Serial Jupiter’s Legacy season 1 membangun plot bahwa Skyfox, salah satu anggota pendiri Union of Justice adalah penjahat utama dari serial tersebut. Tetapi di akhir serial terjadi plot twist yang mengungkapkan bahwa sebenarnya Walter Sampson alias Brainwave yang selama ini berada di balik kekacauan, dan dia mempunyai rencana untuk membunuh saudaranya dan berniat menciptakan tatanan baru di Amerika Serikat sampai akhirnya seluruh dunia.

Di komik Jupiter’s Legacy, Walt diceritakan sejak awal memang mempunyai rencana untuk menguasai dunia. Tetapi di serial Netflix hal tersebut diperlihatkan di akhir season 1. Berikut adalah hal yang sudah terungkap sejauh ini tentang rencana Walt, dan bagaimana kemungkinan rencananya nanti di Jupiter’s Legacy season 2.

Alasan Rencana Walt

Alur cerita tahun 1920-an atau 1930-an dari Jupiter’s Legacy season 1 memperlihatkan Walt untuk pertama kalinya marah kepada saudaranya Sheldon ketika mengatur peran yang akan mereka mainkan di Union of Justice. Di pandangan Walt, Sheldon selalu menjadi anak emas. Dia merasa apapun yang selama ini dia lakukan tidak pernah dihargai oleh orang sekitarnya, tetapi sebaliknya untuk Sheldon. Meskipun Walt berperan penting dalam kesuksesan perusahaan ayahnya dan Union of Justice, dia tidak pernah dicintai atau dihargai oleh ayahnya, atau oleh orang lain seperti cara mereka memperlakukan Sheldon.

Meskipun Walter merasa kesal kepada Sheldon, di episode pertama Jupiter’s Legacy diperlihatkan bahwa dia ingin menciptakan tatanan dunia baru dengan Sheldon di sisinya. Namun, ketika Walt mencoba meyakinkan Sheldon bahwa mereka perlu mengambil peran yang lebih aktif dalam pemerintahan dan dalam membentuk kebijakan, mereka tidak sepaham.

Setelah sekitar satu abad mereka selalu berdebat, Walt akhirnya mengingatkan Sheldon bahwa dengan berpegang teguh pada kode etik tidak mencegah terjadinya Perang Dunia II, tidak menyelamatkan korban Holocaust dari kamp konsentrasi, dan tidak bisa mencegah bom atom dijatuhkan Jepang. Walt menyadari bahwa saudaranya tidak akan pernah setuju dengannya, dan dia memutuskan bahwa membunuhnya adalah satu-satunya pilihan yang tersisa.

Rencana Walt Untuk Dunia

Episode terakhir Jupiter’s Legacy season 1 mengenang kembali momen saat Union of Justice pertama kali duduk bersama di markas baru mereka. Mereka berdiskusi dan bertanya-tanya tentang mengapa mereka diberi kekuatan, jawaban Walt adalah, “Tentu saja agar kita bisa menguasai dunia.” Meskipun awalnya Walt mengaku bercanda, tetapi pada dasarnya itulah yang diyakini Walt.

Lebih jauh lagi Walt merasa motivasi pahlawan super yang menggunakan kekuatan untuk membantu orang dan kode etik yang dipegang teguh oleh Sheldon adalah salah. Walt beranggapan bahwa jika pahlawan super tidak memerintah, dan tidak membunuh, maka itu adalah pengkhianatan atas kekuatan besar yang dimiliki.

Tatanan baru dunia yang diinginkan oleh Walter berdasarkan kalimat di awal Jupiter’s Legacy “Seseorang mengatakan jika kebebasan hanya akan membuat dunia terpuruk.” Walt menyalahkan perusahaan yang rakus dan politisi korup untuk keadaan dunia saat ini. Walt ingin membangun tatanan dunia yang benar-benar baru, di mana pahlawan super menguasai dunia dan kebebasan seluruh manusia biasa harus dibatasi.

Serial adaptasi Jupiter’s Legacy memang membangun plot yang lebih lambat dan berbeda dibandingkan komiknya. Tetapi jika nanti Jupiter’s Legacy season 2 tetap mengambil unsur cerita dari komiknya, kemungkinan kita akan melihat Brandon terhasut dan bergabung dengan pamannya, kemudian berbalik melawan ayahnya sendiri dan bersama pamannya berusaha untuk menguasai dunia.