Attack on Titan menjadi serial dengan peminat cukup banyak saat ini. Meski kisah Eren dan kawan-kawan telah selesai di manganya, namun beberapa penggemar masih saja membahas apa yang terjadi di AOT. Salah satunya adalah mengenai perbedaan manga dan anime Attack on Titan. Meski sebenarnya versi anime diadaptasi dari manganya, namun ada beberapa aspek yang memang sengaja tidak dimasukan ke dalam animenya karena alasan tertentu. Perbedaan ini juga terdapat di Arc Marley yang menjadi kesukaan para penggemar. Berikut sepuluh perbedaan Arc Marley antara manga dan animenya!

Reaksi Warga Marley Setelah Mengalahkan Pasukan Timur Tengah

Peperangan perdana yang terjadi di awal season 4 adalah Marley melawan Pasukan Timur Tengah. Saat itu, Marley dibantu dengan pasukan Titannya berhasil mengalahkan Pasukan Timur Tengah. Momen ini juga menandakan kemenangan Marley atas perangnya melawan aliansi Timur Tengah yang telah terjadi cukup lama.

Dalam manga Attack on Titan, diperlihatkan raut kesenangan warga Marley atas kemenangan tersebut. Namun, momen itu tidak ada di animenya, dan diganti dengan Jean yang menyusup ke Marley. Padahal di manganya, momen yang memperlihatkan Jean menyusup, dengan membeli sebuah koran, tidak diperlihatkan.

Dialog Gabi Yang Berbeda

Salah satu alasan Marley menang melawan Aliansi Timur Tengah adalah Gabi. Dengan kegigihannya sebagai calon pewaris kekuatan Titan. Dia berhasil membuat pasukan Timur Tengah kebingungan, dan membuat sebuah kesalahan besar di tengah-tengah pertarungan. Oleh sebab itu, saat Gabi akhirnya pulang ke Libero (tempat tinggal Eldian yang ada di Marley), dia menjadi cukup sombong dan menganggap dirinya yang terkuat.

Di manganya, Gabi tampak lebih sering berbicara dengan Falco, sebab saat itu Falco nampak sering memperhatikan Gabi sehingga membuatnya menjadi sedikit risih. Namun, di anime Attack on Titan, momen itu diganti dengan Gabi yang sering berbicara dengan Porco dan Pieck, sehingga, isi dari dialog Gabi berbeda dari anime dan manganya.

Reuni Keluarga Prajurit Eldian di Libero

Setelah perang Timur Tengah selesai, para pasukan Eldian di pulangkan ke Libero. Momen itu menjadi sangat mengharukan, sebab, telah mempertemukan banyak sekali keluarga Eldian yang telah lama tidak bertemu dengan keluarganya. Perbedaan antara manga dan animenya di momen ini sangat halus, sehingga bagi penggemar yang tidak teliti, mungkin menganggapnya tidak ada perbedaan.

Salah satu perbedaannya adalah ayah pieck sedikit menangis ketika bertemu kembali dengan anaknya. Sedangkan, di manganya itu tidak ada. Selain itu, keluarga Grice nampak lebih banyak tampil di manganya. Sedangkan di animenya, itu diganti dengan ayah Colt yang nampak khawatir dengan anaknya yang telah mabuk berat ketika baru saja datang.

Percakapan Reiner cs Dengan Magath

Selain memperlihatkan pertarungan yang sangat menegangkan, musim keempat AOT juga memperlihatkan bagaimana Reiner cs di masa lalu bisa menyusup ke Paradis. Dalam momen itu, terdapat juga percakapan antara Magath dengan Reiner cs yang baru saja tiba di Paradis. Saat itu, Magath mengatakan bahwa mereka harus segera melakukan perjalanan ke arah Utara dan prajurit Marley akan membantu mereka saat bulan purnama. Sedangkan di animenya, momen itu tidak ditampilkan.

Saat itu, Reiner cs mendapat misi untuk menculik kekuatan Founding Titan yang telah dijaga oleh keluarga Reiss di balik tembok selama bertahun-tahun. Dalam momen itu, mereka telah menguasai kekuatan Titan Shifter dengan baik.

Momen Kilas Balik Reiner cs

Saat Reiner, Berthold dan Annie sampai pertama kali di Wall Maria, diperlihatkan bahwa Annie membawa beberapa Titan normal untuk menyerang penduduk Paradis. Namun saat itu, beberapa Titan menyerang Rainer. Untungnya, Rainer bisa melarikan diri dari para Titan itu. Setelahnya, Berthold bertanya kepada Annie mengenai persiapan yang digunakan untuk menghancurkan Wall Maria.

Di animenya, momen itu diganti dengan Reiner cs yang masih mengira bahwa Rod Reiss adalah pewaris Founding Titan selanjutnya. Oleh sebab itu, mereka memutuskan untuk masuk menjadi tentara di Paradis, dan bertemu dengan Eren dan kawan-kawan. Momen ini, juga memperlihatkan interaksi antara Reiner dan Eren sebelum kebenarannya terungkap di musim kedua.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.