Mulai dari Killmonger sampai Killian, Marvel Cinematic Universe selalu dipenuhi oleh berbagai karakter yang kompleks.  Namun, di antara sederetan karakter tersebut tidak ada nama yang lebih kompleks dari God of Mischief, Loki.  Pertama kali diperkenalkan di film Thor pada 2011, anak adopsi Odin tersebut sudah banyak menimbulkan kekacauan yang membuat repot seluruh Asgard.

Namun, setelah Thanos datang ke bumi, Loki mulai memikirkan nasib manusia dan yang lain. Dan kematiannya di Avengers: Infinity War, dianggap sebagai penebusan dosanya. Namun, para fans Marvel dan Loki tentu tidak akan terlalu kecewa, karena Marvel sudah mempersiapkan sebuah TV series yang berfokus pada sosok tersebut. Akan tetapi, yang perlu dipahami adalah Loki yang muncul di serinya berasal dari tahun 2012.

Seperti yang diperlihatkan di Endgame, rencana untuk mengambil Tesseract pasca pertarungan Battle of New York harus gagal. Loki kemudian kabur dengan membawa kabur Tesseract tersebut. Apa yang dilakukan oleh Loki tersebut justru membuat kacau arus waktu atau timeline yang ada di MCU. Inilah yang menjadi setting cerita di serinya dan alasan utama mengapa dia ditangkap oleh TVA.

Selain Loki, serinya juga akan memperkenalkan sosok Mobius yang diperankan oleh Owen Wilson. Masih belum banyak informasi yang diketahui mengenai sosok Mobius. Meskipun begtiu, para fans sepertinya sudah banyak berspekulasi tentang karakter ini. Salah satu teorinya adalah dia merupakan orang yang mengubah Loki menjadi baik.

Loki Di Timeline Utama Berubah Demi Thor dan Frigga

Setelah banyak membuat masalah, Prime Loki (atau Loki dari timeline utama) diperlihatkan kembali ke jalan yang benar, sebelum kemudian dia tewas di tangan Thanos. Ada banyak faktor yang memengaruhi perubahan sikap dari Loki tersebut. Dimulai dari kematian Odin, kekalahan dari para Avengers, sampai kemudian dia menemukan “musuh” yang sebenarnya di dalam diri Thanos dan Hela.

Kecemburuan Loki terhadap Thor, dan apa yang dia dapatkan serta raih, menjadi alasan utama mengapa Loki kemudian berubah menjadi jahat. Namun, yang sangat menyentuh adalah di mana sosok yang dia sayangi tidak pernah berubah dan tidak pernah hilang keraguannya bahwa Loki adalah orang yang baik, dan dia bisa berubah. Perubahan sikap Loki sendiri dimulai dari The Dark World.

https://static0.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/12/Thor-and-Loki-in-Thor-Ragnarok.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Ketika Malekith dan Dark Elves menyerang Asgard, Thor tidak memiliki banyak pilihan selain meminta bantuan dari sang adik. Meskipun Loki sempat menunjukkan berbagai trik yang mungkin membuat kita berpikir bahwa dia akan berkhianat, namun pada akhirnya Thor dan Loki menjadi satu tim yang solid. Thor sendiri sempat terlihat sedih karena meyakini bahwa saudaranya sudah tewas.

Kerja sama di antara mereka kemudian kembali terjadi di film Ragnarok, yang mana hal ini semakin memperkuat citra Loki sebagai seorang antihero. Semua hal ini bisa terjadi berkat sang ibunda, Frigga, yang tidak pernah lelah mendukungnya dan selalu percaya terhadap Loki. Bahkan, setelah apa yang dia lakukan terhadap bumi di mana dia mengirim pasukan Chitauri untuk menghancurkan New York.

Variant Loki Tidak Memiliki Siapa pun

Jika Prime Loki memiliki seseorang yang menjadi motivasinya untuk berubah, maka lain halnya dengan Variant Loki. Variant Loki tidak memiliki sosok yang dicintai untuk menjadi motivasinya berubah, dan inilah yang membedakannya dengan Prime Loki. Jika memang cara Variant Loki berubah menjadi baik disamakan dengan versi Prime Loki, maka dalam timeline baru ini Loki tidak memiliki banyak orang yang percaya dan mencintainya.

https://static2.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/12/Tom-Hiddleston-in-Loki-trailer.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5TVA memang menjadi pihak yang menangkap Loki, karena dengan bukti yang ada, Loki terbukti merusak timeline yang ada. Namun, seperti yang diperlihatkan di trailernya, mereka kemudian memberikan kesempatan kedua kepada Loki untuk menebus kesalahannya. Dan cara untuk menebus kesalahan tersebut adalah dengan membantu membereskan semua kekacauan yang dia buat. Tetapi, ada satu hal yang mungkin tidak orang sadari jika memang hal ini dilakukan. Dengan semua trik dan kelicikan yang ada dalam dirinya, hal itu justru membuka kesempatan Loki untuk semakin bertindak gila.

Mobius Jadi Sosok Yang Mengubah Variant Loki

Hanya ada satu orang di TVA yang bisa menjadi penyelamat bagi Loki dan semuanya. Sosok tersebut adalah Mobius, karakter yang diperankan oleh Owen Wilson. Berdasarkan trailernya, sepertinya Mobius menjadi satu-satunya orang yang percaya terhadap Loki. Dalam salah satu adegan di dalam lift, Loki bertanya kepada Mobius apakah dia akan pergi menuju ruangan di mana dia akan dibunuh.

https://static2.srcdn.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/12/Loki-Owen-Wilson-Mobius-M-Mobius.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Namun, Mobius kemudian menjawab, “tidak, itu hanyalah ruangan biasa tempat yang akan kita tuju.” Hal ini menunjukkan bahwa TVA memang memiliki peluang dan kesempatan untuk menghabisi nyawa Loki – apalagi setelah kesalahan besar yang dia buat. Namun, intervensi dari Mobius yang pada akhirnya menyelamatkan nyawa dari Loki. Mobius percaya terhadap Loki bahwa dia memiliki kesempatan kedua, yang mana hal ini bisa menjadi pertanda awal mula persahabatan di antara mereka.

Berdasarkan hal itu, bisa jadi Mobius akan membimbing  Loki menuju jalan kebenaran, di mana dia akan berubah menjadi lebih baik. Mobius memiliki keyakinan bahwa Loki memiliki sisi baik, meskipun TVA mungkin tidak menyetujuinya. Mobius akan memimpin Variant Loki menuju berbagai timeline yang ada akibat dari perbuatan yang dia lakukan, dan dia ingin Loki membantunya. Mobius mungkin sadar bahwa dia bertaruh dengan sangat besar, namun dia yakin terhadap Loki dan Mobius bisa menjadi pengganti sosok Frigga dan Thor di timeline alternatif tersebut.