Meskipun peran dari Fennec Shand di seri Star Wars: The Bad Batch sudah sejak lama diumumkan, namun karakternya baru pada akhirnya muncul untuk pertama kali di episode 4 kemarin. Episode yang berjudul “Cornered,” menghadirkan sosok Fennec Shand yang disewa jasanya oleh kelompok misterus untuk mencari Omega. Meskipun tidak diketahui siapa yang memerintahkan Fennec, namun diyakini bahwa mereka adalah penduduk planet Kamino.

Di sepanjang episodenya, terdapat banyak sekali petunjuk yang memperlihatkan bahwa siapa pun yang menyewa jasa Fennec Shand ingin Omega dibawa hidup-hidup dan ditangani dengan hati-hati. Ketika Fennec memperkenalkan dirinya kepada Omeg, dia berusaha untuk bisa terlihat baik dan memberikan kesan bahwa dia bukan penjahat. Fennec meyakinkan Omega untuk bisa ikut bersamanya.

Dalam satu momen, ketika Omega hampir saja terjatuh dari sebuah tangga, Fennec berhasil menyelamatkan nyawanya. Apa yang dia lakukan ini sepertinya benar-benar berasal dari dalam hatinya, artinya Fennec memang seorang bounty hunter yang tidak pernah kasar terhadap anak kecil. Namun, Omega sendiri sepertinya bukan hanya anak kecil biasa dalam hidup Fennec.

Banyak yang meyakini bahwa memang penduduk Kaminolah yang menyewa jasa Fennec. Mereka berusaha untuk bisa tetap menjalin hubungan dengan pihak Empire, dan Omega bisa menjadi kuncinya. Dalam episode 3, kita diperlihatkan bahwa pihak Empire sekarang sudah tidak lagi menggunakan teknologi kloning. Di akhir episodenya, Lama Su dan Nala Se berdiskusi tentang pentingnya riset yang dilakukan Nala Se untuk menciptakan sebuah kloning yang superiror.

Usaha ini menjadi satu-satunya harapan bagi planet Kamino untuk bisa membuat pihak Empire tetap menjadi pelanggan mereka. Karena, jika hal itu tidak terjadi, maka seluruh hal yang mereka miliki akan hancur. Para penduduk Kamino juga sudah sejak lama dikenal memiliki koneksi dengan para pemburu bayaran alias bounty hunter. Seluruh pasukan kloning yang ada dibuat dari DNA Jango Fett.

Dengan sejarah yang panjang tersebut, wajar jika kemudian mereka bisa dengan mudah mengakses informasi atau melakukan kontak dengan para pemburu bayaran. Apalagi jika mereka berusaha untuk merahasiakan upaya mereka dari pihak Empire. Kemungkinan lainnya adalah Nala Sem ungkin bekerja sendri dari Lama Su. Nale Se sepertinya memang sangat tertarik terhadap Omega, dan dia sudah bergerak tanpa diskusi bersama Lama Su terlebih dahulu.

Dalam episode perdana serinya, Nala Se diperlihatkan membantu Clone Force 99 untuk kabur, dengan mencegah pintu di Kamino tertutup. Meskipun aksi tersebut mungkin bisa diasumsikan bahwa Nala Se sedang melindungi investasinya, namun di sisi lain hal itu bisa menunjukkan bagaimana Nala Se memiliki kepedulian terhadap kelompok tersebut.

Aksi dari Nala Se ini juga bisa menjadi bukti bahwa bukan penduduk Kamino yang menjadi dalam dari upaya penculikan Fennec. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa jika memang yang memerintahkan Fennec adalah Kaminoans, maka di episode tersebut setidaknya kita diperlihatkan petunjuk jelas tentang mereka. Misalnya ketika di akhir episode Fennec menghubungi kelompok misterius yang menyewa jasanya.

Meskipun para Kaminoans adalah kandidat terkuat, ada juga pertimbangan lainnya. Bisa jadi ada pihak lain yang berusaha untuk menculik Omega, dan tertarik kepada sosoknya. Pihak Empire dan Tarkin bisa menjadi kandidat lain tersebut. Dengan masih misteriusnya sosok tersebut, para fans saat ini hanya bisa berspekulasi dan berteori. Bagaimana menurut kalian Geeks, siapa kira-kira yang meminta Fennec mencari keberadaan Omega?