Meskipun jumlah krunya tidak terlalu banyak, kelompok Topi Jerami berisi para karakter yang memiliki potensi sangat luar biasa, seperti yang diakui oleh Kuzan saat pertama kali bertemu dengan mereka. Dan hal ini terbukti, di mana saat ini mereka berkembang menjadi sebuah kelompok bajak laut besar yang bahkan bisa menantang kelompok bajak laut Yonko.

Pencapaian Luffy sendiri sampai saat ini benar-benar sangat luar biasa. Bahkan, salah satu pencapaian terbesarnya adalah mendapatkan “pengakuan” sebagai Kaisar samudra kelima. Berbicara mengani kru Topi Jerami, perkembangannya bisa dibilang sangat cepat dan menarik. Kru awal dari Topi Jerami sendiri sebenarnya ada sekitar lima orang. Pertama adalah Roronoa Zoro, orang pertama yang direkrut oleh Luffy.

https://www.opfanpage.com/wp-content/uploads/2020/04/z6vi0si8vxg21-1024x577-1.jpgKedua adalah Nami. Ketiga adalah Usopp, keempat adalah Chopper. Dan terakhir adalah Nico Robin. Kelima kru tersebut dianggap sebagai kru “orisinal” dari Topi Jerami. Namun, seiring berjalannya cerita, kru dari Topi Jerami pun terus bertambah besar. Kita kemudian diperkenalkan dengan berbagai karakter baru seperti Franky, Brook, dan terakhir adalah Jinbei.

Para fans sendiri banyak yang berspekulasi mengenai berapa jumlah kru Topi Jerami di akhir cerita nanti. Dan ada banyak nama yang dikabarkan akan bergabung setelah arc Wano, seperti Momonosuke, Yamato, atau bahkan Carrot. Meskipun begitu, ada sebagian fans merasa bahwa jumlah kru Topi Jerami saat ini sebenarnya ada 14.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan, ada juga nama-nama yang mungkin sebagian fans menganggap bahwa mereka bukanlah bagian dari kru Topi Jerami – yang mana faktanya adalah ya. Pertama adalah Going Merry. Merry adalah kapal pertama kru Topi Jerami yang diberikan oleh Kaya. Merry sudah dianggap menjadi bagian dari kru Topi jerami, karena itulah perpisahan mereka di arc Water 7 benar-benar menyedihkan.

https://www.opfanpage.com/wp-content/uploads/2020/04/2-3-1024x782-1.jpgKemudian Thousand Sunny, kapal yang digunakan oleh Luffy dan yang lain sekarang. Seperti halnya Merry, Franky membangun Sunny dengan sepenuh hati. Dia bahkan menyebutkan bahwa jiwa dari Merry hidup di dalam Thousand Sunny, yang mana artinya Sunny juga menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Terakhir adalah Nefertari Vivi dan Karoo.

Vivi sebenarnya adalah anggota “tidak resmi” dari Topi Jerami, karena di arc Alabasta Luffy sudah mengajak Vivi untuk bergabung. Namun, untuk sementara Vivi memilih untuk tinggal di kerajaannya dan mengurus semuanya sampai waktunya tepat untuk bisa bergabung. Luffy dan kru Topi Jerami sendiri tidak keberatan, dan memang mereka pun menganggap Vivi bagian dari mereka. Sedangkan Karoo adalah bebek kesayangan milik Vivi.

Jadi, jika semuanya dihitung sebenarnya total kru Topi Jerami ada sekitar 14. Namun, perlu dicatat ya Geeks bahwa ini hanya sekadar asumsi fans saja, yang mana artinya tidak menjadi gambaran pasti di akhir cerita. Kekuatan dari para kru Topi Jerami juga sudah mulai banyak berkembang, di mana ada sekitar lima orang yang sudah membangkitkan kemampuan Haki.

Total nilai buruan dari kelompok Topi Jerami saat ini adalah 3,161,000,100 Berries dan angka ini kemungkinan akan bertambah pasca arc Wano. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada kru Topi Jerami, apakah akan ada kru baru yang bergabung? Atau jumlahnya akan tetap sampai akhir cerita nanti?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.