Dengan seri One Piece yang sudah berjalan lebih dari satu dekade, kelompok Topi Jerami sudah banyak menghadapi tantangan dan musuh di sepanjang serinya. Zoro, Luffy, dan seluruh kru Topi Jerami juga terus meningkatkan kemampuan mereka demi bisa mengimbangi tantangan yang semakin berat dan sulit.  Namun, dengan perkembangan tersebut tidak jarang ada sesuatu hal yang terlupakan.

Salah satunya adalah berbagai fakta menarik tentang Zoro, yang mungkin banyak fans lupakan.  Zoro merupakan salah satu karakter yang mengalami perkembangan kekuatan yang sangat cepat, seperti halnya Luffy. Hal itu membuat para fans menyambut berbagai hal baru yang ada di diri Zoro. Sayangnya, perkembangan kekuatan tersebut mungkin sudah membuat fans melupakan beberapa hal mengenai Zoro ini. Apa saja?

Andal Dalam Menggunakan Satu Atau Dua Pedang

Roronoa Zoro bukanlah seorang ahli pedang yang miskin akan teknik. Dia memang dikenal sebagai ahli pedang yang unik, dengan penggunaan teknik tiga pedang yang menjadi andalannya. Teknik ini bukan hanya membuat Zoro populer, tetapi juga membuat dia sukses mengalahkan berbagai musuh kuat. Tetapi, perlu diingat bahwa selain ahli dalam menggunakan tiga pedang, Zoro juga ahli dalam menggunakan satu atau dua pedang.

https://static0.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/04/Zoro-Vs-Tashigi.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Sebelum melatih Santoryu, Zoro sudah menguasai teknik Nitoryu. Zoro juga menggunakan hanya dua pedang saat berada di Thriller Bark, karena Yubashiri miliknya hancur. Sampai kemudian dia menang melawan zombie Ryuma dan mendapatkan Shusui. Teknik Ittoryu Zoro juga sangat luar biasa. terbukti dia berhasil mengalahkan kelompok bajak laut Arlong dan Black Cat dengan hanya satu pedang. Dia juga mengalahkan Apoo dengan hanya satu pedang dan satu tebasan.

Teknik Ittoryu Yang Mematikan

https://static1.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/05/Dragon-Number-Thirteen-One-Piece.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Zoro sendiri menganggap bahwa teknik satu pedang atau Ittoryu miliknya sangat lemah. Namun, sebenarnya banyak teknik Ittoryu miliknya sangatlah mematikan. Ada banyak momen epik dan menarik disaat Zoro menggunakan teknik Ittoryu miliknya. Contohnya, seperti disebutkan di atas, Zoro menggunakan teknik Ittoryu saat menaklukan Apoo. Apoo bahkan seolah tidak berdaya dalam menghadapi serangan ini. Yang paling fenomenal adalah ketika Zoro menghadapi naga nomor 13 dengan teknik Shi Shishi Sonson.

Zoro Bisa Memotong Besi

Zoro bisa dengan mudah menembus kulit naga, dan pedang miliknya juga sudah sering menang dalam pertempuran menghadapi kelompok bajak laut lain atau menghadapi pedang angkatan laut. Meskipun begitu, pedang Zoro sendiri harus hancur saat menghadapi mentor sekaligus targetnya pada masa depan, yaitu Dracule Mihawk. Kualitas Yoru memang jauh lebih kuat dibandingkan pedang Zoro.

https://static0.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/04/Zoro-Vs-Daz-Bonez.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Tetapi, fans mungkin ingat dengan momen pertarungan Mr. 1 dengan Zoro di arc Alabasta.  Zoro sempat kesulitan saat menghadapi kemampuan buah iblis Mr. 1 yang bisa mengubah tubuhnya menjadi pedang atau benda tajam. Setelah mengingat kembali kata-kata sang guru, Koushiro, Zoro pun akhirnya bisa mengalahkan Mr. 1, yang mana artinya Zoro bisa mengalahkan besi.

Zoro Bisa Menggunakan Sembilan Pedang

Jika Santoryu dianggap sebagai teknik luar biasa yang sering digunakan oleh Zoro, mungkin Geeks ingat dengan teknik Kyutoryu atau teknik sembilan pedang yang dimiliki Zoro. Sejauh serinya berjalan, Zoro baru dua kali menggunakan teknik ini. Pertama adalah ketika dia bertarung melawan Kaku. Kedua adalah ketika dia menghadapi Kaido di arc Wano Country.

https://static1.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2021/04/One-Piece-Zoro-Nine-Sword-Style-.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Secara teknik, Zoro sebenarnya tidak benar-benar memegang sembilan pedang. Dia hanya menggunakan tiga buah pedang seperti biasa. Namun, ilusi atau manipulasi yang dikeluarkan oleh Zorolah yang kemudian membuat musuh-musuhnya berpikir bahwa Zoro memiliki tiga kepala, enam tangan, dan sembilan pedang.