Serial Dragon Ball Super saat ini telah menyajikan pertarungan yang sangat fenomenal antara Goku melawan Granolah. Kedua karakter ini bertarung dengan cukup sengit menggunakan kekuatan spesialnya masing-masing. Goku saat ini menggunakan mode Super Saiyan Blue dan juga Ultra Instinct, sedangkan Granolah secara penuh telah menggunakan kekuatan yang berasal dari Bola Naga planet Cereal.

Sebelumnya, Goku telah mencoba menggunakan Ultra Instinct tanpa menggunakan mode Super Saiyan, namun sayangnya dia masih belum bisa menggunakan Ultra Instinctnya dengan sempurna. Sehingga, Goku sempat mengalami beberapa kekalahan karena Granolah terbukti cukup lihai dan sangat cepat. Namun saat menggunakan mode Super Saiyan, Goku tampak lebih percaya diri untuk mengalahkan Granolah.

Pertarungan keduanya menimbulkan sebuah spekulasi baru di kalangan penggemar, sebab Ultra Instinct Goku baru bisa dia gunakan lebih maksimal dengan menggunakan mode Super Saiyan. Apakah mode Super Saiyan merupakan teknik buatan Dewa? Menurut beberapa sumber, teknik Super Saiyan bisa jadi berasal dari Dewa, sebab sejatinya mode ini muncul untuk mengalahkan Evil Saiyan.

Bisa jadi teknik Ultra Instinct memang ditakdirkan untuk Goku karena dia adalah seorang Saiyan dan juga memiliki niatan yang baik. Sebab, teknik Ultra Instinct memerlukan jiwa yang tenang dan pikiran yang jernih untuk menggunakannya. Oleh sebab itu, teknik ini memang sesuai untuk memerangi kejahatan dan karena mode Super Saiyan juga bertujuan untuk mengalahkan kekuatan yang jahat, maka bisa jadi kedua teknik ini akan menjadi semakin kuat jika digabungkan.

Sedangkan, teknik Destruction milik Dewa Penghancur Beerus menggunakan teknik Hakai, konsep kekuatan Beerus adalah “meniadakan” sebuah “keberadaan”. Itulah sebabnya, Beerus jika menggunakan teknik Destruction akan menghasilkan daya penghancur yang luar biasa. 

Meski memang masih belum ada bukti secara resmi mengenai teori asal-usul Super Saiyan, namun melihat keterikatan yang kuat antara Ultra Instinct dan mode Super Saiyan, maka bisa jadi keduanya memiliki hubungan yang cukup erat. Namun, melihat perkembangan alur cerita Dragon Ball Super, nampaknya akan ada pembahasan yang menarik mengenai hubungan Super Saiyan dan Ultra Instinct.