Doujutsu Jougan menjadi sebuah keunikan sendiri yang muncul di seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan atau Jogan merupakan doujutsu yang dimiliki oleh Uzumaki Boruto. Sampai sejauh ini, Masashi Kishimoto masih belum memberikan informasi detail mengenai Jougan. Selain itu, Jougan juga  sangat jarang untuk diperlihatkan dalam cerita.

Di versi manganya, Jougan baru muncul kurang lebih dua kali. Sedangkan dalam versi manganya, Doujutsu Jougan hanya muncul ketika Boruto berada dalam kondisi terdesak atau dalam kondisi yang berbahaya, contohnya ketika pertarungan melawan Momoshiki ataupun Urashiki. Boruto sendiri belum mampu mengendalikankannya secara penuh. Karena itulah kekuatan asli Jougan masih sangat misterius, dan menjadi pertanyaan para fans.

Kekuatan Jougan dianggap sebagai salah satu Doujutsu asli dari klan Otsutsuki. Toneri Otsutsuki adalah sosok yang diketahui memiliki kekuatan  yang mirip dengan Jougan. Masih belum diketahui secara pasti bagaimana Boruto bisa mendapatkan Jougan. Namun, banyak yang berspekulasi bahwa hal ini dikarenakan Toneri ketika dia menculik Hinata, seperti diperlihatkan dalam The Last: Naruto the Movie.

Dalam momen flashforward di awal serinya, kita melihat bagaimana Boruto sudah bisa mengaktifkan Jougan sesuai dengan kendalinya saat bertarung melawan Kawaki. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi? Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa bisa jadi pil yang diberikan oleh Amado kepada Naruto – dan dimakan oleh Boruto – yang kemudian menjadi penyebab hal tersebut.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, Gaara sempat bertanya kepada Naruto apakah dia siap untuk membunuh anaknya sendiri. Meskipun dia mengakui siap, namun di lubuk hati terdalamnya dia tidak ingin hal itu terjadi. Dia pun kemudian pergi menemui Amado untuk berdiskusi mengenai hal ini. Dan Amado kemudian memberikan satu botol berisi pil buatannya.

Menurut penjelasan Amado, pil tersebut sengaja dia buat pada awalnya untuk melemahkan kekuatan Otsutsuki milik Isshiki, dengan cara menurunkan efektivitas dari Byakugan miliknya. Namun, dengan Isshiki yang sudah tewas, obat tersebut jadi tidak terpakai. Amado sendiri mengingatkan pada Naruto bahwa efek samping pil ini masih belum diketahui secara pasti.

Meskipun begitu, Amado mengingatkan bahwa resiko terbesar setelah mengkonsumsi obat tersebut adalah kematian. Karena itulah dia mengingatkan Naruto untuk tidak membiarkan Hinata dan Himawari meminum obatnya. Boruto sendiri sudah meminum satu pil tersebut, seperti diperlihatkan di chapter 58 kemarin. Pertanyaannya kemudian bagaimana jika efek samping dari pilnya adalah membangkitkan dojutsu milik Boruto yaitu Jougan?

Secara khasiat memang obat racikan Amado tersebut bertujuan untuk menurunkan proses transformasi Otsutsuki di tubuh Boruto dan juga mengurangi efek dari Byakugan. Tetapi, bagaimana jika ada hal lain yang ditimbulkan dari obatnya yaitu meningkatkan efek Doujutsu Jougan tanpa Boruto sadari? Secara naratif, mungkin hal ini kurang begitu menarik.

Doujutsu sendiri biasanya bangkit karena sesuatu terjadi. Misalnya untuk membangkitkan Sharingan, seorang Uchiha harus melihat kesedihan dan penderitaan terlebih dahulu. Namun, bukan berarti hal itu menjadi pilihan yang buruk. Lagipula Boruto masih kecil, dimana dia masih belum bisa mengendalikan semua hal. Naruto sendiri butuh waktu yang panjang sebelum menjadi hebat.

Boruto mungkin harus meminum obat atau pil buatan Amado tersebut untuk membangkitkan Jougan miliknya, sampai kemudian dia tumbuh dewasa dan sadar bahwa dia tidak boleh mengandalkan “alat” untuk kekuatannya. Dan setelah menyadari hal ini, mungkin Boruto akan mulai melatih Jougan miliknya sehingga dia bisa dengan otomatis membangkitkannya.