Dalam sejarah Marvel Comics banyak sekali karakter pahlawan super dan penjahat super yang menjadi favorit penggemar. Dari banyaknya karakter tersebut, beberapa kali Marvel membentuk aliansi pahlawan super, seperti kelompok pahlawan pertama Marvel yaitu Fantastic Four, kemudian berlanjut dengan banyak tim pahlawan super lain seperti X-Men, Avengers, dan Guardians of the Galaxy. Untuk menyeimbangi kelompok pahlawan super tersebut, para penjahat super pun tidak tinggal diam dan mulai membentuk kelompok penjahat super yang tidak kalah hebatnya, bahkan lebih mengerikan. Berikut adalah 10 tim penjahat super di Marvel Universe.

The Black Order

The Black Order adalah sekelompok makhluk kuat pilihan Thanos dari berbagai planet. Berbeda dengan di MCU, di komik, mereka bertujuan untuk menghancurkan multiverse, dengan demikian mereka bisa menyisakan universe yang mereka inginkan (Earth-616). Kelompok ini sering sekali menyebarkan penderitaan di galaksi.

Mereka pernah diceritakan sepakat untuk menyelamatkan Bumi dengan imbalan menguasai Wakanda, di mana akhirnya mereka menyebabkan penderitaan untuk orang-orang Wakanda. Shuri mengorbankan nyawanya untuk mencoba menghentikan mereka. Motif dan metode mereka memang mengerikan, meskipun untuk tujuan pribadi, tetapi mereka beberapa kali berhasil menyelamatkan alam semesta.

Master of Evil

Di komik banyak sekali versi Master of Evil, tetapi pada dasarnya nama kelompok mereka adalah branding yang mereka gunakan untuk menggambarkan seberapa jahat mereka. Versi pertama Master of Evil dibentuk oleh Baron Zemo versi komik, seorang Nazi. Dan di versi lain diceritakan Ultron membentuk kelompok dengan nama yang sama. Sebagian besar versi Masters of Evil mempunyai tujuan utama yang sama, yaitu menghancurkan Avengers dengan cara apa pun.

Hellfire Club

Hellfire Club adalah klub sosialita kaya untuk para elit, terinspirasi dari klub nyata yang terkenal dari sejarah Eropa pada abad ke-18. Kelompok di komik Marvel ini memiliki struktur hierarki yang ketat berdasarkan bidak papan catur.

Sebagian besar anggota Hellfire Club memang tidak begitu berbahaya. Namun, jika yang terkuat dari kelompoknya menginginkan kekuasaan dan lebih banyak kekuatan, semua anggota Hellfire Club harus membuktikan bahwa mereka akan melakukan apa saja untuk tujuan tersebut. Banyak dari anggota mereka adalah mutan berkekuatan super yang sanggup mengalahkan para pahlawan super.

The Purifiers

The Purifiers adalah organisasi fanatik di komik Marvel yang mempunyai keyakinan bahwa manusia adalah makhluk terbaik dan semua mutan harus dimusnahkan. Ada banyak kelompok serupa yang mirip seperti mereka seperti Orchis, The Right, The Church of Humanity.

Mereka adalah kelompok yang meyakini apa yang mereka lakukan bukanlah kejahatan, melainkan sesuatu yang harus mereka lakukan untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Motif seperti itu sudah sering digunakan bahkan di kehidupan nyata, dan pada akhirnya hanya akan menyebabkan kebencian dan penderitaan semakin membesar.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2